Seni Rupa Murni vs Terapan: Memahami Perbedaan dan Jenis-jenisnya

seni rupa murni vs terapan
Seni Rupa Murni vs Terapan: Memahami Perbedaan dan Jenis-jenisnya

PELAJARNEWS.COM - Dunia seni rupa begitu luas dan memesona.  Tahukah kamu?  Di dalam dunia seni rupa, terdapat pembagian ke dalam dua kategori, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.  Meskipun sama-sama menggunakan unsur rupa seperti garis, warna, bidang, tekstur, dan ruang, keduanya memiliki tujuan yang berbeda.  Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang diciptakan utama untuk keindahan tanpa memiliki fungsi praktis tertentu.  Para seniman yang menggeluti seni rupa murni mencurahkan kreativitas dan ekspresi mereka ke dalam karya seni yang bertujuan untuk dinikmati dan diapresiasi keindahannya.  

Biasanya, seni rupa murni tidak terikat oleh fungsi atau kegunaan tertentu.  Nilai estetika menjadi pertimbangan utama dalam penciptaannya.

Contoh seni rupa murni meliputi:

Lukisan: Karya seni dua dimensi yang dibuat di atas canvas atau permukaan datar lainnya menggunakan media seperti cat minyak, cat air, atau pastel.

Patung: Karya seni tiga dimensi yang dibuat dengan membentuk, memahat, atau mengkonstruksi berbagai macam material.

seni rupa murni
Patung Garuda Wisnu Kencana karya Nyoman Nuarta


Kaligrafi:
Seni menulis indah yang menggunakan huruf sebagai media ekspresi artistik.

Sketsa: Gambar rancangan atau preliminary drawing yang dibuat dengan pensil atau arang.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang diciptakan untuk memenuhi fungsi tertentu selain keindahan.  Selain unsur estetika, seni rupa terapan juga mengedepankan aspek fungsi dan kegunaan.  Objek seni rupa terapan dirancang sedemikian rupa agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh seni rupa terapan meliputi:

Batik: Kain bergambar yang dibuat dengan teknik pencelupan lilin. Batik tidak hanya indah namun juga memiliki fungsi sebagai pakaian atau hiasan dinding.

Seni rupa terapan batik
Batik Mega Mendung dari Cirebon


Desain Grafis
: Seni rupa yang menggunakan unsur komunikasi visual untuk menyampaikan pesan tertentu. Contoh desain grafis meliputi poster, logo, dan kemasan produk.

Kriya: Kerajinan tangan yang memadukan unsur keindahan dan fungsi. Contoh kriya meliputi furniture, keramik, dan anyaman.

Arsitektur: Seni rancang bangun yang memadukan unsur estetika dengan fungsi sebagai tempat tinggal atau bangunan lainnya.

Fungsi Seni Rupa Murni

Seni rupa murni memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

Fungsi keindahan: 

Seni rupa murni diciptakan untuk dinikmati keindahannya. Karya seni rupa murni memberikan pengalaman estetika dan memicu imajinasi para penikmatnya.

Fungsi ekspresi: 

Seni rupa murni menjadi media bagi para seniman untuk mengekspresikan emosi, ide, dan gagasan mereka. Melalui karya seni, seniman dapat menyampaikan pesan tertentu kepada para penonton.

Fungsi komunikasi: 

Meskipun tidak selalu menggunakan bahasa verbal, seni rupa murni dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif. Karya seni rupa murni bisa memunculkan tafsir dan interpretasi yang beragam dari para penikmatnya.

Fungsi dokumentasi: 

Beberapa karya seni rupa murni bisa menjadi dokumentasi sejarah dan budaya pada masanya. Karya seni tersebut dapat memberikan gambaran tentang nilai-nilai, kepercayaan, dan cara hidup masyarakat di suatu era.

Fungsi Seni Rupa Terapan

Selain fungsi keindahan, seni rupa terapan memiliki fungsi utama sebagai berikut:

Fungsi pakai: 

Sesuai dengan namanya, seni rupa terapan diciptakan untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Objek seni rupa terapan memiliki fungsi praktis tertentu, misalnya sebagai tempat duduk, wadah makanan, atau hiasan rumah.

Fungsi komunikasi: 

Seni rupa terapan juga dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi. Desain grafis, misalnya, digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi tertentu kepada masyarakat luas.

Fungsi simbolik: 

Beberapa karya seni rupa terapan memiliki makna simbolik tertentu. Misalnya, motif batik tertentu bisa melambangkan status sosial atau daerah asal pembuatnya.

Baca juga: 

Perbedaan mendasar antara Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan

Meskipun sama-sama menggunakan unsur rupa, seni rupa murni dan seni rupa terapan memiliki perbedaan mendasar.  Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaan tersebut:

AspekSeni Rupa MurniSeni Rupa Terapan
NilaiEstetikaFungsional & Estetika
ContohLukisan, patung, kaligrafiBatik, desain grafis, kriya
PenilaianSubjektifObjektif (berdasarkan fungsi)
Keberagaman interpretasiTinggiRendah

Jenis-jenis Seni Rupa Murni

Berdasarkan wujudnya, seni rupa murni dapat dikategorikan menjadi dua jenis:

1. Seni rupa dua dimensi (2D)

Seni rupa dua dimensi memiliki panjang dan lebar, namun tidak memiliki kedalaman.  Contoh seni rupa dua dimensi meliputi lukisan, gambar, foto, dan kaligrafi.

2. Seni rupa tiga dimensi (3D)

Seni rupa tiga dimensi memiliki panjang, lebar, dan kedalaman.  Contoh seni rupa tiga dimensi meliputi patung, keramik, instalasi seni, dan arsitektur.

Jenis-jenis Seni Rupa Terapan

Berdasarkan jenis materialnya, seni rupa terapan dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, antara lain:

Seni kriya tekstil: 

Seni yang menggunakan bahan tekstil seperti kain, benang, dan serat. Contohnya batik, tenun, dan sulam.

Seni kriya kayu: 

Seni yang menggunakan bahan kayu sebagai material utama. Contohnya mebel, ukiran kayu, dan wayang.

Seni kriya logam: 

Seni yang menggunakan bahan logam seperti emas, perak, dan perunggu. Contohnya perhiasan, peralatan makan, dan patung logam.

Seni kriya keramik:

Seni yang menggunakan bahan tanah liat yang dibakar. Contohnya keramik, gerabah, dan vas bunga.

Seni kriya anyaman: 

Seni yang menggunakan bahan dasar dari tumbuhan yang dianyam. Contohnya topi, tas, dan tikar.

Kesimpulan

Seni rupa murni dan seni rupa terapan adalah dua kategori utama dalam dunia seni rupa.  Meskipun memiliki perbedaan, keduanya memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.  

Seni rupa murni memberikan keindahan dan ekspresi, sedangkan seni rupa terapan memberikan fungsi dan nilai estetika dalam kehidupan sehari-hari.  Memahami perbedaan dan jenis-jenis seni rupa membantu kita untuk lebih menghargai karya seni dan peran seniman dalam menciptakannya.

FAQ

1. Apa saja contoh karya seni rupa dua dimensi?

Contoh karya seni rupa dua dimensi antara lain lukisan, gambar, foto, kaligrafi, poster, dan ilustrasi.

2. Apa saja contoh karya seni rupa tiga dimensi?

Contoh karya seni rupa tiga dimensi antara lain patung, keramik, instalasi seni, arsitektur, dan miniatur.

3. Apa perbedaan utama antara seni rupa murni dan seni rupa terapan?

Perbedaan utama antara seni rupa murni dan seni rupa terapan terletak pada tujuan penciptaannya.  Seni rupa murni diciptakan primarily untuk keindahan, sedangkan seni rupa terapan diciptakan primarily untuk fungsi dan kegunaan.

4. Mengapa seni rupa penting dalam kehidupan manusia?

Seni rupa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, antara lain:

Memberikan keindahan dan estetika: Seni rupa memperkaya kehidupan manusia dengan menghadirkan keindahan dan estetika.

Mengekspresikan ide dan perasaan: Seni rupa menjadi media bagi para seniman untuk mengekspresikan ide, perasaan, dan pengalaman mereka.

Mendidik dan mencerdaskan: Seni rupa dapat menjadi media edukasi dan mencerdaskan masyarakat tentang berbagai nilai dan budaya.

Meningkatkan nilai ekonomi: Seni rupa dapat menjadi sumber penghasilan bagi para seniman dan industri kreatif

5. Bagaimana cara melestarikan seni rupa di Indonesia?

Upaya pelestarian seni rupa di Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

Mendidik generasi muda tentang seni rupa: Pengenalan seni rupa sejak dini dapat menumbuhkan kecintaan dan penghargaan terhadap seni dan budaya

Melestarikan karya seni tradisional: Upaya pelestarian karya seni tradisional seperti batik, wayang, dan tenun perlu dilakukan agar tidak punah.

Mendukung para seniman: Memberikan dukungan kepada para seniman dalam berkarya dan mengembangkan seni rupa di Indonesia.

Mempromosikan seni rupa Indonesia: Promosi seni rupa Indonesia di kancah internasional dapat meningkatkan awareness dan apresiasi terhadap seni dan budaya bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال