12 Universitas Terbaik di Eropa 2024 Versi QS WUR 2024, Kampus Impian Mahasiswa Dunia

Daftar Isi

12 Universitas Terbaik di Eropa 2024 Versi QS WUR 2024, Kampus Impian Mahasiswa Dunia

PELAJARNEWS.COM - Berikut adalah daftar 12 universitas terbaik di Eropa versi QS World University Rankings (WUR) 2024. Apakah kamu tertarik melanjutkan studi pendidikan tinggi di Eropa? Kuliah di salah satu negara Eropa bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kawasan Eropa menawarkan keragaman dalam hal gaya mengajar, kehidupan mahasiswa, hingga lanskap perkotaan dan alam yang menakjubkan. Salah satu faktor utama yang membuat negara-negara Eropa unggul dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kualitas pendidikannya, termasuk di perguruan tinggi. 

Artikel ini akan membahas 12 universitas terbaik di Eropa versi QS World University Rankings (WUR) 2024. Mari kita simak bersama!

Baca juga10 Universitas Terbaik dengan Jurusan Pendidikan di Indonesia

1. University of Cambridge (Inggris)

University of Cambridge adalah salah satu universitas terkenal dan bergengsi di Eropa. Dengan sejarah panjang yang kaya, Cambridge merupakan salah satu universitas tertua di dunia dan terbesar di Inggris. Reputasinya atas pencapaian akademis yang luar biasa diakui secara global dan mencerminkan prestasi luar biasa para lulusannya. Cambridge memiliki 31 college, tiga di antaranya khusus untuk perempuan, dan dua hanya menerima mahasiswa pascasarjana.

2. University of Oxford (Inggris)

University of Oxford adalah universitas tertua di negara-negara berbahasa Inggris dan begitu kuno sehingga tanggal pendiriannya tidak diketahui. Keunggulan belajar di Eropa memungkinkan kamu mengeksplorasi universitas-universitas kuno dengan arsitektur yang indah. Terletak di pusat kota Oxford, universitas ini terdiri dari 44 college, beberapa aula, dan sistem perpustakaan terbesar di Inggris.

3. Imperial College London (Inggris)

Berada di peringkat ke-6 dunia menurut QS World University Rankings 2024, Imperial College London adalah institusi yang fokus pada sains, teknik, kedokteran, dan bisnis. Imperial menawarkan pendidikan berbasis penelitian, pengajaran yang menantang pertanyaan, serta pengalaman dunia nyata dengan pembelajaran hands-on. Lulusan dari universitas ini mendapatkan peluang untuk bekerja dalam tim multikultural dan multinasional.

4. ETH Zurich (Swiss)

ETH Zurich adalah salah satu universitas terkemuka di Eropa dan dunia dalam bidang sains dan teknologi. Universitas ini terkenal dengan penelitian dan inovasi mutakhir serta menawarkan beasiswa bagi mahasiswa S1 dan S2. Berdiri sejak 1855 sebagai Swiss Federal Polytechnic School, ETH Zurich telah mencetak 22 peraih Nobel, termasuk fisikawan ternama Albert Einstein. Universitas ini memiliki 16 departemen yang menawarkan pendidikan akademis serta melakukan penelitian ilmiah dalam berbagai bidang.

5. University College London (UCL)

UCL berada di peringkat ke-9 dunia menurut QS World University Rankings 2024. Kualitas pendidikan dan pembelajaran UCL terbukti dari 30 penerima Nobel di antara mantan staf dan alumninya. Terletak di jantung kota London, UCL adalah tempat yang sempurna untuk memanfaatkan segala yang ditawarkan London bagi mahasiswa internasional. UCL memiliki 18.000 mahasiswa dari luar Inggris yang berasal dari lebih dari 150 negara.

6. The University of Edinburgh (Skotlandia)

University of Edinburgh adalah salah satu universitas terkemuka di dunia, konsisten menempati peringkat 50 terbaik di dunia. Tahun ini, universitas ini berada di peringkat ke-22 menurut QS World University Rankings 2024. Sebagai rumah bagi lebih dari 45.000 mahasiswa dari 156 negara, Edinburgh memiliki reputasi sebagai universitas global yang mencetak lulusan berkualitas.

7. Université PSL/Paris Sciences & Lettres (Prancis)

PSL adalah universitas yang lahir dari sejarah intelektual dan ilmiah yang panjang. Terletak di Paris, Prancis, PSL berkomitmen memberikan keunggulan dalam pendidikan, pelatihan, dan penelitian. Dengan puluhan ribu mahasiswa internasional, PSL adalah universitas global yang bertujuan mencerminkan, mewakili, dan mempengaruhi masyarakat di seluruh dunia.

8. The University of Manchester (Inggris)

University of Manchester menawarkan lebih dari 1.000 program studi di bidang humaniora, bisnis, sains, dan teknik. Program-program ini mencakup kursus dasar, gelar sarjana, gelar master, PhD, dan MBA. University of Manchester menduduki peringkat ke-32 di dunia menurut QS World University Rankings 2024 dan merupakan anggota Russell Group yang prestisius di Inggris. Universitas ini menginvestasikan GBP 1 miliar selama 10 tahun untuk kampus dan fasilitasnya.

9. EPFL (Swiss)

École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) berada di peringkat ke-36 dunia menurut QS World University Rankings 2024. Berlokasi di Lausanne, Swiss, EPFL adalah lembaga penelitian dan universitas yang mengkhususkan diri pada ilmu alam dan teknik. Sejak berdiri pada 1853 dengan hanya 11 siswa, kini EPFL menjadi salah satu dari dua Swiss Federal Institutes of Technology dan menjadi rumah bagi lebih dari 10.000 mahasiswa.

10. Technical University of Munich (Jerman)

Technical University of Munich (TUM) adalah universitas riset terkemuka di Jerman yang telah menjadi rumah bagi penelitian dari beberapa peraih Nobel dan penemu terkenal seperti Rudolf Diesel dan Carl von Linde. Dalam peringkat internasional, TUM secara konsisten menempati peringkat tinggi di antara universitas-universitas Jerman terbaik. Sejak berdiri pada 1868, TUM terus memimpin dalam inovasi.

11. Institut Polytechnique de Paris (Prancis)

Institut Polytechnique de Paris adalah universitas yang didirikan pada tahun 1794 di Prancis, fokus pada bidang teknik. Awalnya dibangun untuk melatih insinyur militer dengan dukungan Napoleon Bonaparte, universitas ini memiliki banyak alumni terkenal, termasuk Henri Becquerel, penemu radioaktivitas.

12. King’s College London (Inggris)

King’s College London (KCL) adalah universitas riset negeri yang sangat prestisius. KCL menawarkan 12 fakultas dengan lebih dari 120 program studi S1, S2, dan S3. Beberapa jurusan yang sangat diminati dan memiliki peringkat tinggi secara global meliputi kedokteran, keperawatan, hukum, psikologi, dan studi perang.

Kesimpulan

Memilih universitas terbaik di Eropa bukan hanya tentang reputasi akademis, tetapi juga pengalaman dan peluang yang ditawarkan. Dari University of Cambridge hingga King’s College London, masing-masing universitas memiliki keunggulan dan karakteristik unik yang bisa membantu kamu mencapai impian dan tujuan akademis. 

Dengan pertimbangan yang matang dan riset yang tepat, kamu dapat menemukan universitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi pendidikanmu. Selamat memilih dan mengejar pendidikan tinggi di Eropa!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar