Kecelakaan Bus SMAN 1 Sidoarjo di Tol Ngawi: Dua Orang Tewas, Ini Kronologi dan Penyebabnya

Kecelakaan Bus SMAN 1 Sidoarjo di Tol Ngawi
Dua orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan bus di Tol Ngawi. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah


Pelajarnews.com - Sebuah bus pariwisata yang mengangkut rombongan guru dan siswa SMAN 1 Sidoarjo mengalami kecelakaan di Tol Ngawi-Solo, Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pada Kamis (18/1/2024) malam. 

Kecelakaan ini menewaskan dua orang, yaitu seorang guru dan seorang siswa, serta melukai 21 orang lainnya.

Bus yang terlibat kecelakaan adalah bus Pratama Putra bernopol W 7473 UP. Bus ini merupakan salah satu dari 10 bus yang membawa rombongan siswa kelas 12 SMAN 1 Sidoarjo yang baru saja melakukan studi kampus ke Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Seni Indonesia (ISI) di Yogyakarta. Rombongan tersebut berangkat dari Sidoarjo pada Rabu (17/1/2024) pagi dan berencana kembali pada Kamis (18/1/2024) malam.

{getToc} $title={Table of Contents}

Kronologi Kecelakaan

Menurut keterangan Kasat Lantas Polres Ngawi AKP M Sapari, kecelakaan terjadi sekitar pukul 20.30 WIB di KM 577 A Tol Solo-Ngawi. 

Saat itu, bus yang dikemudikan oleh Riwiyono (55) berjalan di belakang sebuah truk engkel nopol L 8216 GE yang dikemudikan oleh Sudarmo Asmoro (33). Keduanya melaju dari arah Solo menuju Surabaya.

Sapari menjelaskan, truk tersebut mengalami pecah ban belakang kiri sehingga oleng ke kanan dan terguling. 

Truk kemudian berpindah ke jalur berlawanan yang menghadap ke arah Solo-Sragen. Sopir dan kernet truk berhasil keluar dari kabin dan tidak mengalami luka.

Namun, bus yang berada di belakang truk tidak bisa menghindari tabrakan karena jaraknya terlalu dekat. Bus pun menabrak bodi belakang truk dan ikut terguling. 

Akibatnya, dua orang yang berada di dalam bus meninggal dunia, yaitu Sutining Hidayah (60), guru Bimbingan Konseling (BK), dan Nabil Asfa Putra (17), seorang siswa.

Korban Luka

Selain dua korban tewas, kecelakaan ini juga mengakibatkan 21 orang mengalami luka-luka. Mereka terdiri dari 19 siswa, satu guru, dan satu kru bus. Mereka dilarikan ke tiga rumah sakit di Ngawi, yaitu RSI At-Tin Husada, RS Widodo, dan RSUD Ngawi.

Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono mengatakan, sebagian besar korban luka mengalami luka ringan, seperti lecet, memar, dan robek. 

Namun, ada juga yang mengalami luka berat, seperti patah tulang dan trauma kepala. Salah satunya adalah siswa bernama Ahmad Facri (18) yang mengalami patah tulang paha kiri dan harus menjalani operasi.

Argowiyono menambahkan, pihaknya masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan. Ia juga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk selalu berhati-hati dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

Tanggapan SMAN 1 Sidoarjo

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Sidoarjo Drs Haryono mengungkapkan rasa duka cita yang mendalam atas kecelakaan yang menimpa rombongan guru dan siswa sekolahnya. 

Ia mengatakan, kegiatan studi kampus merupakan program rutin yang dilakukan setiap tahun untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada siswa kelas 12 yang akan menghadapi ujian nasional dan seleksi perguruan tinggi.

Haryono mengatakan, rombongan yang terdiri dari 440 siswa dan 20 guru pendamping dibagi menjadi 10 bus. Bus yang mengalami kecelakaan adalah bus nomor 8. Ia mengatakan, bus tersebut sudah berada di dekat pintu tol Ngawi ketika kecelakaan terjadi.

Haryono mengatakan, pihak sekolah sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, rumah sakit, dan keluarga korban untuk menangani kecelakaan ini. Ia juga mengatakan, pihak sekolah akan memberikan bantuan dan dukungan kepada korban dan keluarganya.

“Kami sangat berduka cita atas kejadian ini. Kami berharap korban yang luka-luka bisa segera pulih dan korban yang meninggal bisa diterima di sisi Allah SWT. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penanganan kecelakaan ini,” ujar Haryono.

Sumber: CNN Indonesia, Kompas.com, iNews.id, Medcom.id.

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال