Senin, Hari Spesial Pelajar Naik ke Candi Borobudur dengan Tiket Rp 50 Ribu

Senin, Hari Spesial Pelajar Naik ke Candi Borobudur dengan Tiket Rp 50 Ribu

pelajarnews.com - Bagi pelajar yang ingin menjelajahi Candi Borobudur, ada kabar baik nih. Mulai pekan depan, setiap Senin, pelajar bisa naik ke bangunan candi dengan tiket Rp 50 ribu. Selain itu, mereka juga akan mendapat fasilitas guide dan sandal upanat. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.

Senin, Hari Spesial Pelajar Naik ke Candi Borobudur dengan Tiket Rp 50 Ribu

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik banyak pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Candi yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini menyimpan banyak pesona dan sejarah yang menarik untuk diketahui. 

Baca juga: Syarat Gaji Orangtua agar Siswa Bisa Daftar KIP Kuliah 2024

Namun, selama ini, pengunjung yang bisa naik ke bangunan candi dibatasi hanya 1.200 orang per hari. Jadwal kunjungan naik ke bangunan candi juga hanya berlaku dari Selasa sampai Minggu. Lalu, bagaimana dengan hari Senin?

Pelajar Bisa Naik ke Candi Borobudur Tiap Senin

Mulai Senin (19/2/2024) pekan depan, ada kabar gembira nih bagi pelajar yang ingin naik ke Candi Borobudur. Setiap Senin, pelajar bisa naik ke bangunan candi dengan tiket masuk Rp 50 ribu. Tiket ini sudah termasuk fasilitas guide dan sandal upanat. Tentu saja, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelajar yang ingin naik ke Candi Borobudur tiap Senin. Apa saja itu?

Syarat dan Ketentuan Naik ke Candi Borobudur Tiap Senin

Untuk bisa naik ke Candi Borobudur tiap Senin, pelajar harus melakukan reservasi terlebih dahulu secara online. Reservasi ini mulai dibuka pada Selasa (13/2/2024) untuk kunjungan pada Senin (19/2/2024). Reservasi ini dibatasi hanya untuk 1.200 pelajar per hari. Selain itu, pelajar juga harus menunjukkan kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah saat membeli tiket masuk.

Fasilitas Guide dan Sandal Upanat

Salah satu keuntungan yang didapat oleh pelajar yang naik ke Candi Borobudur tiap Senin adalah mendapat fasilitas guide dan sandal upanat. 

Guide adalah pemandu yang akan memberikan penjelasan mengenai Candi Borobudur, mulai dari sejarah, arsitektur, relief, stupa, hingga makna filosofisnya. Guide ini akan mendampingi pelajar sejak mereka memasuki Museum Karmawibhangga atau Museum Borobudur, hingga naik ke bangunan candi.

Baca juga: 5 Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan Indonesia

Sandal upanat adalah sandal khusus yang harus dipakai oleh pelajar yang naik ke Candi Borobudur. Sandal ini berbentuk seperti kaki manusia, dengan jari-jari yang terpisah. 

Sandal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesucian Candi Borobudur, serta menghindari kerusakan akibat gesekan sepatu atau sandal biasa. Sandal upanat ini akan dipinjamkan kepada pelajar saat mereka berada di Museum Samudra Raksa, dan harus dikembalikan setelah turun dari bangunan candi.

Rute Kunjungan Naik ke Candi Borobudur Tiap Senin

Rute kunjungan naik ke Candi Borobudur tiap Senin bagi pelajar berbeda dengan rute kunjungan reguler. Setelah membeli tiket masuk, pelajar akan diajak menuju Museum Karmawibhangga atau Museum Borobudur.

 Di sana, mereka akan mendapatkan penjelasan mengenai koleksi yang berada di museum tersebut, seperti relief, arca, peralatan, hingga maket Candi Borobudur.

Setelah itu, pelajar akan diajak menuju Museum Samudra Raksa, yang berada di seberang Museum Borobudur. Di sana, mereka akan dipinjami sandal upanat sesuai ukuran. Kemudian, mereka akan berjalan menuju Candi Borobudur, yang berjarak sekitar 500 meter dari Museum Samudra Raksa. 

Di Candi Borobudur, pelajar akan naik ke bangunan candi, mulai dari kaki, badan, hingga puncak candi. Di setiap tingkat, guide akan memberikan penjelasan mengenai relief, stupa, arca, dan makna simbolisnya.

Setelah turun dari bangunan candi, pelajar akan mengembalikan sandal upanat di Museum Samudra Raksa. Lalu, mereka bisa melanjutkan kunjungan ke tempat-tempat lain di kawasan Candi Borobudur, seperti Taman Lumbini, Candi Pawon, Candi Mendut, hingga Pasar Seni Kujon.

Manfaat Naik ke Candi Borobudur Tiap Senin bagi Pelajar

Naik ke Candi Borobudur tiap Senin bagi pelajar bukan hanya sekadar wisata, tetapi juga sarana edukasi dan apresiasi budaya. 

Dengan naik ke Candi Borobudur, pelajar bisa belajar banyak hal tentang Candi Borobudur, yang merupakan warisan budaya dunia dan salah satu keajaiban dunia. Pelajar bisa mengetahui sejarah, arsitektur, relief, stupa, arca, dan makna filosofis Candi Borobudur, yang merupakan karya agung peradaban manusia.

Selain itu, dengan naik ke Candi Borobudur, pelajar juga bisa menghargai dan melestarikan Candi Borobudur sebagai warisan budaya bangsa. Pelajar bisa menjaga kebersihan dan kesucian Candi Borobudur dengan memakai sandal upanat. 

Baca juga: Pelajar SMA Masih Dominasi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Tahun 2023

Pelajar juga bisa menghormati dan menghargai Candi Borobudur sebagai tempat suci agama Buddha, yang memiliki nilai-nilai luhur seperti kedamaian, kasih sayang, dan kebijaksanaan.

Naik ke Candi Borobudur tiap Senin bagi pelajar juga bisa memberikan pengalaman dan kenangan yang berharga. Pelajar bisa menikmati keindahan dan kemegahan Candi Borobudur dari dekat, serta merasakan suasana yang tenang dan damai. 

Pelajar juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang Candi Borobudur, yang tentunya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Akhir kata

Naik ke Candi Borobudur tiap Senin bagi pelajar adalah program yang sangat menarik dan bermanfaat. Dengan program ini, pelajar bisa naik ke bangunan candi dengan tiket Rp 50 ribu, serta mendapat fasilitas guide dan sandal upanat. 

Pelajar juga bisa belajar, menghargai, dan menikmati Candi Borobudur sebagai warisan budaya dunia dan keajaiban dunia. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, reservasi sekarang juga dan naik ke Candi Borobudur tiap Senin.

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال