Cara Mengatasi Anak Susah Belajar di Sekolah

Daftar Isi
Cara Mengatasi Anak Susah Belajar di Sekolah

pelajarnews.com - Apakah Anda memiliki anak yang susah belajar di sekolah? Apakah Anda merasa frustasi dan bingung bagaimana cara membantu anak Anda agar lebih tertarik dan berprestasi di sekolah? Jika ya, Anda tidak sendirian. Banyak orang tua yang menghadapi masalah yang sama dengan Anda.

Anak susah belajar di sekolah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya motivasi, gangguan belajar, masalah sosial, lingkungan sekolah yang tidak kondusif, atau metode pengajaran yang tidak sesuai. 

{getToc} $title={Table of Contents}

Cara Mengatasi Anak Susah Belajar di Sekolah

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak susah belajar di sekolah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kenali Penyebab Anak Susah Belajar di Sekolah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan anak Anda susah belajar di sekolah. Anda bisa berkomunikasi dengan anak Anda secara terbuka dan empatik, tanyakan apa yang membuatnya tidak suka atau kesulitan belajar di sekolah.

Baca juga: Cara Mengajar Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka 

Anda juga bisa berkonsultasi dengan guru, konselor, atau psikolog sekolah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kondisi anak Anda.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menentukan strategi yang tepat untuk membantu anak Anda. Misalnya, jika anak Anda kurang termotivasi, Anda bisa memberikan pujian, hadiah, atau dukungan moral untuk meningkatkan semangatnya.

Jika anak Anda mengalami gangguan belajar, Anda bisa membantunya dengan memberikan bimbingan khusus, alat bantu belajar, atau modifikasi kurikulum. 

Jika anak Anda mengalami masalah sosial, Anda bisa membantunya dengan mengajaknya bergaul dengan teman-teman yang positif, mengatasi konflik, atau mengembangkan keterampilan sosialnya.

2. Buat Jadwal Belajar yang Teratur dan Menyenangkan

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah membuat jadwal belajar yang teratur dan menyenangkan untuk anak Anda. Jadwal belajar yang teratur bisa membantu anak Anda untuk membiasakan diri dengan rutinitas belajar dan mengatur waktu dengan baik. 

Jadwal belajar yang menyenangkan bisa membantu anak Anda untuk merasa senang dan tertantang saat belajar.

Anda bisa membuat jadwal belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak Anda. Anda bisa menyesuaikan durasi, frekuensi, dan intensitas belajar dengan kemampuan dan kesulitan anak Anda. 

Anda juga bisa menambahkan variasi, permainan, atau aktivitas yang disukai anak Anda dalam jadwal belajar. Misalnya, Anda bisa mengajak anak Anda belajar sambil bermain puzzle, menyanyi, atau menonton video edukatif.

3. Berikan Bantuan dan Bimbingan yang Tepat

Langkah ketiga yang bisa Anda lakukan adalah memberikan bantuan dan bimbingan yang tepat untuk anak Anda. Bantuan dan bimbingan yang tepat bisa membantu anak Anda untuk mengatasi kesulitan, memperbaiki kesalahan, dan meningkatkan pemahaman saat belajar. Bantuan dan bimbingan yang tepat juga bisa membantu anak Anda untuk merasa didukung dan dihargai oleh Anda.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Usia SD, Kiat Praktis untuk Orang Tua

Anda bisa memberikan bantuan dan bimbingan yang tepat dengan cara:

  • Mengajari anak Anda cara belajar yang efektif, seperti membuat rangkuman, membuat catatan, mengulang materi, atau menggunakan alat bantu belajar.
  • Mengawasi dan mengontrol proses belajar anak Anda, seperti memastikan anak Anda mengerjakan tugas, mengikuti pelajaran, atau menghadiri ujian.
  • Memberikan umpan balik yang konstruktif, seperti memberikan pujian, kritik, atau saran yang sesuai dengan hasil belajar anak Anda.
  • Memberikan bantuan tambahan, seperti memberikan les privat, tutor, atau mentor yang bisa membantu anak Anda belajar lebih baik.

4. Libatkan Sekolah dan Guru dalam Upaya Anda

Langkah keempat yang bisa Anda lakukan adalah melibatkan sekolah dan guru dalam upaya Anda untuk mengatasi anak susah belajar di sekolah. Sekolah dan guru adalah pihak yang paling berpengaruh dalam proses belajar anak Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menjalin kerjasama yang baik dengan mereka.

Anda bisa melibatkan sekolah dan guru dalam upaya Anda dengan cara:

  • Berkomunikasi secara rutin dan terbuka dengan sekolah dan guru tentang perkembangan, kesulitan, atau kebutuhan anak Anda.
  • Meminta informasi atau saran dari sekolah dan guru tentang cara membantu anak Anda belajar lebih baik.
  • Mendukung kebijakan atau program yang dilakukan sekolah dan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan anak Anda.
  • Mengikuti kegiatan atau acara yang diselenggarakan sekolah dan guru untuk mempererat hubungan antara orang tua, anak, dan sekolah.

5. Tingkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Anak Anda

Langkah kelima yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak Anda. 

Kesehatan dan kesejahteraan anak Anda sangat berpengaruh terhadap kemampuan dan minat belajar anak Anda. Anak yang sehat dan bahagia akan lebih mudah dan semangat belajar daripada anak yang sakit dan stres.

Anda bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak Anda dengan cara:

  • Memberikan asupan gizi yang seimbang dan cukup untuk anak Anda, seperti sayur, buah, protein, karbohidrat, dan air.
  • Memastikan anak Anda mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas, seperti tidur minimal 8 jam sehari, tidak begadang, atau tidak menggunakan gadget sebelum tidur.
  • Mendorong anak Anda untuk berolahraga secara teratur dan moderat, seperti berjalan, bersepeda, berenang, atau bermain bola.
  • Memberikan waktu luang yang cukup dan menyenangkan untuk anak Anda, seperti bermain, bersantai, atau melakukan hobi.
  • Memberikan dukungan emosional yang positif dan hangat untuk anak Anda, seperti mendengarkan, mengerti, menghargai, atau mencintai anak Anda.

Kesimpulan

Anak susah belajar di sekolah adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang tua. Namun, Anda tidak perlu putus asa, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak susah belajar di sekolah. Beberapa cara tersebut adalah:

  • Kenali penyebab anak susah belajar di sekolah
  • Buat jadwal belajar yang teratur dan menyenangkan
  • Berikan bantuan dan bimbingan yang tepat
  • Libatkan sekolah dan guru dalam upaya Anda
  • Tingkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak Anda

Dengan menerapkan cara-cara tersebut, Anda bisa membantu anak Anda untuk lebih tertarik dan berprestasi di sekolah. 

Anda juga bisa meningkatkan hubungan yang harmonis dan saling mendukung antara Anda dan anak Anda.

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar