5 Platform Belajar Online Gratis yang Wajib Dicoba Siswa SMA

Platform Belajar Online Gratis yang Wajib Dicoba Siswa SMA

pelajarnews.com - Belajar online adalah salah satu cara yang efektif dan fleksibel untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, belajar online menjadi pilihan yang aman dan nyaman untuk tetap belajar tanpa harus keluar rumah. 

Namun, tidak semua platform belajar online memiliki kualitas dan fitur yang baik. Beberapa mungkin memerlukan biaya yang mahal, atau kurang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda.

Oleh karena itu, kami telah merangkum 5 platform belajar online gratis yang wajib dicoba siswa SMA. Platform-platform ini menawarkan berbagai macam materi pelajaran, mulai dari matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa Inggris, hingga keterampilan hidup. 

Selain itu, platform-platform ini juga memiliki metode pembelajaran yang menarik dan interaktif, seperti video, kuis, diskusi, dan proyek. 

Baca juga: Cara Menjadi Juara Kelas di SMA: Tips dan Trik

Dengan menggunakan platform-platform ini, Anda bisa belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar Anda sendiri, serta mendapatkan sertifikat atau penghargaan jika berhasil menyelesaikan kursus.

{getToc} $title={Table of Contents}

5 Platform Belajar Online Gratis yang Wajib Dicoba Siswa SMA

Berikut adalah 5 platform belajar online gratis yang wajib dicoba siswa SMA:

1. Khan Academy

Khan Academy adalah salah satu platform belajar online gratis yang paling populer dan terpercaya di dunia. Khan Academy menyediakan ribuan video pembelajaran yang menjelaskan berbagai konsep dan topik pelajaran dengan mudah dan jelas.

Anda bisa belajar matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, sejarah, seni, dan banyak lagi di Khan Academy. Anda juga bisa mengikuti latihan dan kuis yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan kemampuan Anda. 

Khan Academy juga memberikan laporan perkembangan dan saran belajar yang dapat membantu Anda mencapai tujuan belajar Anda.

Salah satu keunggulan Khan Academy adalah fitur personalisasi yang memungkinkan Anda belajar sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda. Anda bisa memilih jalur belajar yang sesuai dengan kurikulum sekolah Anda, atau membuat jalur belajar sendiri dengan memilih topik-topik yang ingin Anda pelajari. 

Anda juga bisa bergabung dengan komunitas belajar online yang terdiri dari siswa, guru, orang tua, dan relawan yang siap membantu dan berbagi pengalaman belajar.

Untuk mengakses Khan Academy, Anda bisa mengunjungi situs webnya di www.khanacademy.org, atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Khan Academy juga tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

2. Coursera

Coursera adalah platform belajar online gratis yang menyediakan kursus-kursus berkualitas dari universitas-universitas terkemuka di dunia. Anda bisa belajar berbagai bidang ilmu, seperti sains, teknologi, bisnis, kesehatan, humaniora, dan lainnya di Coursera. 

Anda juga bisa memilih tingkat kesulitan kursus, mulai dari pemula, menengah, hingga lanjutan. Setiap kursus di Coursera terdiri dari video pembelajaran, bacaan, kuis, tugas, dan proyek akhir. Anda juga bisa berinteraksi dengan instruktur dan sesama peserta kursus melalui forum diskusi.

Salah satu keunggulan Coursera adalah fitur sertifikat yang dapat Anda dapatkan jika berhasil menyelesaikan kursus. Sertifikat ini dapat membuktikan kompetensi dan kredibilitas Anda di bidang yang Anda pelajari. 

Baca juga: Cara Cerdas Berinvestasi untuk Pelajar SMA

Anda juga bisa menambahkan sertifikat ini ke profil LinkedIn atau CV Anda untuk meningkatkan peluang karier Anda. Beberapa kursus di Coursera juga memberikan kredit akademik yang dapat Anda gunakan untuk melanjutkan pendidikan Anda di universitas tertentu.

Untuk mengakses Coursera, Anda bisa mengunjungi situs webnya di www.coursera.org, atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Coursera juga menyediakan beberapa kursus dalam bahasa Indonesia, atau dengan subtitle bahasa Indonesia.

3. edX

edX adalah platform belajar online gratis yang didirikan oleh Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT). edX menyediakan kursus-kursus dari lebih dari 140 institusi pendidikan terkemuka di dunia, seperti Berkeley, Oxford, Columbia, dan lainnya. 

Anda bisa belajar berbagai topik, seperti sains, teknologi, bisnis, kesehatan, humaniora, dan lainnya di edX. Anda juga bisa memilih tingkat kesulitan kursus, mulai dari pemula, menengah, hingga lanjutan. Setiap kursus di edX terdiri dari video pembelajaran, bacaan, kuis, tugas, dan proyek akhir. Anda juga bisa berinteraksi dengan instruktur dan sesama peserta kursus melalui forum diskusi.

Salah satu keunggulan edX adalah fitur sertifikat yang dapat Anda dapatkan jika berhasil menyelesaikan kursus. Sertifikat ini dapat membuktikan kompetensi dan kredibilitas Anda di bidang yang Anda pelajari. 

Anda juga bisa menambahkan sertifikat ini ke profil LinkedIn atau CV Anda untuk meningkatkan peluang karier Anda. Beberapa kursus di edX juga memberikan kredit akademik yang dapat Anda gunakan untuk melanjutkan pendidikan Anda di universitas tertentu.

Untuk mengakses edX, Anda bisa mengunjungi situs webnya di www.edx.org, atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. edX juga menyediakan beberapa kursus dalam bahasa Indonesia, atau dengan subtitle bahasa Indonesia.

4. Udemy

Udemy adalah platform belajar online gratis yang menyediakan kursus-kursus dari berbagai instruktur profesional dan ahli di bidangnya. Anda bisa belajar berbagai keterampilan, seperti desain, pemrograman, fotografi, musik, bisnis, bahasa, dan lainnya di Udemy. 

Anda juga bisa memilih tingkat kesulitan kursus, mulai dari pemula, menengah, hingga lanjutan. Setiap kursus di Udemy terdiri dari video pembelajaran, bacaan, kuis, tugas, dan proyek akhir. Anda juga bisa berinteraksi dengan instruktur dan sesama peserta kursus melalui forum diskusi.

Salah satu keunggulan Udemy adalah fitur sertifikat yang dapat Anda dapatkan jika berhasil menyelesaikan kursus. 

Sertifikat ini dapat membuktikan kompetensi dan kredibilitas Anda di bidang yang Anda pelajari. Anda juga bisa menambahkan sertifikat ini ke profil LinkedIn atau CV Anda untuk meningkatkan peluang karier Anda.

Untuk mengakses Udemy, Anda bisa mengunjungi situs webnya di www.udemy.com, atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Udemy juga menyediakan beberapa kursus dalam bahasa Indonesia, atau dengan subtitle bahasa Indonesia.

5. Skillshare

Skillshare adalah platform belajar online gratis yang menyediakan kursus-kursus dari berbagai kreator dan pengajar kreatif. Anda bisa belajar berbagai keterampilan kreatif, seperti desain, ilustrasi, animasi, fotografi, video, musik, dan lainnya di Skillshare. 

Anda juga bisa memilih tingkat kesulitan kursus, mulai dari pemula, menengah, hingga lanjutan. Setiap kursus di Skillshare terdiri dari video pembelajaran, bacaan, kuis, tugas, dan proyek akhir. Anda juga bisa berinteraksi dengan instruktur dan sesama peserta kursus melalui forum diskusi.

Salah satu keunggulan Skillshare adalah fitur proyek yang dapat Anda buat dan bagikan dengan komunitas Skillshare. 

Baca juga: Media Pembelajaran yang Menarik untuk Siswa SMA

Proyek ini dapat membantu Anda mengaplikasikan dan mempraktikkan keterampilan yang Anda pelajari.

Penutup

Belajar online adalah salah satu cara yang efektif dan fleksibel untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda. 

Dengan menggunakan platform belajar online gratis yang kami rekomendasikan, Anda bisa belajar berbagai materi pelajaran, bidang ilmu, dan keterampilan kreatif dengan mudah dan menyenangkan. Anda juga bisa mendapatkan sertifikat, kredit akademik, atau proyek kreatif yang dapat membantu Anda dalam karier atau pendidikan Anda. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda di salah satu platform belajar online gratis yang wajib dicoba siswa SMA ini, dan nikmati proses belajar yang seru dan bermanfaat.

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال