Cara Presensi Online Mahasiswa UNTAN

Table of Contents

Cara Presensi Online Mahasiswa UNTAN

Pelajarnews.com - Artikel ini menjelaskan cara presensi online mahasiswa UNTAN dengan langkah-langkah yang mudah dan jelas. Artikel ini juga memberikan tips dan trik untuk melakukan presensi online dengan lancar dan efektif.

Presensi online merupakan salah satu syarat penting bagi mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN) untuk mengikuti perkuliahan secara daring. 

Baca juga: Cara Mahasiswa Mencari Uang Sambil Kuliah di Tahun 2024

Presensi online dapat dilakukan melalui website atau aplikasi khusus yang disediakan oleh UNTAN. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti oleh mahasiswa UNTAN untuk melakukan presensi online.

{getToc} $title={Table of Contents}

Persiapan Sebelum Presensi Online

Sebelum melakukan presensi online, mahasiswa UNTAN harus mempersiapkan beberapa hal berikut:

Akun SSO (Single Sign-On) UNTAN. 

Akun ini diberikan oleh UNTAN kepada setiap mahasiswa yang terdaftar. Akun ini digunakan untuk mengakses berbagai layanan online yang disediakan oleh UNTAN, termasuk presensi online. Akun ini terdiri dari username (NIM) dan password yang harus diingat oleh mahasiswa.

Perangkat yang terhubung dengan internet.

Presensi online dapat dilakukan melalui komputer, laptop, tablet, atau smartphone yang terhubung dengan internet. Pastikan perangkat Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup cepat untuk mengakses website atau aplikasi presensi online UNTAN.

Website atau aplikasi presensi online UNTAN. 


Mahasiswa UNTAN dapat memilih salah satu dari dua cara berikut untuk melakukan presensi online:

  • Melalui website resmi UNTAN (www.untan.ac.id). Mahasiswa dapat mengunjungi website ini dan masuk ke halaman login dengan menggunakan akun SSO UNTAN. Setelah masuk, mahasiswa dapat memilih menu “Presensi Online” pada halaman dashboard.
  • Melalui aplikasi khusus Presensi Online UNTAN. Mahasiswa dapat mengunduh aplikasi ini dari Play Store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOS. Setelah menginstal aplikasi ini, mahasiswa dapat membukanya dan masuk dengan menggunakan akun SSO UNTAN. Setelah masuk, mahasiswa dapat melihat daftar mata kuliah yang dapat diabsen.

Langkah-Langkah Presensi Online

Setelah mempersiapkan hal-hal di atas, mahasiswa UNTAN dapat melakukan presensi online dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih mata kuliah yang akan diabsen. Mahasiswa dapat melihat daftar mata kuliah yang tersedia untuk diabsen pada website atau aplikasi presensi online UNTAN. Pilih mata kuliah yang sesuai dengan jadwal perkuliahan Anda pada hari dan jam tersebut.
  • Klik tombol “Absen”. Setelah memilih mata kuliah yang akan diabsen, mahasiswa dapat mengklik tombol “Absen” yang ada di sebelah kanan nama mata kuliah tersebut. Tombol ini akan berubah menjadi hijau jika presensi berhasil dilakukan.
  • Tunggu konfirmasi dari dosen. Setelah mengklik tombol “Absen”, mahasiswa harus menunggu konfirmasi dari dosen yang mengajar mata kuliah tersebut. Konfirmasi ini biasanya berupa kode unik yang diberikan oleh dosen melalui media sosial, email, atau platform pembelajaran online lainnya. Mahasiswa harus memasukkan kode unik ini ke dalam kolom yang tersedia pada website atau aplikasi presensi online UNTAN untuk memvalidasi presensi mereka.
  • Selesai. Setelah memasukkan kode unik yang diberikan oleh dosen, mahasiswa telah selesai melakukan presensi online. Mahasiswa dapat melihat status presensi mereka pada website atau aplikasi presensi online UNTAN. Status presensi ini akan berpengaruh pada nilai kehadiran mahasiswa pada mata kuliah tersebut.

Tips dan Trik Presensi Online

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu mahasiswa UNTAN untuk melakukan presensi online dengan lancar dan efektif:

  • Lakukan presensi online sesuai dengan jadwal perkuliahan. Jangan melakukan presensi online pada mata kuliah yang tidak sesuai dengan jadwal Anda pada hari dan jam tersebut. Hal ini dapat menyebabkan presensi Anda tidak valid atau bahkan dianggap sebagai tindakan curang.
  • Pastikan perangkat Anda memiliki baterai yang cukup. Jangan biarkan perangkat Anda kehabisan baterai saat melakukan presensi online. Hal ini dapat menyebabkan presensi Anda gagal atau terputus. Pastikan perangkat Anda memiliki baterai yang cukup atau terhubung dengan sumber daya yang aman.
  • Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat. Jangan menggunakan koneksi internet yang lemah atau lambat saat melakukan presensi online. Hal ini dapat menyebabkan presensi Anda terlambat atau tidak terkirim. Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat untuk menghindari masalah ini.
  • Jangan lupa untuk memasukkan kode unik dari dosen. Jangan mengabaikan kode unik yang diberikan oleh dosen saat melakukan presensi online. Kode unik ini merupakan bukti bahwa Anda telah mengikuti perkuliahan secara daring. Jika Anda tidak memasukkan kode unik ini, presensi Anda tidak akan valid atau bahkan dianggap sebagai tindakan curang.

Demikianlah cara presensi online mahasiswa UNTAN yang dapat saya sampaikan. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam melakukan presensi online dengan mudah dan benar. Terima kasih telah menggunakan layanan Copilot.

Pelajar News
Pelajar News Pelajar News hadir untuk menjadi jembatan informasi pendidikan bagi para pelajar Indonesia.

Post a Comment