Waktu Terakhir Daftar Beasiswa Sobat Bumi 2024, Ini Syarat dan Manfaatnya

Waktu Terakhir Daftar Beasiswa Sobat Bumi 2024

Pelajarnews.com - Hari ini, Sabtu (24/2/2024), adalah batas akhir pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi 2024 yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa dari 38 perguruan tinggi mitra yang memiliki minat dan komitmen dalam bidang pemberdayaan masyarakat, lingkungan hidup, dan energi terbarukan.

Beasiswa Sobat Bumi 2024 merupakan salah satu program unggulan Pertamina Foundation yang bertujuan untuk mencetak generasi muda yang peduli dan berkontribusi terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Sejak tahun 2012, beasiswa ini telah memberikan dukungan kepada lebih dari 1.000 mahasiswa dari berbagai jurusan dan latar belakang.

Beasiswa Sobat Bumi 2024 tidak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup kepada penerima beasiswa, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan kapasitas dan jejaring mereka melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan, mentoring, magang, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Salah satu kegiatan yang menjadi ciri khas Beasiswa Sobat Bumi 2024 adalah program Sobat Bumi Nusantara, yaitu program pengabdian masyarakat yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Melalui program ini, penerima beasiswa dapat belajar dan berbagi pengetahuan dengan masyarakat lokal tentang isu-isu terkait lingkungan hidup dan energi terbarukan.

Selain itu, penerima beasiswa juga dapat mengikuti program Sobat Bumi Internasional, yaitu program pertukaran pelajar yang dilakukan di luar negeri. Melalui program ini, penerima beasiswa dapat mengenal budaya dan sistem pendidikan di negara lain, serta berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara.

Syarat Daftar Beasiswa Sobat Bumi 2024

Untuk dapat mendaftar Beasiswa Sobat Bumi 2024, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar, yaitu:

  • Mahasiswa aktif minimal semester 2 dan maksimal semester 6 dari salah satu dari 38 perguruan tinggi mitra Beasiswa Sobat Bumi.
  • Memiliki indeks prestasi (IP) dan/atau indeks prestasi kumulatif (IPK) terakhir lebih dari atau sama dengan 3,00.
  • Tidak sedang menerima beasiswa periode Januari-Desember 2024 dari sumber lain.
  • Memiliki sertifikat bahasa Inggris, seperti TOEFL, IELTS, atau TOEIC, menjadi nilai tambah.
  • Membuat esai dengan tema “Kontribusiku untuk Pencapaian Net Zero Emission” dengan panjang minimal tiga halaman A4 dan spasi 1,5.
  • Aktif mengikuti organisasi kemasyarakatan atau lingkungan hidup.

Selain syarat-syarat di atas, calon pendaftar juga harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

  • Kartu hasil studi (KHS) atau transkrip nilai terakhir.
  • Sertifikat atau bukti lainnya yang menunjukkan keikutsertaan dalam lomba atau organisasi.
  • Sertifikat bahasa Inggris, boleh bersifat prediction (menjadi nilai tambah).
  • Foto diri berukuran 4x6.
  • Bukti follow salah satu media sosial Pertamina Foundation, seperti Instagram, Twitter, Facebook, atau YouTube.
  • Rekening atas nama pendaftar beasiswa.
  • Esai atau karya tulis dengan tema “Kontribusiku untuk Pencapaian Net Zero Emission”.

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi 2024 dapat dilakukan secara daring melalui laman pertaminafoundation.org dengan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan. Pendaftaran dibuka sejak 25 Januari 2024 dan ditutup pada 24 Februari 2024 pukul 23.59 WIB.

Bagi yang berminat, segera daftarkan diri Anda dan jangan sampai ketinggalan kesempatan emas ini. Beasiswa Sobat Bumi 2024 adalah beasiswa yang tidak hanya memberikan bantuan finansial, tetapi juga memberikan pengalaman dan pembelajaran yang berharga bagi masa depan Anda.

Cara Daftar Beasiswa Sobat Bumi 2024

1. Buka website resmi Pertamina Foundation www.pertaminafoundation.org. 

2. Isi lengkap biodata akun dan identitas akun. 

3. Ceklist pernyataan dan kemudian pilih daftar. 

4. Buka email bagian inbox atau spam untuk mendapatkan kode aktivasi dan klik link aktivasi. 

5. Masukkan email dan kode aktivasi yang diperoleh.

6. Masukkan email dan password yang dipakai. 

7. Kemudian isi lengkap data dan upload data yang diperlukan dalam website pendaftaran dengan memperhatikan ketentuan berikut: Keikutsertaan kejuaraan dan organisasi minimal selama menjalani perkuliahan. Pastikan file yang dounggah dalam bentuk Pdf dan JPG. File yang berhasil terunggah akan muncul kata "preview". 

8. Klik simpan setiap selesai melakukan pengisian data pada tiap bagian. 

9. Klik submit untuk menyelesaikan pendaftaran.

Itulah informasi mengenai syarat dan cara daftar beasiswa Sobat Bumi 2024. Segera daftar diri karena pendaftaran ini akan segera tutup.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال