Menguasai Dasar-Dasar Bola Basket: Panduan Lengkap untuk Pemula

Daftar Isi

Menguasai Dasar-Dasar Bola Basket: Panduan Lengkap untuk Pemula
Foto: Freepik.com

Pelajarnews.com - Pelajari Dasar-Dasar Bola Basket! Panduan lengkap untuk pemula & penggemar. Teknik, aturan, sejarah, tips, & evolusi bola basket.

Sejarah Singkat Bola Basket

Diciptakan di Springfield, Massachusetts pada tahun 1891 oleh Dr. James Naismith, seorang instruktur pendidikan jasmani di YMCA International Training School. Awalnya, permainan ini dimainkan dengan 13 pemain di setiap tim dan menggunakan bola sepak sebagai bola basket. Naismith ingin menciptakan permainan yang lebih aman dan kurang brutal dibandingkan dengan sepak bola rugby yang populer pada saat itu.

Pada tahun 1893, Naismith menerbitkan 13 aturan dasar bola basket. Aturan-aturan ini termasuk:

Bola harus dipegang dengan tangan.

Berlari dengan bola tidak diperbolehkan.

Bola hanya boleh dipantulkan ke tanah sekali.

Pemain tidak boleh mendorong, memukul, atau menjegal lawan.

Poin dicetak dengan memasukkan bola ke keranjang lawan.

Permainan bola basket quickly gained popularity throughout the United States and around the world. Pada tahun 1904, bola basket dipertandingkan di Olimpiade St. Louis sebagai olahraga demonstrasi. Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) didirikan pada tahun 1932.

Aturan Dasar Bola Basket

Permainan bola basket dimainkan di lapangan persegi panjang dengan dimensi 28 meter x 15 meter. Lapangan dibagi menjadi dua bagian oleh garis tengah lapangan. Di setiap ujung lapangan terdapat ring basket yang dipasang pada ketinggian 3,05 meter dari permukaan tanah.

Dua tim yang terdiri dari 5 pemain berlomba untuk memasukkan bola ke ring lawan. Bola dapat digerakkan dengan dribbling, passing, atau shooting.

Peraturan Dribbling

Pemain hanya boleh memantulkan bola dengan satu tangan.

Bola harus dipantulkan ke tanah setiap kali pemain berhenti berlari.

Pemain tidak boleh memantulkan bola dua kali berturut-turut.

Pemain tidak boleh membawa bola dengan kedua tangan.

Peraturan Passing

Bola dapat dioper ke rekan tim dengan satu atau dua tangan.

Bola tidak boleh dioper ke pemain yang berada di luar lapangan.

Pemain tidak boleh melakukan double dribble.

Peraturan Shooting

Pemain dapat menembak bola dari mana saja di lapangan.

Tembakan yang masuk ke ring menghasilkan poin.

Jika pemain melakukan pelanggaran saat menembak, tembakannya tidak akan dihitung.

Peraturan Fouls

Pemain tidak boleh melakukan kontak ilegal dengan lawan.

Pelanggaran dapat mengakibatkan free throw untuk tim lawan.

Permainan dibagi menjadi 4 babak (quarter) yang masing-masing berlangsung selama 10 menit. Tim dengan poin terbanyak di akhir permainan adalah pemenangnya.

Keterampilan Penting dalam Bola Basket 

Dribbling:

Dribbling rendah: Teknik dribbling di mana bola dipantulkan rendah ke tanah untuk menjaga kontrol bola.

Dribbling tinggi: Teknik dribbling di mana bola dipantulkan tinggi ke tanah untuk melewati lawan.

Crossover: Teknik dribbling di mana bola dipindahkan dari satu tangan ke tangan lain untuk melewati lawan.

Passing:

Chest pass: Teknik passing yang paling dasar, dilakukan dengan melempar bola dari dada.

Bounce pass: Teknik passing di mana bola dipantulkan ke tanah sebelum ditangkap oleh rekan tim.

Overhead pass: Teknik passing di mana bola dilempar di atas kepala.

Shooting:

Layup: Teknik shooting di mana pemain melompat dan meletakkan bola ke ring dengan satu tangan.

Jump shot: Teknik shooting di mana pemain melompat dan menembak bola ke ring dengan kedua tangan.

Dunk: Teknik shooting di mana pemain melompat tinggi dan memasukkan bola ke ring dengan satu tangan dengan penuh kekuatan.

Rebounding:

Offensive rebound: Rebound yang dilakukan oleh pemain tim yang menyerang untuk mendapatkan kesempatan kedua untuk mencetak poin.

Defensive rebound: Rebound yang dilakukan oleh pemain tim yang bertahan untuk mencegah tim lawan mendapatkan poin kedua.

Defense:

Man-to-man defense: Teknik defense di mana setiap pemain menjaga satu pemain lawan.

Zone defense: Teknik defense di mana pemain menjaga area tertentu di lapangan.

Teknik Populer dalam Bola Basket

Post play: Teknik bermain di mana pemain yang tinggi dan kuat positioned themselves near the basket to score points. Post players typically have good footwork and post moves to score over smaller defenders.

Pick and roll: Teknik bermain di mana pemain yang tidak memiliki bola (setter) "picks" (screens) a defender for a teammate with the ball (roller). The roller then "rolls" towards the basket for a pass and an easy layup.

Fast break: Teknik bermain di mana tim yang menyerang dengan cepat bergerak ke arah ring lawan setelah mendapatkan defensive rebound. Fast breaks can lead to easy scoring opportunities.

Alley-oop: Teknik bermain di mana seorang pemain melempar bola tinggi ke udara untuk di-dunk oleh teammate. Alley-oops are exciting plays that can energize the crowd.

Tips Praktis untuk Pemula

Mempelajari teknik dasar: Mulailah dengan mempelajari teknik dribbling, passing, dan shooting yang benar. Luangkan waktu untuk berlatih teknik-teknik ini secara berulang-ulang.

Berlatih secara teratur: Luangkan waktu untuk berlatih secara teratur untuk meningkatkan keterampilan dan stamina. Anda dapat berlatih sendiri, dengan teman, atau bergabung dengan tim bola basket.

Bermain dengan orang lain: Bergabunglah dengan tim atau komunitas bola basket untuk bermain dan belajar dari pemain lain. Bermain dengan orang lain dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan dan kerja sama tim.

Menonton pertandingan profesional: Saksikan pertandingan profesional untuk mempelajari strategi dan teknik dari pemain terbaik. Menonton pertandingan profesional dapat membantu Anda memahami permainan bola basket dengan lebih baik.

Tetap termotivasi: Tetapkan tujuan yang realistis dan rayakan pencapaian Anda. Tetaplah termotivasi dan teruslah berlatih untuk mencapai tujuan Anda.

Evolusi Bola Basket 

Bola basket telah berkembang pesat selama bertahun-tahun. Berikut adalah beberapa perkembangan penting dalam sejarah bola basket:

Perubahan aturan: Aturan bola basket telah diubah beberapa kali untuk meningkatkan keamanan dan kecepatan permainan. Contohnya, pada tahun 1936, aturan three-point shot diperkenalkan untuk meningkatkan skor dan membuat permainan lebih menarik.

Teknologi: Teknologi telah memainkan peran penting dalam perkembangan bola basket. Contohnya, bola yang lebih baik dan sepatu yang lebih canggih telah meningkatkan performa pemain.

Popularitas: Bola basket telah menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Jutaan orang di seluruh dunia bermain dan menonton bola basket.

Penutup

Mempelajari dasar-dasar bola basket adalah langkah pertama untuk menikmati olahraga yang menyenangkan dan kompetitif ini. Dengan latihan dan dedikasi, Anda dapat mengembangkan keterampilan dan teknik yang diperlukan untuk menjadi pemain yang handal.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar