6 Cara Cepat dan Efektif Belajar TOEFL

Daftar Isi

6 Cara Cepat dan Efektif Belajar TOEFL

Pelajarnews.com - Cara Cepat dan Efektif Belajar TOEFL Bagi Pemula. Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL) adalah tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang bukan penutur asli. 

Tes ini penting dalam berbagai aspek, mulai dari persyaratan pendaftaran beasiswa, melamar pekerjaan di perusahaan ternama, hingga syarat kelulusan di beberapa universitas di Indonesia. TOEFL sangat relevan baik untuk keperluan profesional maupun akademis.

Jenis-Jenis TOEFL: TOEFL IBT dan TOEFL ITP

Untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda, TOEFL dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu TOEFL IBT (Internet Based Test) dan TOEFL ITP (Institutional Testing Program). Berikut adalah penjelasan detail mengenai kedua jenis tes tersebut.

TOEFL IBT

TOEFL IBT adalah tes berbasis internet yang dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris. Tes ini mencakup empat komponen utama:

  • Writing
  • Reading
  • Listening
  • Speaking

Tes TOEFL IBT memerlukan waktu sekitar 4,5 jam untuk diselesaikan. Meskipun memakan waktu yang cukup lama, hasil dari tes ini diakui secara internasional, sehingga setara dengan usaha yang kamu keluarkan. Biaya yang perlu disiapkan untuk mengikuti tes ini adalah sekitar Rp2,5 juta.

TOEFL ITP

Berbeda dengan TOEFL IBT, TOEFL ITP digunakan lebih untuk keperluan akademis atau melamar pekerjaan di dalam negeri. Tes ini terdiri dari beberapa komponen, antara lain:

  • Structure and Written Expression
  • Listening Comprehension
  • Vocabulary and Reading Comprehension

Durasi tes TOEFL ITP adalah sekitar 115 menit untuk level 1 dan 70 menit untuk level 2. Hasil tes ini hanya berlaku untuk wilayah lokal dan institusi tertentu. Biaya yang diperlukan untuk mengikuti tes ini berkisar antara Rp475.000 hingga Rp600.000.

Perbedaan Antara TOEFL IBT dan TOEFL ITP

AspekTOEFL IBTTOEFL ITP
MetodeOnlineOffline
Komponen TesWriting, Reading, Listening, SpeakingStructure, Listening, Reading, Vocabulary
DurasiSekitar 4,5 jam115 menit (level 1), 70 menit (level 2)
PengakuanInternasionalLokal
BiayaRp2,5 jutaRp475.000 - Rp600.000

Cara Efektif Belajar TOEFL bagi Pemula

6 Cara Cepat dan Efektif Belajar TOEFL

Persiapan yang matang sangat diperlukan sebelum mengikuti tes TOEFL. Berikut adalah beberapa cara efektif yang dapat kamu ikuti, terutama bagi pemula dalam berbahasa Inggris.

1. Perbanyak Kosa Kata

Menghafal kosa kata dapat dilakukan melalui hal-hal yang kamu sukai, seperti menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, mendengarkan lagu berbahasa Inggris, atau membaca buku dalam bahasa Inggris. Melalui cara ini, kamu akan menemukan banyak kosa kata baru dan dapat mencari arti serta sinonim dari tiap kata yang kamu temui. Cara ini membuat hafalan kosa katamu bertambah dengan sendirinya tanpa merasa terbebani.

2. Dengarkan Podcast

Bagi yang memiliki gaya belajar auditori, mendengarkan podcast bisa menjadi opsi terbaik untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan (listening skill). Biasakan diri mendengarkan kalimat-kalimat berbahasa Inggris dari penutur asli sehingga saat tes TOEFL, kamu tidak akan kesulitan. Pilih podcast sesuai seleramu, baik itu komedi, berita, atau topik menarik lainnya.

3. Intensif Tingkatkan Reading Skill

Untuk meningkatkan kemampuan membaca (reading skill), bacalah berita atau artikel online secara intensif. Ini membantu memahami kelas kata dan penggunaan tata bahasa (grammar). Agar hasilnya maksimal, buatlah jadwal rutin untuk meningkatkan kemampuan membaca setiap hari.

4. Latih Speaking Skill Secara Otodidak

Melatih kemampuan berbicara (speaking skill) bisa dilakukan secara mandiri, misalnya dengan berbicara di depan cermin. Cara ini membantu belajar pengucapan yang benar serta menghafal kosakata yang telah dipelajari sebelumnya. Selain itu, cara ini juga meningkatkan rasa percaya diri.

5. Latihan Soal

Selain cara yang menyenangkan, latihan soal juga penting agar memahami tipe-tipe soal TOEFL. Gunakan sumber latihan dari buku atau website resmi. Pastikan latihan sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk IBT atau ITP. Dengan latihan yang banyak, kamu dapat mengukur kemampuan dan mengevaluasi aspek yang perlu dipelajari lebih dalam.

6. Ikut Mentoring

Setelah konsisten menerapkan tips di atas, kamu bisa mengikuti sesi mentoring untuk mendapatkan bimbingan dari pengajar ahli di bidang bahasa Inggris. Kelas mentoring membantu memahami format dan tipe soal TOEFL serta memberikan umpan balik yang berguna untuk evaluasi kemampuan bahasa Inggrismu. Kelas ini juga membantu lebih disiplin dalam berlatih karena sudah dijadwalkan.

Kesimpulan

TOEFL adalah tes penting yang mengukur kemampuan bahasa Inggris bagi non-penutur asli. Terdapat dua jenis utama TOEFL, yaitu TOEFL IBT dan TOEFL ITP, yang masing-masing memiliki tujuan dan metode yang berbeda. Persiapan yang matang dengan berbagai metode belajar efektif sangat penting untuk mencapai hasil terbaik dalam tes ini. 

Dengan usaha dan dedikasi, kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan meraih skor TOEFL yang diinginkan. Selamat belajar dan semoga sukses!

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar