Tips Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat Belajar di Kelas

Tips Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat Belajar di Kelas
Tips Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat Belajar di Kelas (foto: freepik.com)

PELAJARNEWS.COM - Rasa kantuk yang tiba-tiba menyerang saat belajar di kelas memang menyebalkan. Pelajaran menjadi tidak terserap dengan baik, dan bahkan bisa berakibat teguran dari guru. Pernah mengalaminya?

"Kamu di sana, bangku ke-8 baris ke-5 dari kanan, jangan tidur!" (sebentar, muridnya ada berapa ya?)

Masalahnya bukan hanya rasa kantuknya saja yang mengganggu, tetapi juga kesulitan untuk tetap terjaga di waktu yang tidak tepat. Hal ini dapat menghambat aktivitas belajar dan membuat kita merasa frustrasi.

Tapi jangan khawatir, rasa kantuk saat belajar di kelas bisa diatasi!

Tips Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat Belajar di Kelas

Sebelum rasa kantuk semakin menjadi, simak tips-tips mengatasi rasa kantuk berikut ini untuk tetap waspada dan fokus saat belajar di kelas:

1. Lakukan Peregangan Ringan

Salah satu penyebab rasa kantuk adalah kekurangan oksigen dalam sel otak. Otak kita membutuhkan oksigen dan glukosa untuk bekerja dengan optimal. Melakukan peregangan ringan dapat membantu melancarkan aliran darah dan membawa oksigen ke otak. 

Gerakan-gerakan sederhana seperti memutar badan, merentangkan tangan ke atas, atau melakukan peregangan kaki dapat membantu mengurangi rasa kantuk.

2. Cari Kesibukan Lain

Terkadang, rasa kantuk muncul karena rasa bosan. Jika kamu sudah mulai merasa bosan dan mengantuk, coba alihkan perhatianmu dengan melakukan kegiatan lain yang membuat tubuhmu bergerak. 

Contohnya seperti menggambar, membuat origami, atau merapikan tempat pensil. Namun, pastikan bahwa guru tidak keberatan dengan aktivitasmu dan perhatikan agar kegiatan tersebut tidak mengganggu proses belajar di kelas.

3. Basuh Wajah dengan Air Dingin

Tips ini terbukti efektif dan memberikan efek yang langsung terasa. Ketika mengantuk, wajahmu akan terlihat lesu. Mintalah izin kepada guru untuk pergi ke toilet dan basuhlah wajahmu dengan air dingin. Sensasi dingin pada wajah dapat membantumu merasa lebih segar dan terjaga. Ingat, hanya basuh wajahmu saja, tidak perlu mandi di toilet!

4. Minta Tolong Teman untuk Mencubitmu

Jika kamu tidak memungkinkan untuk pergi ke toilet dan membasuh wajah, mintalah tolong temanmu untuk mencubitmu dengan lembut. Rasa sakit akibat cubitan dapat membantu mengalahkan rasa kantukmu. 

Cubitan akan mengaktifkan saraf dan mengirimkan sinyal ke otak, sehingga kamu akan merasa lebih terjaga. Meskipun efeknya tidak bertahan lama, cara ini cukup efektif untuk mengatasi rasa kantuk sesaat. Tapi ingat, jangan sampai kamu dicubit terlalu keras, alih-alih segar malah memar!

5. Konsumsi Permen

Cara ini memang tergantung kebijakan guru di sekolahmu. Jika diperbolehkan, makan permen dapat membantumu mengatasi rasa kantuk. 

Mengunyah permen dapat menstimulasi otot-otot rahang dan mengirimkan sinyal ke otak, sehingga rasa kantukmu berkurang. Pastikan kamu memilih permen yang bebas gula atau rendah gula agar tidak mengganggu kesehatanmu.

6. Tidur Sejenak

Tips-tips di atas hanya bersifat sementara untuk menahan rasa kantuk. Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan lagi, maka kamu perlu tidur sejenak. Cukup tidur selama 15-30 menit sudah cukup untuk mengembalikan staminamu dan membantumu tetap fokus saat belajar. Namun, hindari tidur di tengah-tengah pelajaran. Gunakan waktu istirahat untuk tidur sejenak, Grameds.

Pencegahan: Pola Tidur yang Baik adalah Kunci Utama

Perlu diingat bahwa rasa kantuk adalah akibat dari rasa lelah.

Agar kamu tidak terganggu dengan rasa kantuk saat belajar, penting untuk menerapkan pola tidur yang baik. Berikut tipsnya:

Tidurlah yang cukup. Orang dewasa umumnya membutuhkan 7-8 jam tidur per malam.

Hindari bermain gadget atau menonton televisi 20 menit sebelum tidur. Cahaya layar biru dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

Buatlah rutinitas tidur yang konsisten. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.

Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman. Pastikan kamarmu gelap, tenang, dan sejuk.

Hindari konsumsi kafein dan alkohol sebelum tidur.

Dengan mengikuti pola tidur yang baik, staminamu akan terjaga dan kamu dapat belajar dengan lebih fokus dan efektif di kelas.

Akhir Kata

Rasa kantuk saat belajar di kelas memang umum terjadi. Namun, dengan tips-tips dan pola tidur yang baik, kamu dapat tetap fokus dan terjaga selama pelajaran berlangsung.

Berikut beberapa poin penting:

Penyebab rasa kantuk: Kurangnya oksigen dalam sel otak, rasa bosan, kelelahan.

Tips mengatasi rasa kantuk: Lakukan peregangan ringan, cari kesibukan lain, basuh wajah dengan air dingin, minta tolong teman untuk mencubitmu, konsumsi permen (jika diperbolehkan), tidur sejenak.

Pencegahan rasa kantuk: Tidur yang cukup (7-8 jam per malam), hindari gadget sebelum tidur, buat rutinitas tidur yang konsisten, ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman, hindari kafein dan alkohol sebelum tidur.

Dengan menerapkan tips dan menjaga pola tidur yang baik, kamu dapat belajar dengan lebih efektif dan mencapai prestasi yang lebih baik di sekolah.

Ingatlah bahwa kunci utama untuk belajar dengan fokus adalah menjaga kesehatan fisik dan mentalmu.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan orang tua atau gurumu jika kamu mengalami kesulitan tidur atau rasa kantuk yang berlebihan.

Semoga tips ini bermanfaat!

Tips Tambahan:

Minum air putih yang cukup. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan rasa kantuk.

Makan makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak karena dapat membuatmu merasa lelah.

Olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan stamina tubuh.

Kelola stres dengan baik. Stres dapat mengganggu pola tidur dan membuatmu lebih mudah merasa kantuk.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan seimbang, kamu dapat belajar dengan lebih efektif dan mencapai potensi terbaikmu.

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال