Pelajar SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di Simulasi Sidang PBB Harvard

Daftar Isi

Pelajar SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di Simulasi Sidang PBB Harvard


PELAJARNEWS.COM
- Pelajar SMA Labschool Jakarta, Mengikuti kompetisi simulasi sidang PBB skala internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Harvard dengan nama Harvard Model United Nations (HMUN) 2024. 

Bertajuk Harvard Model United Nations (HMUN), yang diadakan oleh Universitas Harvard pada 25 sampai 28 Januari 2024 di Hotel Sheraton, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Kenapa? Untuk menguji wawasan dan keterampilan berdebat dan bernegosiasi siswa, sekaligus membangun kolaborasi dan jejaring internasional.

Para siswa sudah mengikuti serangkaian pelatihan selama empat bulan di sekolah, dan mendapatkan bimbingan dari guru-guru dan kepala sekolah.

Boston, Kompas.com - Sebanyak 40 siswa SMA Labschool Jakarta menjadi satu-satunya delegasi Indonesia yang mengikuti kompetisi simulasi sidang PBB skala internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Harvard dengan nama Harvard Model United Nations (HMUN) 2024.

Baca juga: Siswa SMA di Ambon Dihantam Gelas Kaca oleh Pelajar Lain, Alami 35 Jahitan di Wajah

HMUN 2024 merupakan persidangan yang ke-71 yang diadakan pada 25-28 Januari 2024 di Hotel Sheraton, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. HMUN adalah ajang lomba simulasi sidang PBB tertua dan paling bergengsi di dunia.

Menurut Angela Dela Cruz, Sekretaris Jenderal HMUN 2024, dalam pidato pembukaannya, HMUN 2024 diikuti oleh 4.000 siswa sekolah menengah, yang berasal dari 250 sekolah dari 50 negara.

Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro, mengatakan bahwa keikutsertaan Labschool dalam HMUN menjadi tantangan untuk menguji wawasan dan keterampilan berdebat dan bernegosiasi siswa, sekaligus momentum membangun kolaborasi dan jejaring internasional.

“Kesempatan mahal bagi siswa kami membangun dialog dalam kebinekaan global, nalar kritis, mensimulasikan diri seperti diplomat, dan kreatif membuat resolusi. Menjadi wujud nyata pengembangan Profil Pelajar Pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka,” ujar Suparno dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/1/2024).

Pelajar SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di Simulasi Sidang PBB Harvard
Pelajar SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di Simulasi Sidang PBB Harvard

Dia menambahkan, para siswa sudah mengikuti serangkaian pelatihan selama empat bulan di sekolah, dan mendapatkan bimbingan dari guru-guru dan kepala sekolah.

“Kami ingin performa siswa optimal. Kesempatan luar biasa memenuhi undangan Harvard. Meskipun kompetisi menang kalah biasa. Tapi membangun percaya diri dan mengasah kepemimpinan diantara empat ribu siswa dari lima puluh negara, itu yang luar biasa,” ungkapnya.

Baca juga: Pelajar SMA Masih Dominasi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Tahun 2023

Salah satu siswa yang ikut dalam delegasi Labschool, Muhammad Rafi Rahmadana, mengaku senang dan terharu bisa menginjakkan kaki di Amerika Serikat, mengikuti HMUN, dan berkunjung ke Universitas Harvard.

“Rangkaian HMUN itu lumayan berat, kami dilatih berbulan-bulan untuk debat, negosiasi, memimpin aliansi, riset, membuat position paper. Apalagi di sini sedang musim dingin sampai minus 7 derajat, beda banget sama Indonesia. Tapi saya terharu bahagia bisa ke Harvard,” kata Rafi.

Selain mengikuti HMUN, para siswa Labschool juga berkesempatan bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, yang tengah mengikuti agenda sidang di Dewan Keamanan PBB.

Retno memberikan nasihat kepada para siswa agar tetap optimistis dalam menatap masa depan, membangun koneksi global, dan ikut berpartisipasi dalam membangun dunia lebih baik.

“Sebab, tantangan generasi ke depan makin kompleks,” kata Retno.

Retno juga mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki peran aktif dan strategis di kancah politik global, agar bisa mewujudkan perdamaian dunia.

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar