8 Laptop Murah Terbaik untuk Pelajar Tahun Ini

Daftar Isi
8 Laptop Murah Terbaik untuk Pelajar Tahun Ini

8 Laptop Murah Terbaik untuk Pelajar Tahun Ini - Banyak tugas tapi laptop tidak mendukung? Mau upgrade laptop tapi dana terbatas? Yuk simak rekomendasi laptop murah untuk pelajar dengan spesifikasinya!

Laptop menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh pelajar SMA atau mahasiswa di zaman sekarang. 

Laptop tidak hanya berguna untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, tetapi juga untuk belajar online, menonton film, bersosialisasi dengan teman-teman, atau sekedar bermain game untuk melepas penat. 

Namun, tidak semua pelajar memiliki anggaran yang cukup untuk membeli laptop dengan spesifikasi tinggi atau merek terkenal. 

Berikut adalah rekomendasi laptop murah namun dengan spesifikasi mumpuni yang bisa kamu pilih di pasaran.

Baca jugaRekomendasi Laptop Terbaik untuk Guru, Tingkatkan Produktivitas dan Kualitas Pengajaran

Rekomendasi Laptop untuk Pelajar, Spek Mewah Harga Bersahabat!

1. Acer Aspire 5 Slim A514-54

Laptop pertama yang direkomendasikan hadir dari merk Acer. Acer Aspire 5 Slim A514-54 merupakan pilihan tepat bagi kamu yang membutuhkan laptop untuk kebutuhan sekolah baik untuk kelas online maupun mengerjakan tugas. 

Dengan harga yang terjangkau serta memori RAM 8GB yang memadai, laptop ini mampu menjalankan aplikasi seperti Microsoft Office atau Google Suites dengan lancar. Meskipun masih menggunakan prosesor Intel Core i3, performa laptop ini tetap mampu menunjang aktivitas belajar sehari-hari dengan SSD 512GB.

Spesifikasi Acer Aspire 5 Slim A514-54:

Prosesor: Intel Core i3 1115G4

GPU: Intel UHD Graphics

RAM: 8GB DDR4

Storage: SSD 512GB

Display: 14” LCD Full HD

Harga: Rp6.689.000

2. Asus VivoBook A412DA

Laptop spek pelajar lainnya dari Asus VivoBook A412DA. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 3 3250U yang mampu berjalan hingga 3.5 GHz, RAM 4 GB yang bisa diupgrade hingga 12 GB, SSD 256 GB yang cepat dan hemat daya, kartu grafis AMD Radeon Vega 3 Graphics yang bisa digunakan untuk bermain game ringan atau editing video sederhana. 

Dengan harga yang terjangkau, laptop ini dapat dengan mudah menjalankan aplikasi untuk pelajar seperti Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan browsing internet.

Spesifikasi Asus VivoBook A412DA:

Prosesor: AMD Ryzen 3 3250U

GPU: AMD Radeon Vega 3 Graphics

RAM: 4 GB

Storage: SSD 256 GB

Display: 14 inci FHD dengan bezel tipis NanoEdge

Harga: Rp4.500.000

3. Lenovo IdeaPad Slim 3i

Lenovo IdeaPad Slim 3i cocok untuk pelajar karena memiliki spesifikasi yang lumayan untuk kebutuhan dasar. 

Laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3-1005G1, RAM 4 GB yang bisa diupgrade hingga 12 GB, HDD 1 TB yang luas serta kartu grafis Intel UHD Graphics yang bisa digunakan untuk bermain game atau editing video ringan. 

Aplikasi ringan seperti Word, Excel, bahkan untuk editing di Canva pun bisa dilakukan dengan mudah dengan laptop ini.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad Slim 3i:

Prosesor: Intel Core i3-1115G4

GPU: Intel UHD Graphics

RAM: 4 GB

Storage: SSD 256 GB

Display: 14 inci HD dengan bezel tipis

Harga: Rp5.599.000

4. Acer Aspire 3 A315-42

Laptop murah lainnya dari Acer yang cocok untuk pelajar adalah Acer Aspire 3 A315-42. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 3 3200U, RAM 8 GB, SSD 128 GB, kartu grafis AMD Radeon Vega 3 Graphics yang bisa digunakan untuk bermain game atau editing video ringan. 

Layarnya yang berukuran 15.6 inci HD dengan teknologi Acer ComfyView LED-backlit TFT LCD memberikan pengalaman visual yang nyaman di mata. Baterainya pun bisa bertahan hingga 7 jam pemakaian normal.

Spesifikasi Acer Aspire 3 A315-42:

Prosesor: AMD Ryzen 3 3200U

GPU: AMD Radeon Vega 3 Graphics

RAM: 8 GB

Storage: SSD 128 GB

Display: 15.6 inci HD dengan teknologi Acer ComfyView LED-backlit TFT LCD

Harga: Rp6.699.000

5. HP Notebook 14s-dq1039TU

Laptop murah berikutnya berasal dari HP yang cocok untuk pelajar karena memiliki spesifikasi yang sederhana namun efisien untuk kebutuhan dasar. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Celeron N4500 yang mampu berjalan hingga 2.8 GHz, RAM 8 GB, SSD 256 GB PCIe NVMe M.2 yang cepat dan hemat daya. 

Kartu grafis Intel UHD Graphics yang bisa digunakan untuk bermain game atau editing video ringan. Layarnya yang 14 inci HD dengan teknologi BrightView micro-edge WLED-backlit memberikan kenyamanan di mata serta pengalaman visual yang cerah dan tajam.

Spesifikasi HP Notebook 14s-dq1039TU:

Prosesor: Intel Celeron N4500 2.8 GHz

GPU: Intel UHD Graphics

RAM: 8 GB

Storage: SSD 256 GB

Display: 14 inci HD dengan teknologi BrightView micro-edge WLED-backlit

Harga: Rp4.599.000

6. Asus VivoBook E410MA

Laptop murah selanjutnya yang cocok untuk pelajar SMA adalah Asus VivoBook E410MA. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Celeron N4020 yang mampu berjalan hingga 2.8 GHz, RAM 4 GB yang bisa diupgrade hingga 8 GB, SSD 256 GB PCIe Gen3x2 NVMe M.2 yang cepat dan hemat daya. 

Kartu grafis Intel UHD Graphics 600 yang bisa lancar untuk digunakan mengetik makalah atau membuat grafik desain di Canva.

Spesifikasi Asus VivoBook E410MA:

Prosesor: Intel Celeron N4020 2.8 GHz

GPU: Intel UHD Graphics 600

RAM: 4 GB

Storage: SSD 256 GB

Display: 14 inci FHD dengan bezel tipis NanoEdge dan teknologi anti-glare LED-backlit

Harga: Rp4.199.000

7. Acer Swift 1 SF114-34

Laptop Acer ini cocok untuk pelajar karena memiliki spesifikasi yang ringan dan baterai yang tahan lama. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Pentium Silver N6000 yang mampu berjalan hingga 3.3 GHz, RAM 4 GB LPDDR4X yang hemat daya, SSD 256 GB PCIe NVMe M.2 yang cepat dan hemat daya. 

Kartu grafis Intel UHD Graphics 615 yang bisa digunakan untuk bermain game atau editing video ringan, layar 14 inci FHD dengan teknologi IPS LED-backlit TFT LCD dan Acer ComfyView yang memberikan pengalaman visual yang tajam dan nyaman di mata.

Spesifikasi Acer Swift 1 SF114-34:

Prosesor: Intel Pentium Silver N6000 3.3 GHz

GPU: Intel UHD Graphics 615

RAM: 4 GB

Storage: SSD 256 GB

Display: 14 inci FHD dengan teknologi IPS LED-backlit TFT LCD dan Acer ComfyView

Harga: Rp6.599.000

8. HP 14s fq0562AU

Laptop spek pelajar terakhir datang dari HP 14s fq0562AU dengan dukungan performa responsif dari prosesor AMD Athlon Silver 3050U yang mampu berjalan hingga 3.2 GHz, RAM 4 GB DDR4 yang bisa diupgrade hingga 16 GB, SSD 512 GB PCIe NVMe M.2 yang cepat dan hemat daya. 

Kartu grafis AMD Radeon Graphics yang bisa digunakan untuk segala aktivitas pembelajaran. Layar 14 inci FHD dengan teknologi anti-glare micro-edge WLED-backlit yang memberikan pengalaman visual yang tajam dan nyaman di mata.

Spesifikasi HP 14s fq0562AU:

Prosesor: AMD Athlon Silver 3050U 3.2 GHz

GPU: AMD Radeon Graphics

RAM: 4 GB

Storage: SSD 512 GB

Display: 14 inci FHD dengan teknologi anti-glare micro-edge WLED-backlit

Harga: Rp5.059.000

Baca juga: Cara Memilih Laptop yang Bagus untuk Mahasiswa dan Pelajar

Kriteria Laptop Murah untuk Pelajar

Itu tadi adalah rekomendasi laptop spek pelajar yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau namun dengan spek yang mumpuni. Sebelum membeli laptop, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

1. Spesifikasi

Spesifikasi adalah hal pertama yang harus kamu cek saat memilih laptop. Spesifikasi meliputi prosesor, RAM, hard disk, kartu grafis, layar, baterai, dan lain-lain. Spesifikasi ini menentukan kinerja dan performa laptop kamu. Sebagai pelajar, kamu tentu ingin laptop yang bisa berjalan lancar tanpa lag atau nge-hang saat digunakan.

Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan spesifikasi minimal seperti berikut: prosesor Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3 generasi terbaru, RAM 4 GB atau lebih, hard disk 500 GB atau SSD 128 GB atau lebih, kartu grafis terintegrasi atau diskrit minimal 2 GB (jika kamu suka bermain game), layar 14 inci atau lebih dengan resolusi HD atau FHD, dan baterai minimal 3 jam.

2. Kualitas

Kualitas adalah hal kedua yang harus kamu perhatikan saat memilih laptop. Kualitas meliputi desain, bahan, ketahanan, garansi, dari laptop tersebut. Sebagai pelajar, kamu tentu ingin laptop yang awet dan tahan lama, serta mudah dibawa-bawa ke mana-mana.

Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan kualitas baik seperti berikut: desain ringan dan tipis, bahan kuat dan anti gores, ketahanan terhadap benturan atau air (jika ada), garansi minimal 1 tahun, dan layanan purna jual yang mudah diakses dan responsif.

3. Fitur

Fitur adalah hal ketiga yang harus kamu perhatikan saat memilih laptop. Fitur meliputi kamera, mikrofon, speaker, keyboard, touchpad, port, wifi, bluetooth, dan lain-lain. 

Fitur ini menentukan kenyamanan dan kemudahan kamu saat menggunakan laptop. Sebagai pelajar, kamu tentu ingin laptop yang bisa mendukung aktivitas kamu sehari-hari, seperti belajar online, video call, presentasi, atau hiburan.

Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan fitur lengkap dan berkualitas seperti berikut: kamera minimal 1 MP atau lebih (jika kamu sering video call), mikrofon dan speaker yang jernih dan keras (jika kamu sering presentasi atau menonton film), 

keyboard yang nyaman dan ergonomis (jika kamu sering mengetik), touchpad yang responsif dan presisi (jika kamu tidak suka menggunakan mouse), port yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan kamu (seperti USB 3.0, HDMI, audio jack, dll), wifi dan bluetooth yang stabil dan cepat (jika kamu sering terhubung dengan internet atau perangkat lain).

4. Harga

Harga adalah hal keempat yang harus kamu perhatikan saat memilih laptop. Harga menentukan ketersediaan dan kelayakan laptop tersebut untuk kamu beli. Sebagai pelajar, kamu tentu ingin laptop yang sesuai dengan anggaran kamu, tanpa mengorbankan kualitas atau fitur yang kamu butuhkan.

Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan harga terjangkau dan kompetitif seperti berikut: laptop standar untuk kebutuhan standar harga di bawah Rp10 juta, laptop murah dengan spesifikasi memadai harga di bawah Rp7 juta, laptop murah dengan spesifikasi minimalis harga di bawah Rp5 juta.

Itulah delapan laptop murah untuk pelajar yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop nanti baik di marketplace atau di toko langsung secara offline. Pertmbangkan semua spesifikasi dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa di share yah.

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar