29 Cara Mendapatkan Uang dari HP untuk Pelajar SMP

Cara Mendapatkan Uang dari HP untuk Pelajar SMP

Pelajarnews.com - Sekarang ini, HP bukan hanya alat komunikasi atau hiburan saja, tetapi juga bisa menjadi sumber penghasilan. Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dari HP, bahkan tanpa perlu memiliki skill khusus. 

Apalagi jika kamu seorang pelajar SMP yang ingin mencari uang jajan sendiri atau menabung untuk masa depan.

Baca juga: Cara Belajar yang Efektif untuk Siswa SMP

Di artikel ini, saya akan membagikan 29 cara mendapatkan uang dari HP untuk pelajar SMP yang bisa kamu coba. 

{getToc} $title={Table of Contents}

29 Cara Mendapatkan Uang dari HP untuk Pelajar SMP

Cara-cara ini tidak membutuhkan modal besar, cukup bermodalkan HP dan koneksi internet saja. Yuk, langsung saja simak cara-cara berikut ini!

1. Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah orang yang menjual barang tanpa harus memiliki stok barang sendiri. Kamu hanya perlu mencari supplier yang menyediakan barang yang ingin kamu jual, lalu mempromosikannya di media sosial atau platform lainnya. 

Jika ada yang pesan, kamu tinggal menghubungi supplier untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli. Keuntungan kamu adalah selisih harga antara harga supplier dan harga jual kamu.

Cara ini sangat cocok untuk pelajar SMP yang ingin berbisnis tanpa modal besar. Kamu juga tidak perlu repot mengurus pengiriman atau stok barang. Kamu hanya perlu rajin mencari supplier yang terpercaya dan barang yang laku di pasaran.

2. Membuka Jasa Titip (Jastip)

Jastip adalah singkatan dari jasa titip, yaitu jasa yang menawarkan untuk membelikan barang yang diinginkan oleh pembeli dari tempat tertentu. 

Misalnya, kamu sering pergi ke luar kota atau luar negeri, kamu bisa membuka jastip untuk barang-barang yang ada di sana. Banyak orang yang ingin membeli barang impor atau lokal yang tidak tersedia di daerah mereka, sehingga kamu bisa memanfaatkan peluang ini.

Cara ini membutuhkan modal untuk membeli barang yang dititipkan, tetapi kamu bisa mendapatkan keuntungan dari tarif jastip yang kamu tentukan sendiri. 

Kamu bisa menetapkan tarif per pembeli, per barang, atau persentase dari harga barang. Pastikan kamu memberitahu pembeli tentang tanggal keberangkatan dan kedatangan kamu, serta syarat dan ketentuan lainnya.

3. Mengikuti Survei Berbayar

Survei berbayar adalah survei yang memberikan imbalan berupa uang, pulsa, voucher, atau hadiah lainnya kepada responden yang mengisi survei tersebut. 

Biasanya, survei berbayar disediakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin mengetahui pendapat atau preferensi konsumen tentang produk atau layanan mereka.

Cara ini sangat mudah dan tidak membutuhkan skill khusus. Kamu hanya perlu mendaftar di situs atau aplikasi penyedia survei berbayar, lalu mengisi survei yang tersedia sesuai dengan kriteria kamu. 

Setiap survei biasanya memiliki durasi dan imbalan yang berbeda-beda, tergantung pada penyedia survei. Kamu bisa mengumpulkan imbalan kamu hingga mencapai batas minimum penarikan, lalu menukarkannya dengan uang atau hadiah yang kamu inginkan.

4. Menjadi Influencer

Influencer adalah orang yang memiliki pengaruh besar di media sosial, sehingga bisa mempengaruhi perilaku atau keputusan orang lain. Biasanya, influencer memiliki banyak followers, likes, comments, dan engagement di media sosial mereka. 

Dengan menjadi influencer, kamu bisa mendapatkan uang dari berbagai cara, seperti endorse, paid promote, adsense, atau kerjasama dengan brand.

Cara ini membutuhkan kreativitas dan konsistensi untuk membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi followers kamu. 

Kamu juga perlu memilih niche atau tema yang sesuai dengan minat dan passion kamu, sehingga kamu bisa menonjol di antara influencer lainnya. Selain itu, kamu juga perlu menjaga reputasi dan etika sebagai influencer, agar tidak menimbulkan kontroversi atau masalah.

5. Menawarkan Jasa Admin

Jasa admin adalah jasa yang menawarkan untuk mengelola akun media sosial, website, atau platform lainnya milik orang lain. Biasanya, jasa admin dibutuhkan oleh orang-orang yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk mengurus akun mereka sendiri. 

Tugas jasa admin bisa bermacam-macam, seperti membuat postingan, menjawab komentar, mengedit foto atau video, atau melakukan riset.

Cara ini membutuhkan skill dan pengetahuan tentang media sosial, website, atau platform yang akan kamu kelola. 

Kamu juga perlu memiliki komunikasi yang baik dengan klien kamu, agar bisa memahami keinginan dan tujuan mereka. Selain itu, kamu juga perlu memiliki tanggung jawab dan integritas sebagai jasa admin, agar tidak menyalahgunakan akun klien kamu.

6. Kontributor Foto

Kontributor foto adalah orang yang menjual foto-foto yang mereka buat ke situs atau aplikasi penyedia foto stok. Foto stok adalah foto yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk berbagai keperluan, seperti desain, blog, presentasi, atau iklan. 

Biasanya, foto stok memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh penyedia foto stok.

Cara ini membutuhkan skill dan peralatan untuk mengambil foto yang bagus dan menarik. Kamu juga perlu memperhatikan hak cipta dan privasi orang atau objek yang ada di foto kamu, agar tidak melanggar aturan. 

Selain itu, kamu juga perlu bersaing dengan kontributor foto lainnya, sehingga kamu perlu membuat foto yang unik dan berbeda dari yang lain.

7. Membuka Toko Online

Toko online adalah toko yang menjual barang atau jasa secara online, melalui media sosial, website, atau aplikasi. 

Dengan membuka toko online, kamu bisa menjual apa saja yang kamu mau, mulai dari barang baru, bekas, buatan sendiri, atau jasa. Kamu juga bisa menjangkau pelanggan dari berbagai daerah, bahkan luar negeri.

Cara ini membutuhkan modal, stok barang, dan pengiriman barang. Kamu juga perlu mempromosikan toko online kamu agar dikenal oleh banyak orang. 

Selain itu, kamu juga perlu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, agar mereka puas dan loyal dengan toko online kamu.

8. Menggunakan Aplikasi Penghasil Uang

Aplikasi penghasil uang adalah aplikasi yang memberikan imbalan berupa uang, pulsa, voucher, atau hadiah lainnya kepada pengguna yang melakukan aktivitas tertentu di aplikasi tersebut. 

Aktivitas yang dimaksud bisa bermacam-macam, seperti menonton video, bermain game, mengunduh aplikasi, atau mereferensikan teman.

Baca juga: Aplikasi Soal UNBK SMP: Solusi Belajar Efektif dan Menyenangkan

Cara ini sangat mudah dan menyenangkan, karena kamu bisa mendapatkan uang sambil bersantai atau mengisi waktu luang. 

Kamu hanya perlu menginstal aplikasi penghasil uang yang kamu inginkan, lalu melakukan aktivitas yang diminta. Setiap aktivitas biasanya memiliki imbalan yang berbeda-beda, tergantung pada aplikasi yang kamu gunakan. 

Kamu bisa mengumpulkan imbalan kamu hingga mencapai batas minimum penarikan, lalu menukarkannya dengan uang atau hadiah yang kamu inginkan.

9. Investasi

Investasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan modal atau uang ke dalam suatu aset atau instrumen yang diharapkan dapat memberikan keuntungan di masa depan. 

Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan uang dari hasil pertumbuhan nilai atau pembagian keuntungan dari aset atau instrumen yang kamu miliki.

Cara ini membutuhkan modal, pengetahuan, dan risiko. Kamu perlu memilih aset atau instrumen yang sesuai dengan tujuan, profil, dan kemampuan kamu. 

10. Menjadi Penulis Lepas

Penulis lepas adalah orang yang menulis artikel, blog, buku, cerita, atau konten lainnya untuk klien atau media tertentu, tanpa terikat oleh kontrak kerja tetap. 

Biasanya, penulis lepas dibayar per kata, per halaman, per jam, atau per proyek, tergantung pada kesepakatan dengan klien.

Cara ini membutuhkan skill dan minat dalam menulis. Kamu juga perlu memiliki pengetahuan dan riset yang cukup tentang topik yang akan kamu tulis. 

Selain itu, kamu juga perlu memiliki disiplin dan tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan yang kamu terima dengan baik dan tepat waktu.

11. Menjadi Penerjemah

Penerjemah adalah orang yang menerjemahkan teks, audio, atau video dari satu bahasa ke bahasa lainnya. 

Biasanya, penerjemah dibutuhkan oleh orang-orang atau lembaga yang ingin menyampaikan informasi atau pesan kepada audiens yang berbeda. Misalnya, penerjemah buku, film, lagu, berita, atau dokumen.

Cara ini membutuhkan skill dan kemampuan dalam berbahasa. Kamu juga perlu memahami budaya dan konteks dari bahasa yang kamu terjemahkan, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman atau kehilangan makna. 

Selain itu, kamu juga perlu memiliki kecepatan dan ketelitian dalam menerjemahkan, agar hasilnya akurat dan berkualitas.

12. Menjadi Tutor Online

Tutor online adalah orang yang mengajar atau membimbing pelajar atau mahasiswa secara online, melalui video call, chat, atau platform lainnya. 

Biasanya, tutor online dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin belajar atau meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang tertentu. Misalnya, tutor online matematika, bahasa inggris, musik, atau programming.

Cara ini membutuhkan skill dan pengetahuan dalam bidang yang akan kamu ajarkan. Kamu juga perlu memiliki kemampuan mengajar yang baik, agar bisa menyampaikan materi dengan jelas dan menarik. Selain itu, kamu juga perlu memiliki kesabaran dan empati dalam menghadapi siswa yang berbeda-beda.

13. Menjadi Podcaster

Podcaster adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten audio berupa podcast, yaitu rekaman suara yang bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja. 

Biasanya, podcast berisi tentang topik-topik yang menarik, informatif, atau menghibur, seperti cerita, opini, wawancara, atau tips.

Cara ini membutuhkan kreativitas dan konsistensi dalam membuat konten audio yang berkualitas. Kamu juga perlu memilih niche atau tema yang sesuai dengan minat dan passion kamu, sehingga kamu bisa menonjol di antara podcaster lainnya. 

Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan podcast kamu agar dikenal oleh banyak orang.

14. Menjadi YouTuber

YouTuber adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten video berupa YouTube, yaitu platform video online yang paling populer di dunia. 

Biasanya, YouTube berisi tentang konten-konten yang menarik, informatif, atau menghibur, seperti vlog, tutorial, prank, review, atau challenge.

Cara ini membutuhkan kreativitas dan konsistensi dalam membuat konten video yang berkualitas. Kamu juga perlu memilih niche atau tema yang sesuai dengan minat dan passion kamu, sehingga kamu bisa menonjol di antara YouTuber lainnya. 

Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan YouTube kamu agar dikenal oleh banyak orang.

15. Menjadi Blogger

Blogger adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten tulisan berupa blog, yaitu website yang berisi tentang artikel-artikel yang ditulis oleh penulisnya. 

Biasanya, blog berisi tentang topik-topik yang menarik, informatif, atau menghibur, seperti cerita, opini, pengalaman, atau tips.

Cara ini membutuhkan kreativitas dan konsistensi dalam membuat konten tulisan yang berkualitas. Kamu juga perlu memilih niche atau tema yang sesuai dengan minat dan passion kamu, sehingga kamu bisa menonjol di antara blogger lainnya. 

Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan blog kamu agar dikenal oleh banyak orang.

16. Menjadi Desainer Grafis

Desainer grafis adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten visual berupa desain grafis, yaitu karya seni yang menggunakan elemen-elemen seperti gambar, warna, font, atau simbol untuk menyampaikan pesan atau ide. 

Biasanya, desain grafis dibutuhkan oleh orang-orang atau lembaga yang ingin membuat logo, poster, brosur, kartu nama, atau media lainnya.

Cara ini membutuhkan skill dan kreativitas dalam membuat konten visual yang menarik dan bermakna. Kamu juga perlu memiliki pengetahuan dan peralatan yang cukup untuk membuat desain grafis, seperti software, laptop, atau tablet. 

Selain itu, kamu juga perlu memiliki portofolio yang menunjukkan karya-karya kamu sebagai desainer grafis.

17. Menjadi Programmer

Programmer adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten digital berupa program, yaitu kumpulan instruksi yang ditulis dalam bahasa komputer untuk menjalankan suatu fungsi atau tugas. 

Biasanya, program dibutuhkan oleh orang-orang atau lembaga yang ingin membuat aplikasi, website, game, atau sistem lainnya.

Cara ini membutuhkan skill dan logika dalam membuat konten digital yang fungsional dan efisien. Kamu juga perlu memiliki pengetahuan dan peralatan yang cukup untuk membuat program, seperti software, laptop, atau internet. Selain itu, kamu juga perlu memiliki portofolio yang menunjukkan karya-karya kamu sebagai programmer.

18. Menjadi Penyanyi

Penyanyi adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten musik berupa lagu, yaitu karya seni yang menggunakan suara sebagai media utamanya. 

Biasanya, lagu berisi tentang ekspresi, emosi, atau pesan yang ingin disampaikan oleh penyanyinya. Banyak orang yang suka mendengarkan lagu untuk bersantai, bersemangat, atau bersedih.

Cara ini membutuhkan skill dan bakat dalam membuat konten musik yang indah dan menyentuh. Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk membuat lagu, seperti mikrofon, speaker, atau alat musik. Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan lagu kamu agar dikenal oleh banyak orang.

19. Menjadi Penulis Buku

Penulis buku adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten literatur berupa buku, yaitu karya seni yang menggunakan kata-kata sebagai media utamanya. 

Biasanya, buku berisi tentang cerita, ilmu, atau inspirasi yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Banyak orang yang suka membaca buku untuk belajar, menghibur, atau memotivasi diri.

Cara ini membutuhkan skill dan imajinasi dalam membuat konten literatur yang menarik dan bermakna. Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk membuat buku, seperti laptop, printer, atau kertas. Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan buku kamu agar dikenal oleh banyak orang.

20. Menjadi Fotografer

Fotografer adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten estetik berupa foto, yaitu karya seni yang menggunakan cahaya sebagai media utamanya. 

Biasanya, foto berisi tentang momen, suasana, atau pesona yang ingin ditangkap oleh fotografernya. Banyak orang yang suka melihat foto untuk mengagumi, mengenang, atau menginspirasi diri.

Cara ini membutuhkan skill dan seni dalam membuat konten estetik yang cantik dan berkesan. Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk membuat foto, seperti kamera, lensa, atau tripod. Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan foto kamu agar dikenal oleh banyak orang.

21. Menjadi Penyiar Radio

Penyiar radio adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten informasi berupa siaran radio, yaitu karya seni yang menggunakan gelombang radio sebagai media utamanya. 

Biasanya, siaran radio berisi tentang berita, musik, talkshow, atau acara lainnya yang ingin disampaikan oleh penyiar radio kepada pendengarnya. Banyak orang yang suka mendengarkan radio untuk mengetahui perkembangan dunia, bersenang-senang, atau berinteraksi dengan penyiar radio.

Cara ini membutuhkan skill dan bakat dalam membuat konten informasi yang menarik dan bermanfaat. 

Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk membuat siaran radio, seperti mikrofon, mixer, atau komputer. Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan siaran radio kamu agar dikenal oleh banyak orang.

22. Menjadi Streamer

Streamer adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten hiburan berupa streaming, yaitu karya seni yang menggunakan internet sebagai media utamanya. 

Biasanya, streaming berisi tentang aktivitas yang dilakukan oleh streamer di depan kamera, seperti bermain game, menyanyi, berbicara, atau melakukan hal lainnya. Banyak orang yang suka menonton streaming untuk menghibur, mendukung, atau berkomunikasi dengan streamer.

Cara ini membutuhkan skill dan karisma dalam membuat konten hiburan yang menyenangkan dan menghibur. 

Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk membuat streaming, seperti kamera, headset, atau internet. Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan streaming kamu agar dikenal oleh banyak orang.

23. Menjadi Reviewer

Reviewer adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten evaluasi berupa review, yaitu karya seni yang menggunakan opini sebagai media utamanya. 

Biasanya, review berisi tentang penilaian atau kritik yang diberikan oleh reviewer terhadap suatu produk, layanan, atau karya seni yang telah mereka coba atau nikmati. Banyak orang yang suka membaca atau menonton review untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, atau rekomendasi dari reviewer.

Cara ini membutuhkan skill dan objektivitas dalam membuat konten evaluasi yang jujur dan adil. Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk membuat review, seperti laptop, kamera, atau produk yang akan kamu review. Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan review kamu agar dikenal oleh banyak orang.

24. Menjadi Editor

Editor adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten perbaikan berupa editing, yaitu karya seni yang menggunakan perubahan sebagai media utamanya. 

Biasanya, editing berisi tentang proses memperbaiki, memperindah, atau memperjelas suatu konten yang telah dibuat oleh orang lain, seperti teks, foto, video, atau audio. Banyak orang yang membutuhkan jasa editor untuk meningkatkan kualitas konten mereka.

Cara ini membutuhkan skill dan ketelitian dalam membuat konten perbaikan yang sesuai dengan keinginan klien. 

Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk membuat editing, seperti software, laptop, atau internet. Selain itu, kamu juga perlu memiliki portofolio yang menunjukkan karya-karya kamu sebagai editor.

25. Menjadi Reseller

Reseller adalah orang yang menjual kembali barang atau jasa yang dibeli dari produsen atau distributor dengan harga yang lebih tinggi. Biasanya, reseller membeli barang atau jasa dalam jumlah besar dengan harga murah, lalu menjualnya kembali dalam jumlah kecil dengan harga tinggi. Banyak orang yang menjadi reseller untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga.

Cara ini membutuhkan modal, stok barang, dan pengiriman barang. Kamu juga perlu mempromosikan barang atau jasa yang kamu jual agar dikenal oleh banyak orang. Selain itu, kamu juga perlu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, agar mereka puas dan loyal dengan kamu.

26. Menjadi Virtual Assistant

Virtual assistant adalah orang yang memberikan bantuan atau dukungan secara online kepada klien atau perusahaan tertentu. 

Biasanya, virtual assistant melakukan berbagai tugas administratif, seperti mengatur jadwal, membuat laporan, mengirim email, atau melakukan riset. Banyak orang atau perusahaan yang membutuhkan virtual assistant untuk menghemat waktu dan biaya.

Cara ini membutuhkan skill dan tanggung jawab dalam memberikan bantuan atau dukungan yang profesional dan berkualitas. 

Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk menjadi virtual assistant, seperti laptop, internet, atau telepon. Selain itu, kamu juga perlu memiliki komunikasi yang baik dengan klien atau perusahaan yang kamu bantu.

27. Menjadi Content Creator

Content creator adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten kreatif berupa konten yang original dan unik, yang tidak terbatas oleh jenis, bentuk, atau media. 

Biasanya, content creator membuat konten yang sesuai dengan minat, passion, atau bakat mereka, sehingga bisa menunjukkan kepribadian dan gaya mereka. Banyak orang yang suka mengikuti content creator untuk mendapatkan inspirasi, hiburan, atau informasi.

Cara ini membutuhkan kreativitas dan inovasi dalam membuat konten kreatif yang menarik dan berbeda dari yang lain. 

Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk membuat konten, seperti laptop, kamera, atau alat seni. Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan konten kamu agar dikenal oleh banyak orang.

28. Menjadi Copywriter

Copywriter adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten persuasif berupa copy, yaitu karya seni yang menggunakan kata-kata sebagai media utamanya untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain. 

Biasanya, copywriter membuat copy untuk keperluan pemasaran, iklan, atau promosi, seperti slogan, headline, tagline, atau caption. Banyak orang atau perusahaan yang membutuhkan copywriter untuk meningkatkan penjualan, brand awareness, atau loyalitas.

Cara ini membutuhkan skill dan strategi dalam membuat konten persuasif yang efektif dan menarik. Kamu juga perlu memiliki pengetahuan dan riset yang cukup tentang produk, pasar, atau audiens yang akan kamu sasarkan. Selain itu, kamu juga perlu memiliki portofolio yang menunjukkan karya-karya kamu sebagai copywriter.

29. Menjadi Transkriber

Transkriber adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten dokumentasi berupa transkrip, yaitu karya seni yang menggunakan teks sebagai media utamanya untuk merekam atau mendokumentasikan suatu percakapan, pidato, atau presentasi. 

Biasanya, transkriber membuat transkrip untuk keperluan akademik, bisnis, atau hukum, seperti tesis, rapat, atau sidang. Banyak orang atau lembaga yang membutuhkan transkriber untuk memudahkan atau memperjelas komunikasi.

Cara ini membutuhkan skill dan ketelitian dalam membuat konten dokumentasi yang akurat dan rapi. Kamu juga perlu memiliki peralatan yang cukup untuk membuat transkrip, seperti laptop, headset, atau software. 

Selain itu, kamu juga perlu memiliki kecepatan dan ketahanan dalam mengetik, mendengar, atau membaca.

Demikianlah 29 cara mendapatkan uang dari HP untuk pelajar SMP yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk kamu. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال