8 Contoh Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Contoh Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


Pelajarnews.com - Jurnal pendidikan sekolah dasar adalah publikasi ilmiah yang berisi hasil penelitian, kajian, atau pengembangan tentang pendidikan di tingkat sekolah dasar. 

Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memperkaya wawasan, dan berbagi pengalaman antara para pendidik, peneliti, dan praktisi di bidang pendidikan dasar.

Jurnal pendidikan sekolah dasar biasanya memiliki format yang standar, yaitu:

  • Judul: memberikan gambaran singkat dan jelas tentang isi artikel.
  • Abstrak: memberikan ringkasan singkat dan padat tentang latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan simpulan artikel.
  • Kata kunci: memberikan kata-kata yang relevan dan spesifik untuk memudahkan pencarian artikel.
  • Pendahuluan: memberikan latar belakang dan konteks masalah yang diteliti, merumuskan tujuan dan pertanyaan penelitian, serta menjelaskan signifikansi dan kontribusi artikel.
  • Metode: memberikan penjelasan rinci tentang desain penelitian, populasi dan sampel, instrumen dan teknik pengumpulan data, serta prosedur dan teknik analisis data.
  • Hasil: memberikan temuan dan fakta yang diperoleh dari analisis data, disertai dengan tabel, grafik, atau gambar yang relevan dan jelas.
  • Diskusi: memberikan interpretasi, evaluasi, dan implikasi dari hasil penelitian, serta membandingkan dengan teori atau penelitian sebelumnya yang terkait.
  • Simpulan: memberikan rangkuman dan kesimpulan dari hasil dan diskusi penelitian, serta memberikan saran dan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya atau praktik pendidikan.
  • Daftar pustaka: memberikan daftar referensi yang digunakan dalam artikel, sesuai dengan gaya penulisan yang ditentukan oleh jurnal.
{getToc} $title={Table of Contents}

8 Contoh Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Untuk memberikan Anda gambaran lebih jelas tentang jurnal pendidikan sekolah dasar, berikut adalah beberapa contoh judul dan abstrak dari artikel yang dipublikasikan di jurnal pendidikan sekolah dasar yang terakreditasi:

Contoh 1: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Tempe, yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian adalah dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar matematika yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD, dengan nilai t hitung sebesar 3,76 dan nilai t tabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, tipe STAD, hasil belajar matematika

Baik, saya akan melanjutkan menulis artikel yang Anda minta. Berikut adalah contoh judul dan abstrak lainnya:

Contoh 2: Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerita pendek dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV SD Negeri 2 Tempe. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes menulis cerita pendek, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis cerita pendek dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SD, yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata tes menulis cerita pendek yang meningkat dari 62,4 pada siklus I menjadi 74,8 pada siklus II. Selain itu, hasil observasi dan angket juga menunjukkan bahwa siswa lebih aktif, kreatif, dan termotivasi dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan media gambar.

Kata kunci: keterampilan menulis, cerita pendek, media gambar

Contoh 3: Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Tempe sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas VI SD

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA terpadu berbasis kearifan lokal Tempe sebagai sumber belajar siswa kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VI SD Negeri 3 Tempe. Instrumen penelitian adalah lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA terpadu berbasis kearifan lokal Tempe yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata validasi ahli sebesar 4,6, nilai rata-rata penilaian guru sebesar 4,7, nilai rata-rata respon siswa sebesar 4,5, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,3.

Kata kunci: bahan ajar, IPA terpadu, kearifan lokal, Tempe

Contoh 4: Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Tempe, yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian adalah 30 siswa yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen penelitian adalah angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar bahasa Inggris. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD, dengan nilai r sebesar 0,67 dan nilai p sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar bahasa Inggris mereka.

Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, bahasa Inggris

Contoh 5: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan berbicara siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain spiral Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas III SD Negeri 5 Tempe. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, rubrik penilaian keterampilan berbicara, lembar observasi, dan jurnal refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan berbicara siswa kelas III SD, yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis yang meningkat dari 65,8 pada siklus I menjadi 78,3 pada siklus II, dan nilai rata-rata rubrik penilaian keterampilan berbicara yang meningkat dari 66,7 pada siklus I menjadi 80,4 pada siklus II. Selain itu, hasil observasi dan jurnal refleksi juga menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, percaya diri, dan kooperatif dalam pembelajaran berbasis masalah.

Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, keterampilan berbicara

Contoh 6: Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SD

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar IPS siswa kelas II SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 6 Tempe, yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian adalah dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIB sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah angket minat belajar dan tes hasil belajar IPS yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar IPS siswa kelas II SD, dengan nilai t hitung sebesar 4,32 dan nilai t tabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 0,05 untuk minat belajar, dan nilai t hitung sebesar 3,98 dan nilai t tabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 0,05 untuk hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada minat dan hasil belajar IPS siswa kelas kontrol yang menggunakan media konvensional.

Kata kunci: media audio visual, minat belajar, hasil belajar, IPS

Baik, saya akan melanjutkan menulis artikel yang Anda minta. Berikut adalah contoh judul dan abstrak lainnya:

Contoh 7: Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi SQ3R pada Siswa Kelas V SD

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi SQ3R pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain spiral Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas V SD Negeri 7 Tempe. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan membaca pemahaman, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi SQ3R pada siswa kelas V SD, yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata tes keterampilan membaca pemahaman yang meningkat dari 67,1 pada siklus I menjadi 81,4 pada siklus II. Selain itu, hasil observasi dan angket juga menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik, termotivasi, dan mandiri dalam membaca pemahaman dengan menggunakan strategi SQ3R.

Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, strategi SQ3R

Kesimpulan

Jurnal pendidikan sekolah dasar adalah salah satu sumber belajar yang penting bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi di bidang pendidikan dasar. 

Jurnal ini berisi berbagai topik dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan di tingkat sekolah dasar. Dalam menulis jurnal pendidikan sekolah dasar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu format, gaya penulisan, dan kriteria kelayakan. 

Format jurnal pendidikan sekolah dasar biasanya terdiri dari judul, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, hasil, diskusi, simpulan, dan daftar pustaka. 

Gaya penulisan jurnal pendidikan sekolah dasar harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mengikuti gaya penulisan yang ditentukan oleh jurnal. Kriteria kelayakan jurnal pendidikan sekolah dasar meliputi validitas, reliabilitas, praktikalitas, dan efektivitas.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa contoh judul dan abstrak dari jurnal pendidikan sekolah dasar yang terakreditasi. 

Kami berharap contoh-contoh ini dapat memberikan inspirasi dan panduan bagi Anda yang ingin menulis jurnal pendidikan sekolah dasar.

Kami juga berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang jurnal pendidikan sekolah dasar.

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال