Mewujudkan Mimpi PNS: 16 Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMA dan SMK

Daftar Isi
Mewujudkan Mimpi PNS: 16 Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMA dan SMK

16 Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMA dan SMK - Cita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Untuk lulusan SMA dan SMK, Sekolah Kedinasan merupakan jalan terbaik untuk mewujudkan mimpi tersebut. 

Artikel ini akan mengulas 16 Sekolah Kedinasan yang dapat menjadi pilihan bagi lulusan SMA dan SMK di tahun 2024.

1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Sekolah di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ini menerima siswa kelas 12 dari SMA jurusan IPA dan SMK dengan jurusan terkait teknologi dan elektronika. Jurusan yang dapat mendaftar meliputi Teknik Robotik, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, Teknik Elektronika Industri, dan Teknik Audio Video.

Baca juga10 Kampus dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

2. Politeknik Perkeretapian Indonesia (PPI) Madiun

PPI Madiun membuka prodi D3 terkait perkeretaapian seperti Manajemen Transportasi, Teknologi Mekanika, Teknologi Elektro, dan Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretapian. Lulusan IPA dan jurusan SMK tertentu seperti Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, dan Teknik Otomotif dapat mendaftar.

3 .Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD

Sekolah ini menawarkan prodi D4 Transportasi Darat, D4 Teknologi Rekayasa Otomotif, dan D3 Manajemen Transportasi Jalan. Pendaftar harus lulusan SMA/MA IPA atau SMK dari jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, dan Teknik Ketenagalistrikan.

4. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PTKJ) Tegal

PTKJ Tegal membuka prodi D4 Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, D4 Teknologi Rekayasa Otomotif, dan D3 Teknologi Otomotif. Jurusan SMK yang dibutuhkan termasuk Teknik Mesin, Teknik Otomotif, dan Teknik Elektronika.

5. Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (Poltektrans) SDP Palembang

Poltektrans SDP Palembang mencari lulusan SMA/MA IPA dan SMK dari jurusan terkait teknologi dan elektronika. Jurusan SMK yang dapat mendaftar meliputi Pelayaran Kapal Niaga, Teknik Mesin, dan Teknik Otomotif.

6. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali

Poltrada Bali membuka tiga prodi, dengan D3 Manajemen Transportasi Jalan khusus untuk lulusan SMA IPA. Jurusan SMK yang dibutuhkan meliputi Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, dan Teknik Ketenagalistrikan.

7. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar

PIP Makassar membuka 28 formasi dan menerima lulusan SMA/MA IPA dan SMK dari jurusan seperti Pelayaran Nautika Kapal Niaga, Teknik Ketenagalistrikan, dan Teknik Mesin.

8. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya

Poltekpel Surabaya membuka empat prodi untuk lulusan SMA IPA dan SMK dari berbagai jurusan seperti Teknik Mesin, Teknik Otomotif, dan Teknik Elektronika.

9. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh

Poltekpel Malahayati Aceh menyediakan prodi D3 Sistem Kelistrikan Kapal. Lulusan SMA/MA IPA dan SMK dari jurusan seperti Pelayaran Kapal Niaga, Teknik Mesin, dan Teknik Otomotif dapat mendaftar.

10. Poltekpel Sorong

Poltekpel Sorong membuka jurusan D3 Permesinan Kapal. Lulusan SMA/MA IPA dan SMK dari jurusan seperti Pelayaran Kapal Niaga, Teknik Otomotif, dan Teknik Elektronika dapat mendaftar.

11. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

PPI Curug menawarkan prodi D4 Teknik Listrik Bandara, D4 Teknik Navigasi Udara, D4 Teknik Pesawat Udara, dan D4 Lalu Lintas Udara. Jurusan SMK yang dapat mendaftar termasuk Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, dan Teknik Otomotif.

12. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya

Poltekbang Surabaya membuka prodi D3 Teknik Bangunan dan Landasan. Lulusan SMA IPA dan SMK dari jurusan seperti Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, dan Teknik Otomotif dapat mendaftar.

13. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar

Poltekbang Makassar menawarkan prodi D3 Teknologi Bandar Udara untuk lulusan SMA/MA IPA dan SMK dari jurusan seperti Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, dan Teknik Otomotif.

14. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan

Poltekbang Medan membuka prodi D3 Teknik Listrik Bandar Udara. Lulusan SMA/MA IPA dan SMK dari jurusan seperti Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, dan Teknik Pesawat Udara dapat mendaftar.

15. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang

Poltekbang Palembang menawarkan prodi D4 Teknologi Rekayasa Udara untuk lulusan SMA/MA IPA dan SMK dari jurusan seperti Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, dan Teknik Pesawat Udara.

16. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura

Poltekbang Jayapura membuka jurusan D3 Manajemen Bandar Udara. Lulusan SMA IPA dan SMK dari jurusan seperti Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, dan Teknik Pesawat Udara dapat mendaftar.

Kesimpulan

Menjadi PNS merupakan impian banyak lulusan SMA dan SMK. Sekolah Kedinasan memberikan jalur pasti untuk mencapai tujuan tersebut. 

Dengan memilih salah satu dari 16 sekolah kedinasan yang telah disebutkan, lulusan SMA dan SMK dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk meraih cita-cita menjadi PNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar