8 Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS: Peluang Karir Gemilang di Berbagai Bidang

Daftar Isi

8 Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS: Peluang Karir Gemilang di Berbagai Bidang
PKN STAN (pknstan.ac.id)

Pelajarnews.com - Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sering dianggap kurang diminati dibandingkan jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Anggapan ini keliru. Lulusan IPS memiliki banyak peluang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, termasuk sekolah kedinasan.

Pemerintah Indonesia telah mendirikan beberapa sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran untuk lulusan SMA jurusan IPS. Sekolah-sekolah ini menawarkan pendidikan berkualitas dengan biaya yang relatif terjangkau, bahkan gratis. Selain itu, lulusan sekolah kedinasan memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan di instansi pemerintah.

8 Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Berikut ini beberapa sekolah kedinasan yang cocok untuk jurusan IPS:

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

PKN STAN merupakan salah satu sekolah kedinasan yang paling diminati di Indonesia. Di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan, PKN STAN menawarkan program studi seperti:

Akuntansi

Manajemen Keuangan

Kepabeanan dan Cukai

Pajak

PKN STAN

Baca juga: 7 Sekolah Kedinasan Non Militer dan Tanpa Tes Fisik, Peluang Karier Cemerlang di Bawah Naungan Pemerintah

Lulusan PKN STAN memiliki peluang untuk bekerja di berbagai instansi di bawah Kementerian Keuangan, seperti Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dan Kementerian Keuangan.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang sangat cocok untuk lulusan jurusan IPS. Selain memiliki kualitas pendidikan terjamin, IPDN juga telah meluluskan banyak tenaga profesional yang bekerja di berbagai instansi pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Program studi yang ditawarkan di IPDN meliputi:

Manajemen Pemerintahan

Manajemen Sumber Daya Manusia

Ilmu Pemerintahan

Administrasi Negara

Lulusan IPDN dijamin mendapatkan pekerjaan sebagai Pamong Praja di berbagai daerah di Indonesia.

3. Politeknik Sekolah Sandi Negara (Poltek SSN)

Bagi yang tertarik dengan bidang keamanan cyber dan persandian, Poltek SSN adalah pilihan yang tepat. Sekolah ini menawarkan program studi seperti:

Manajemen Persandian

Teknik Persandian

Manajemen Keamanan Informasi

Lulusan Poltek SSN memiliki peluang untuk bekerja di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan berbagai instansi pemerintah lainnya.

4. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Bagi yang berminat dalam bidang transportasi darat, STTD merupakan sekolah kedinasan yang dapat menjadi pilihan. Program studi yang ditawarkan di STTD mencakup:

Pengujian Kendaraan Bermotor

Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Transportasi Darat

Lulusan STTD memiliki peluang untuk bekerja di Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan di berbagai daerah, dan perusahaan-perusahaan transportasi darat.

5. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Poltekim adalah perguruan tinggi yang menawarkan program studi di bidang hukum keimigrasian dan administrasi keimigrasian. Cocok untuk lulusan jurusan IPS yang tertarik dengan bidang tersebut. Program studi yang ditawarkan di Poltekim meliputi:

Keimigrasian

Administrasi Keimigrasian

Lulusan Poltekim dijamin mendapatkan pekerjaan sebagai Petugas Imigrasi di berbagai kantor imigrasi di Indonesia.

6. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Bagi yang bercita-cita menjadi agen intelijen negara, STIN merupakan pilihan yang tepat. STIN menawarkan program studi seperti:

Agen Intelijen Negara

Analis Intelijen Negara

Lulusan STIN dijamin mendapatkan pekerjaan sebagai agen intelijen di Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca juga: 5 Sekolah Kedinasan Terbaik dan Terpopuler di Indonesia, Menemukan Jalan Menuju Karier Impian

7. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS)

STKS adalah sekolah yang memiliki program studi di bidang pekerjaan sosial seperti:

Pekerjaan Sosial

Manajemen Sosial

Lulusan STKS memiliki peluang untuk bekerja di Kementerian Sosial, Dinas Sosial di berbagai daerah, dan berbagai lembaga sosial.

8. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Bagi yang tertarik dengan bidang pemasyarakatan, Poltekip menawarkan program studi Diploma 3 dengan fokus pada bidang tersebut. Program studi yang ditawarkan di Poltekip meliputi:

Pemasyarakatan

Manajemen Pemasyarakatan

Lulusan Poltekip dijamin mendapatkan pekerjaan sebagai Petugas Pemasyarakatan di berbagai lembaga pemasyarakatan di Indonesia.

Persiapan Masuk Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

1. Cari Informasi Lengkap

Langkah pertama adalah mencari informasi lengkap tentang sekolah kedinasan yang ingin dituju. Informasi ini bisa diperoleh dari website resmi sekolah kedinasan, brosur, atau bertanya kepada alumni. Pastikan informasi yang diperoleh adalah informasi terbaru dan akurat.

2. Pahami Persyaratan Pendaftaran

Setiap sekolah kedinasan memiliki persyaratan pendaftaran yang berbeda-beda. Pastikan untuk memahami persyaratan ini dengan baik, seperti batas usia, nilai akademis, dan tes yang harus dilalui.

3. Persiapkan Diri untuk Tes

Sekolah kedinasan umumnya menggunakan beberapa tes untuk menyeleksi calon mahasiswanya, seperti tes tertulis, tes fisik, dan tes psikotes. Persiapkan diri untuk tes-tes ini dengan belajar soal-soal latihan dan mengikuti bimbingan belajar jika diperlukan.

4. Jaga Kesehatan dan Kebugaran

Selain tes tertulis dan psikotes, beberapa sekolah kedinasan juga mengadakan tes fisik. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar dapat mengikuti tes dengan maksimal.

5. Mental yang Kuat

Seleksi masuk sekolah kedinasan umumnya cukup ketat dan kompetitif. Oleh karena itu, penting untuk memiliki mental yang kuat dan pantang menyerah.

Tips Sukses Masuk Sekolah Kedinasan

Mulai persiapan sejak dini. Semakin awal persiapan dilakukan, semakin besar peluang untuk diterima.

Belajar dengan giat dan fokus. Pastikan untuk memahami materi tes dengan baik.

Ikuti bimbingan belajar jika diperlukan. Bimbingan belajar dapat membantu untuk lebih memahami materi tes dan strategi mengerjakan soal.

Jaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kesehatan dan kebugaran tubuh yang prima sangat penting untuk mengikuti tes fisik.

Tetap optimis dan pantang menyerah. Seleksi masuk sekolah kedinasan memang sulit, namun dengan tekad dan usaha yang keras, peluang untuk diterima akan semakin besar.

Akhir Kata

Banyaknya pilihan sekolah kedinasan untuk jurusan IPS memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya sesuai dengan jurusan yang diminati.

Dengan pendidikan yang berkualitas dan peluang kerja yang besar, sekolah kedinasan menjadi pilihan yang tepat bagi lulusan SMA jurusan IPS untuk meraih masa depan yang gemilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar