Hal-hal yang Dilarang Sebelum, Selama, dan Sesudah UTBK SNBT 2023

Hal-hal yang Dilarang Sebelum, Selama, dan Sesudah UTBK SNBT 2023

Pelajarnews.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu tahapan dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. UTBK SNBT 2023 akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu pada tanggal 8-14 Mei 2023 dan 22-28 Mei 2023. 

Bagi Anda yang akan mengikuti UTBK SNBT 2023, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, terutama mengenai larangan-larangan yang berlaku sebelum, selama, dan sesudah ujian. Apa saja larangan tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Larangan Sebelum Ujian UTBK SNBT 2023

Sebelum mengikuti UTBK SNBT 2023, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Ada beberapa hal yang dilarang dilakukan sebelum ujian, yaitu:

  • Mendaftar lebih dari satu kali. Anda hanya boleh mendaftar UTBK SNBT 2023 satu kali saja. Jika Anda mendaftar lebih dari satu kali, maka pendaftaran Anda akan dibatalkan dan Anda tidak dapat mengikuti ujian.
  • Mengikuti UTBK SNBT 2023 jika sudah lulus seleksi lain. Anda tidak boleh mengikuti UTBK SNBT 2023 jika Anda sudah lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023, atau SNMPTN 2022. Jika Anda tetap mengikuti UTBK SNBT 2023, maka hasil ujian Anda tidak akan diakui dan Anda tidak dapat mendaftar ke PTN manapun.
  • Tidak membawa dokumen yang diperlukan. Anda harus membawa dokumen yang diperlukan untuk mengikuti UTBK SNBT 2023, yaitu KTP elektronik asli atau KTP asli yang masih berlaku, atau Surat Keterangan Pengganti KTP yang masih berlaku, atau Kartu Keluarga asli atau salinan Kartu Keluarga yang dilegalisir basah oleh pejabat yang berwenang, dan kartu peserta seleksi. Jika Anda tidak membawa dokumen tersebut, Anda tidak akan diperbolehkan masuk ruang ujian atau dianggap gugur.
  • Tidak membayar biaya UTBK. Anda harus membayar biaya UTBK sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh BKN. Jika Anda tidak membayar biaya UTBK, Anda tidak akan mendapatkan PIN registrasi dan tidak dapat mengikuti ujian.

Larangan Selama Ujian UTBK SNBT 2023

Hal-hal yang Dilarang Sebelum, Selama, dan Sesudah UTBK SNBT 2023

Selama mengikuti UTBK SNBT 2023, Anda harus mengikuti tata tertib yang berlaku. Ada beberapa hal yang dilarang dilakukan selama ujian, yaitu:
  • Terlambat hadir. Anda harus hadir paling lambat 60 menit sebelum ujian dimulai atau sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh masing-masing instansi. Jika Anda terlambat hadir, Anda tidak akan diperbolehkan masuk ruang ujian atau dianggap gugur.
  • Membawa barang-barang yang tidak diperbolehkan. Anda tidak boleh membawa barang-barang yang tidak diperbolehkan ke dalam ruang ujian, seperti buku, catatan, kalkulator, HP, kamera, jam tangan, alat tulis, senjata api, senjata tajam, makanan, dan minuman. Jika Anda kedapatan membawa barang-barang tersebut, Anda akan didiskualifikasi dan hasil ujian Anda tidak akan diakui.
  • Menggunakan komputer selain untuk aplikasi CAT. Anda hanya boleh menggunakan komputer yang disediakan oleh panitia untuk menjalankan aplikasi CAT. Anda tidak boleh menggunakan komputer untuk hal-hal lain, seperti membuka internet, mengirim email, bermain game, dan sebagainya. Jika Anda kedapatan melakukan hal-hal tersebut, Anda akan didiskualifikasi dan hasil ujian Anda tidak akan diakui.
  • Bertanya, berbicara, atau memberi tanda dengan peserta lain. Anda harus fokus pada ujian Anda sendiri dan tidak boleh bertanya, berbicara, atau memberi tanda dengan peserta lain. Jika Anda kedapatan melakukan hal-hal tersebut, Anda akan didiskualifikasi dan hasil ujian Anda tidak akan diakui.
  • Keluar ruang ujian tanpa izin. Anda tidak boleh keluar ruang ujian tanpa izin dari panitia. Jika Anda harus keluar ruang ujian karena keadaan darurat, Anda harus mendapatkan izin dari panitia dan tidak boleh membawa apapun dari ruang ujian. Jika Anda keluar ruang ujian tanpa izin, Anda akan didiskualifikasi dan hasil ujian Anda tidak akan diakui.

Larangan Sesudah Ujian UTBK SNBT 2023

Hal-hal yang Dilarang Sebelum, Selama, dan Sesudah UTBK SNBT 2023

Sesudah mengikuti UTBK SNBT 2023, Anda harus menunggu pengumuman hasil ujian yang akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2023. Ada beberapa hal yang dilarang dilakukan sesudah ujian, yaitu:
  • Mengikuti seleksi jalur mandiri jika sudah lulus SNBT. Anda tidak boleh mengikuti seleksi jalur mandiri di PTN manapun jika Anda sudah dinyatakan lulus SNBT. Jika Anda tetap mengikuti seleksi jalur mandiri, maka hasil seleksi Anda tidak akan diakui dan Anda tidak dapat mendaftar ke PTN manapun.
  • Mengundurkan diri setelah daftar ulang atau registrasi. Anda harus memastikan pilihan PTN dan program studi Anda sebelum mendaftar ulang atau registrasi. Jika Anda sudah mendaftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju, Anda tidak boleh mengundurkan diri atau membatalkan pendaftaran Anda. Jika Anda mengundurkan diri atau membatalkan pendaftaran Anda, Anda tidak dapat mendaftar ke PTN manapun lagi.
  • Mengubah data atau dokumen yang sudah diserahkan. Anda harus memastikan data atau dokumen yang Anda serahkan kepada panitia sudah benar dan sesuai dengan persyaratan. Jika Anda mengubah data atau dokumen yang sudah diserahkan, Anda akan didiskualifikasi dan hasil ujian Anda tidak akan diakui.

Demikianlah ulasan tentang hal-hal yang dilarang sebelum, selama, dan sesudah UTBK SNBT 2023. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang akan mengikuti ujian tersebut. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti aturan yang berlaku. Semoga sukses!

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال