Info Terbaru PPDB SMA dan SMK Yogyakarta 2024: Jadwal, Proses, dan Pengumuman

Daftar Isi
Info Terbaru PPDB SMA/SMK Yogyakarta 2024: Jadwal, Proses, dan Pengumuman

Info Terbaru PPDB SMA/SMK Yogyakarta 2024 - Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK di Yogyakarta untuk tahun 2024 akan dilaksanakan pada 28 Juni 2024 di masing-masing sekolah pada pukul 10.00 WIB. 

Pengumuman ini menandai puncak dari serangkaian proses yang telah dilalui oleh calon peserta didik. Proses ini penting untuk memastikan bahwa semua peserta didik baru yang diterima sudah melalui tahapan seleksi yang transparan dan adil.

Tahapan PPDB SMA/SMK 2024

Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD)

Proses PPDB dimulai dengan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) yang berlangsung dari 15-24 Mei untuk pendaftaran, dengan pelaksanaan ASPD pada 30 dan 31 Mei. 

Tahap awal ini sangat krusial untuk menilai kemampuan dasar calon peserta didik. ASPD menjadi landasan bagi seleksi berikutnya, memastikan bahwa peserta didik memiliki kompetensi yang memadai untuk melanjutkan pendidikan di tingkat SMA/SMK.

Baca juga: RBSE 10th Result 2024: Update Terbaru dan Cara Cek Hasil

Input Data dan Pengecekan NIK

Setelah ASPD, calon peserta didik yang lulus dari luar DIY dan lulusan DIY sebelum tahun 2024 harus melakukan input data secara online di situs ppdb.jogjaprov.go.id mulai 20 Mei hingga 6 Juni 2024. 

Pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK) juga dilakukan pada periode ini untuk memastikan data kependudukan valid. Pengecekan NIK wajib bagi seluruh calon peserta didik, memastikan data yang digunakan dalam proses seleksi adalah data yang akurat dan sah.

Verifikasi Dokumen dan Pendataan Radius

Verifikasi Dokumen

Bagi peserta yang mendaftar melalui jalur afirmasi, perpindahan tugas orangtua, atau penambahan nilai akademik/non-akademik, verifikasi dokumen dilakukan pada 3-6 Juni 2024. 

Proses ini penting untuk memvalidasi kelayakan peserta dalam jalur pendaftaran yang dipilih, memastikan bahwa mereka memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan.

Pendataan Radius Tempat Tinggal

Pendataan radius tempat tinggal calon peserta didik dilakukan secara daring melalui laman ppdb.jogjaprov.go.id pada 3-6 Juni dan ditutup pada pukul 15.00 WIB. Pendataan ini berfungsi untuk menentukan zonasi penerimaan siswa berdasarkan jarak tempat tinggal dengan sekolah. 

Pendekatan ini memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan kesempatan yang adil untuk diterima di sekolah terdekat dari tempat tinggal mereka.

Pengajuan Akun dan Aktivasi PIN/Token

Pengajuan Akun dan Aktivasi PIN/Token

Calon peserta didik diminta untuk mengajukan akun dan melakukan aktivasi PIN atau token pada 13-21 Juni 2024 hingga pukul 12.00 WIB. 

Langkah ini merupakan persiapan teknis untuk pendaftaran resmi. Aktivasi ini memastikan bahwa setiap peserta didik memiliki akses yang sah dan aman ke sistem pendaftaran online, mencegah adanya manipulasi data atau penyalahgunaan sistem.

Pendaftaran dan Seleksi PPDB

Jalur Zonasi, Afirmasi, dan Perpindahan Tugas Orangtua

Pendaftaran dan seleksi PPDB melalui jalur zonasi radius, jalur afirmasi, dan perpindahan tugas orangtua dilakukan pada 24-25 Juni 2024, ditutup pada pukul 16.00 WIB. 

Jalur ini memberikan prioritas kepada peserta didik yang tinggal di sekitar sekolah, peserta afirmasi yang memerlukan perlakuan khusus, serta anak dari orangtua yang dipindah tugaskan.

Jalur Zonasi Reguler dan Prestasi

Sementara itu, pendaftaran melalui jalur zonasi reguler dan prestasi dibuka pada 26-27 Juni 2024 dan ditutup pada pukul 15.59 WIB. Jalur ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dengan prestasi akademik atau non-akademik yang luar biasa untuk diterima di sekolah pilihan mereka.

Pengumuman dan Daftar Ulang

Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 28 Juni 2024 di masing-masing sekolah pada pukul 10.00 WIB. Setelah pengumuman, peserta didik yang diterima diharapkan untuk melakukan daftar ulang di sekolah masing-masing pada 1-3 Juli 2024. 

Proses daftar ulang ini penting untuk mengonfirmasi kesediaan peserta didik untuk bersekolah di tempat yang telah menerima mereka.

Pengisian Daya Tampung Sekolah

Pada 3 Juli juga akan diumumkan daya tampung sekolah yang belum terisi. Pendaftaran dan seleksi untuk pemenuhan daya tampung sekolah dilakukan pada 4-5 Juli 2024 dan ditutup pada pukul 11.00 WIB. 

Pengumuman hasil seleksi pemenuhan daya tampung dilakukan pada 5 Juli, dan daftar ulang pada 8 Juli 2024. Langkah ini memastikan bahwa semua sekolah dapat mengisi kuota siswa yang tersedia secara optimal.

Penutup

Proses PPDB SMA/SMK di Yogyakarta tahun 2024 melibatkan berbagai tahap yang harus dilalui oleh calon peserta didik. Dari ASPD hingga pengecekan NIK, verifikasi dokumen, hingga akhirnya pendaftaran dan seleksi, setiap tahapan ini dirancang untuk memastikan bahwa proses penerimaan berjalan transparan dan adil. 

Ini memberikan kesempatan yang sama bagi semua calon peserta didik untuk mendapatkan pendidikan yang mereka butuhkan. Pastikan untuk mengikuti setiap tahapan dengan teliti agar tidak terlewatkan dan tetap mematuhi jadwal yang telah ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar