Rapor Pendidikan PAUD 2024: Panduan Lengkap untuk Pengisian dan Login

Daftar Isi

Rapor Pendidikan PAUD 2024
Rapor Pendidikan PAUD 2024 (foto by freepik.com)

Pelajarnews.com - Kemendikbudristek Meluncurkan Rapor Pendidikan PAUD 2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Rapor Pendidikan untuk jenjang PAUD pada tahun 2024. 

Peluncuran ini merupakan bagian dari program prioritas pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan berkelanjutan di Indonesia.

Rapor Pendidikan PAUD 2024 menghadirkan data-data yang akan diperbarui setiap tahunnya. Data-data tersebut berkaitan dengan kondisi dari satuan pendidikan tersebut berdasarkan hasil Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) PAUD. 

Data ini nantinya bisa digunakan sebagai referensi untuk menentukan prioritas pendidikan yang berkelanjutan dan dapat diakses oleh pemerintah, satuan pendidikan, hingga orang tua/wali siswa.

Nadiem Anwar Makarim selaku Mendikbudristek mengungkapkan bahwa Rapor Pendidikan adalah bagian dari inisiatif Merdeka Belajar. Rapor Pendidikan bisa menjadi alat bantu bagi PAUD untuk mengidentifikasi kondisi sekolah, menentukan prioritas pembenahan, serta menyusun rencana pembelajaran. 

Baca juga5 Cara Mengajar Anak Mengaji agar Tidak Bosan

Dari sinilah PAUD maupun satuan pendidikan lain dapat melakukan peningkatan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan.

Apa itu Rapor Pendidikan PAUD? 

Rapor Pendidikan PAUD adalah platform yang berisi data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan. Seluruh data atau informasi yang ada dalam Rapor Pendidikan berasal dari Dapodik, Asesmen Nasional, Badan Pusat Statistik (BPS), Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB), serta sumber-sumber lain yang relevan.

Rapor Pendidikan bermanfaat sebagai acuan untuk melakukan identifikasi, refleksi, dan pembenahan kualitas pendidikan di Indonesia. Penggunaan Rapor Pendidikan memang tidak wajib, tapi sangat disarankan karena dapat merepresentasikan kondisi satuan pendidikan.

Rapor Pendidikan PAUD memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

Referensi utama untuk analisis, perencanaan, dan tindak lanjut: Rapor Pendidikan menjadi sumber data bagi pemerintah dan satuan pendidikan dalam merumuskan kebijakan dan program untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Sumber data yang objektif: Data dalam Rapor Pendidikan disajikan secara otomatis dan terintegrasi, sehingga terjamin objektivitasnya.

Alat ukur evaluasi sistem pendidikan: Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk mengevaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan, baik internal maupun eksternal.

Platform penyajian data terpusat: Rapor Pendidikan menjadi platform tunggal untuk mengakses data pendidikan, sehingga meringankan beban administrasi sekolah.

Baca juga: Cara Mengatasi Tawuran Antar Pelajar

Panduan Pengisian Rapor Pendidikan PAUD

Rapor Pendidikan PAUD berisi data-data tentang kondisi terkini dari sebuah satuan pendidikan. Data-data ini diharapkan bisa menjadi pedoman bagi pemerintah maupun pihak sekolah untuk melakukan pembenahan atau perbaikan kualitas pembelajaran. 

Berikut cara mengakses dan mengeksplorasi Rapor Pendidikan PAUD sebagai referensi peningkatan kualitas layanan pendidikan:

Buka laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id

Klik “Masuk sebagai Satuan Pendidikan/Pemerintah Daerah”

Masukkan akun belajar.id dan kata sandi untuk login.

Setelah masuk, Anda akan melihat detail dan ringkasan kondisi dari satuan pendidikan. Detail ringkasan ini berupa deskripsi singkat dari kondisi dan pencapaian satuan pendidikan Anda.

Pada halaman "Capaian Indikator", Anda dapat melihat capaian satuan pendidikan Anda pada beberapa indikator, seperti:

Akses dan Partisipasi: Indikator ini menunjukkan persentase anak usia 3-6 tahun yang telah bersekolah di PAUD.

Kualitas Proses Pembelajaran: Indikator ini menunjukkan kualitas proses pembelajaran di PAUD, seperti ketersediaan sarana dan prasarana, kualifikasi guru, dan kegiatan pembelajaran.

Kualitas Hasil Belajar: Indikator ini menunjukkan hasil belajar anak PAUD, seperti kemampuan bahasa, motorik, dan sosial emosional.

Anda juga dapat melihat perbandingan capaian satuan pendidikan Anda dengan satuan pendidikan lain di daerah dan nasional.

Pada halaman "Akar Permasalahan", Anda dapat melihat faktor-faktor yang menyebabkan capaian satuan pendidikan Anda belum optimal.

Pada halaman "Inspirasi Benahi", Anda dapat menemukan berbagai solusi untuk mengatasi akar permasalahan yang ada di satuan pendidikan Anda.

Panduan Login Rapor Pendidikan PAUD 

Rapor Pendidikan PAUD dapat diakses oleh satuan pendidikan, mulai dari kepala sekolah, operator sekolah, hingga pihak guru. Rapor Pendidikan diakses melalui peramban di perangkat apa saja dengan menggunakan akun belajar.id. Berikut cara login Rapor Pendidikan:

Buka browser dan kunjungi laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id

Klik tombol “Masuk sebagai Satuan Pendidikan/Pemerintah Daerah”

Masukkan akun belajar.id yang sudah terdaftar dan terverifikasi.

Masukkan kata sandi.

Anda sudah berhasil login ke dalam Rapor Pendidikan.

Manfaat Rapor Pendidikan PAUD 

Rapor Pendidikan PAUD memiliki banyak manfaat bagi berbagai pihak, di antaranya:

Bagi Pemerintah:

Membantu dalam merumuskan kebijakan dan program: Data dalam Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai dasar untuk merumuskan kebijakan dan program yang tepat sasaran untuk meningkatkan kualitas PAUD di Indonesia.

Memantau kinerja satuan pendidikan: Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memantau kinerja satuan pendidikan dalam mencapai target yang telah ditetapkan.

Mengevaluasi efektivitas program: Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas program-program yang telah dijalankan oleh pemerintah.

Bagi Satuan Pendidikan:

Mengetahui kondisi satuan pendidikan: Rapor Pendidikan dapat membantu satuan pendidikan untuk mengetahui kondisi terkini dari satuan pendidikannya, baik dari segi capaian indikator, kualitas proses pembelajaran, maupun kualitas hasil belajar.

Menentukan prioritas pembenahan: Rapor Pendidikan dapat membantu satuan pendidikan untuk menentukan prioritas pembenahan yang perlu dilakukan.

Baca juga: 10 Tips Membangkitkan Semangat Belajar Siswa

Mengembangkan program dan kegiatan: Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam mengembangkan program dan kegiatan untuk meningkatkan kualitas PAUD.

Bagi Orang Tua/Wali Siswa:

Mengetahui perkembangan anak: Rapor Pendidikan dapat membantu orang tua/wali siswa untuk mengetahui perkembangan belajar dan tumbuh kembang anak.

Membantu dalam memilih PAUD: Rapor Pendidikan dapat membantu orang tua/wali siswa dalam memilih PAUD yang tepat bagi anak.

Mendukung pembelajaran anak di rumah: Rapor Pendidikan dapat membantu orang tua/wali siswa dalam mendukung pembelajaran anak di rumah.

Kesimpulan

Rapor Pendidikan PAUD 2024 merupakan instrumen penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Platform ini menyediakan data dan informasi yang komprehensif untuk membantu satuan pendidikan, pemerintah, dan orang tua/wali siswa dalam melakukan analisis, perencanaan, dan tindak lanjut. 

Dengan memanfaatkan Rapor Pendidikan PAUD secara optimal, diharapkan kualitas pendidikan di jenjang PAUD dapat terus meningkat dan memberikan manfaat bagi seluruh anak-anak Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar