Cara Mengajar Berhitung Anak SD yang Menyenangkan dan Efektif

Cara Mengajar Berhitung Anak SD yang Menyenangkan dan Efektif

Pelajarnews.com - Belajar berhitung merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting dimiliki oleh anak-anak, terutama yang sedang duduk di bangku sekolah dasar (SD). 

Namun, tidak jarang anak-anak mengalami kesulitan atau kebosanan saat belajar berhitung, baik di sekolah maupun di rumah. Bagaimana cara mengajar berhitung anak SD yang menyenangkan dan efektif? Simak ulasan berikut ini!

{getToc} $title={Table of Contents}

Mengapa Belajar Berhitung Penting bagi Anak?

Belajar berhitung bukan hanya sekadar menghafal angka dan rumus matematika. Belajar berhitung juga melatih kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif anak. 

Selain itu, belajar berhitung juga membantu anak mengembangkan keterampilan lain, seperti memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan berkomunikasi. Belajar berhitung juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi belajar anak.

Belajar berhitung sejak usia dini dapat memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak. Anak-anak yang jago berhitung sejak dini akan lebih mudah memahami konsep matematika saat di sekolah. 

Belajar berhitung juga dapat membuka wawasan anak tentang dunia di sekitarnya, seperti waktu, uang, bentuk, ukuran, dan sebagainya. Belajar berhitung juga dapat menumbuhkan rasa penasaran dan keingintahuan anak terhadap hal-hal baru.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Berhitung?

Tidak ada waktu yang pasti untuk mengajarkan anak berhitung. Setiap anak memiliki kecepatan dan gaya belajar yang berbeda-beda. 

Namun, secara umum, anak dapat mulai belajar berhitung saat telah menginjak usia 4-5 tahun. Pada usia ini, anak sudah mulai mengenal angka dan dapat menghitung benda-benda di sekitarnya.

Pada usia 6-10 tahun, anak sudah dapat fokus untuk belajar berhitung dengan lebih mendalam. Pada usia ini, anak sudah dapat belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Anak juga sudah dapat mengidentifikasi bentuk dasar, seperti persegi dan segitiga, serta memahami waktu dan nilai mata uang.

Bagaimana Cara Mengajar Berhitung Anak SD yang Menyenangkan dan Efektif?

Mengajar berhitung anak SD bukanlah hal yang mudah. Banyak anak yang merasa bosan, bingung, atau frustasi saat belajar berhitung. 

Baca juga: Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD

Oleh karena itu, diperlukan cara mengajar yang tepat dan menyenangkan agar anak dapat belajar berhitung dengan baik. Berikut adalah beberapa cara mengajar berhitung anak SD yang dapat Anda coba:

1. Menggunakan Benda-Benda di Sekitar

Salah satu cara mengajar berhitung anak SD yang paling sederhana dan efektif adalah menggunakan benda-benda di sekitar. Anda dapat menggunakan benda-benda yang familiar bagi anak, seperti mainan, buah, kelereng, koin, atau kancing. 

Anda dapat mengajak anak menghitung jumlah, menambah, mengurang, mengelompokkan, atau menyusun benda-benda tersebut. Cara ini dapat membantu anak memahami konsep berhitung secara konkret dan visual.

2. Bermain Peran atau Role Play

Anak-anak suka bermain peran atau role play. Anda dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengajar berhitung anak SD. Anda dapat bermain peran sebagai penjual dan pembeli, misalnya di pasar, toko, atau restoran. 

Anda dapat menggunakan uang mainan, kalkulator, atau alat tulis untuk bertransaksi. Anda dapat mengajak anak menghitung harga, uang kembalian, atau diskon. Cara ini dapat membantu anak belajar berhitung sambil bersosialisasi dan berimajinasi.

3. Bermain Permainan Tradisional

Permainan tradisional juga dapat menjadi cara mengajar berhitung anak SD yang menyenangkan. Anda dapat bermain permainan seperti ular tangga, congklak, atau halma. Permainan-permainan ini dapat melatih kemampuan berhitung, berpikir strategis, dan bersaing secara sehat. 

Anda juga dapat bermain tebak-tebakan angka, misalnya dengan menggunakan kartu, dadu, atau jari. Permainan-permainan ini dapat melatih kemampuan berhitung, berpikir cepat, dan berkomunikasi.

4. Menggunakan Media Digital

Media digital, seperti komputer, tablet, atau smartphone, juga dapat menjadi cara mengajar berhitung anak SD yang menarik. Anda dapat menggunakan aplikasi, game, atau video yang berhubungan dengan berhitung. 

Media-media ini dapat memberikan feedback, animasi, atau suara yang dapat menstimulasi indra anak. Anda juga dapat menggunakan media digital untuk mencari informasi, contoh, atau latihan soal berhitung. Namun, Anda harus tetap membatasi waktu dan konten yang anak akses.

5. Memberikan Pujian dan Hadiah

Cara mengajar berhitung anak SD yang terakhir adalah memberikan pujian dan hadiah. Pujian dan hadiah dapat memberikan dorongan positif bagi anak untuk belajar berhitung. 

Anda dapat memberikan pujian, seperti “Kamu hebat!”, “Kamu pintar!”, atau “Kamu berhasil!” saat anak menyelesaikan soal atau tugas berhitung. Anda juga dapat memberikan hadiah, seperti stiker, permen, atau mainan, saat anak mencapai target atau prestasi berhitung. Pujian dan hadiah dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi belajar anak.

Baca juga: 8 Contoh Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Akhir Kata

Belajar berhitung merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting bagi anak-anak, terutama yang sedang duduk di bangku SD. 

Belajar berhitung dapat melatih kemampuan berpikir, memecahkan masalah, dan berkomunikasi anak. Belajar berhitung juga dapat membuka wawasan anak tentang dunia di sekitarnya.

Anak dapat mulai belajar berhitung saat telah menginjak usia 4-5 tahun. Pada usia ini, anak sudah mulai mengenal angka dan dapat menghitung benda-benda di sekitarnya. 

Pada usia 6-10 tahun, anak sudah dapat fokus untuk belajar berhitung dengan lebih mendalam. Pada usia ini, anak sudah dapat belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Untuk mengajar berhitung anak SD, diperlukan cara yang tepat dan menyenangkan agar anak dapat belajar berhitung dengan baik.

Beberapa cara yang dapat dicoba adalah menggunakan benda-benda di sekitar, bermain peran atau role play, bermain permainan tradisional, menggunakan media digital, dan memberikan pujian dan hadiah. Cara-cara ini dapat membantu anak belajar berhitung sambil bermain, bersosialisasi, dan berimajinasi.

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال