20 Prospek Kerja Manajemen Terbaik dengan Info Gaji Terbaru

Daftar Isi
20 Prospek Kerja Manajemen Terbaik dengan Info Gaji Terbaru

20 Prospek Kerja Manajemen Terbaik dengan Info Gaji Terbaru - Jika kamu bertanya-tanya tentang prospek kerja jurusan manajemen, artikel ini akan memberikan jawaban yang komprehensif. Jurusan manajemen merupakan salah satu pilihan terbaik untuk masa depan karier yang menjanjikan. 

Berikut ini adalah ulasan mengenai 20 prospek kerja manajemen yang menjanjikan beserta informasi mengenai kisaran gajinya.

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Jurusan manajemen adalah bidang studi yang mempelajari tentang pengelolaan perusahaan atau organisasi. 

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan belajar bagaimana cara mengelola, merencanakan, mengorganisir, dan mengendalikan sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki minat dalam kepemimpinan dan strategi bisnis.

Baca jugaMengenal Prospek Kerja Teknik Sipil: Peluang dan Gaji Tinggi

Daftar Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Beberapa mata kuliah yang umum ditemui dalam jurusan manajemen antara lain:

  • Pengantar Ekonomi Makro
  • Pengantar Bisnis
  • Matematika Bisnis
  • Statistika Bisnis
  • Akuntansi Keuangan Dasar
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Operasional dan Rantai Pasok
  • Analisis Optimasi
  • Akuntansi Biaya
  • Penganggaran Bisnis
  • Perilaku Organisasi
  • Akuntansi Manajemen
  • Ekonomi Manajerial
  • Komunikasi Bisnis
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Studi Kelayakan Bisnis
  • Manajemen Strategik
  • Bisnis Internasional
  • Perilaku Konsumen
  • Kewirausahaan

Kenapa Kamu Harus Pilih Jurusan Manajemen?

Memilih jurusan manajemen bisa menjadi salah satu keputusan terbaik untuk masa depan kariermu. Selain banyaknya peluang karier, jurusan ini juga memberikan berbagai keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti kepemimpinan, perencanaan strategis, dan kemampuan analisis. 

Mahasiswa jurusan manajemen juga dibekali dengan materi kepemimpinan sejak dini, sehingga banyak lulusan manajemen yang memiliki jiwa leadership bahkan meski belum memiliki pengalaman kerja.

Prospek Kerja Manajemen Paling Menjanjikan dan Kisaran Gaji

Berikut adalah beberapa prospek kerja yang dapat dikejar oleh lulusan jurusan manajemen beserta informasi mengenai kisaran gajinya:

1. Business Development

Sebagai Business Development, tugas utamanya adalah mengembangkan bisnis perusahaan, baik secara internal maupun eksternal. Kisaran gaji untuk posisi ini mulai dari Rp6 juta hingga Rp8 juta per bulan, namun di perusahaan besar gaji bisa mencapai dua digit.

2. HRD

Divisi Human Resources Department (HRD) adalah tempat yang cocok bagi lulusan manajemen dengan peminatan sumber daya manusia. Gaji untuk posisi HRD mulai dari UMR hingga Rp7 juta untuk level pemula.

3. Marketing

Posisi marketing mengurus pengembangan bisnis perusahaan serta membangun brand awareness. Gaji di level pemula bervariasi dari UMR hingga Rp10 juta, dengan potensi mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulan di level yang lebih tinggi.

4. Management Trainee

Sebagai Management Trainee, kamu akan menjalani masa pelatihan selama satu hingga dua tahun. Gaji bervariasi mulai dari UMR hingga belasan juta rupiah setelah evaluasi dan penempatan posisi tetap.

5. Teller Bank

Tugas teller bank melayani nasabah yang ingin menyetor atau transfer uang. Gaji untuk posisi ini berkisar antara Rp5 juta hingga Rp8 juta untuk fresh graduate, dan bisa lebih tinggi di bank multinasional.

6. Risk Manager

Sebagai Risk Manager, tugasmu adalah mengidentifikasi dan mengelola risiko kerugian perusahaan. Gaji untuk posisi ini bervariasi tergantung pada pengalaman dan perusahaan tempat bekerja.

7. Data Analyst

Seorang Data Analyst bertanggung jawab menganalisis data untuk pengambilan keputusan. Gaji untuk posisi ini sangat bervariasi, tergantung pada perusahaan dan kompleksitas data yang dianalisis.

8. Staff Finansial

Staff finansial bertugas memastikan keuangan perusahaan berjalan lancar. Gaji untuk posisi ini berkisar dari UMR hingga Rp8 juta, dengan prospek karir yang stabil.

9. Akuntan

Sebagai Akuntan, tugasmu adalah mencatat, memantau, dan melaporkan keuangan perusahaan. Gaji untuk posisi ini biasanya berkisar antara Rp7 juta hingga Rp10 juta, tergantung pada ukuran dan jenis perusahaan.

10. Staf Operasional

Staf operasional bertanggung jawab memaksimalkan proses produksi dan mengelola bahan baku. Gaji bervariasi dari Rp3 juta hingga Rp10 juta, tergantung pada perusahaan.

11. Pengusaha

Lulusan manajemen memiliki keahlian yang cukup untuk membuka usaha sendiri. Pendapatan sebagai pengusaha bervariasi dan bisa melebihi gaji karyawan jika usaha dikembangkan dengan baik.

12. Analis Keuangan

Sebagai Analis Keuangan, tugasmu adalah memberikan analisis dan rekomendasi keuangan. Gaji bervariasi dari Rp2 juta hingga Rp14 juta tergantung pada pengalaman dan perusahaan.

13. Staf Purchasing

Staf purchasing bertanggung jawab mengelola bahan baku dan berkomunikasi dengan supplier. Gaji berkisar antara Rp3 juta hingga Rp6 juta, tergantung pada perusahaan.

14. Aktuaris

Aktuaris menganalisis risiko keuangan di masa depan. Gaji untuk posisi ini berkisar antara Rp3 juta hingga Rp14 juta.

15. Supply Chain Management

Supply Chain Manager mengelola peralatan, bahan baku, dan logistik. Gaji bervariasi dari Rp4 juta hingga Rp9 juta tergantung pada perusahaan.

16. Pengajar

Lulusan manajemen bisa menjadi pengajar atau dosen dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Gaji berkisar dari Rp2 juta hingga Rp7 juta.

17. Account Executive

Account Executive bertanggung jawab mencari dan memelihara hubungan dengan klien. Gaji bervariasi dari Rp4,5 juta hingga Rp10 juta.

18. Sales Associate

Sales Associate mendorong prospek untuk melakukan pembelian. Gaji bervariasi dari Rp3 juta hingga Rp7 juta.

19. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis menilai kebutuhan pasar dan mengembangkan strategi bisnis. Gaji bervariasi dari Rp4 juta hingga Rp14 juta tergantung pengalaman.

20. Market Researcher

Market Researcher mengumpulkan data untuk mengetahui pendapat pelanggan dan tren pasar. Gaji berkisar dari Rp5 juta hingga Rp8 juta.

Kesimpulan

Jurusan manajemen menawarkan berbagai peluang karier yang menjanjikan dengan kisaran gaji yang beragam. Dari Business Development hingga Market Researcher, setiap posisi menawarkan peluang untuk berkembang dan mencapai kesuksesan. 

Apakah kamu tertarik mengejar karier di bidang manajemen? Jika ya, mulai cari lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasimu dan raih masa depan yang cerah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar