10 Universitas dengan Lulusan Anti Nganggur, Gampang Dapat Kerja?

Daftar Isi

10 Universitas dengan Lulusan Anti Nganggur, Gampang Dapat Kerja?

PELAJARNEWS.COM - Sebagai jurnalis kawakan, gue sering banget ngelihat fenomena di mana banyak calon mahasiswa yang getol banget pengin masuk ke universitas terbaik. Anggapannya sih, dengan masuk ke kampus ternama, masa depan bakalan terjamin, termasuk peluang kerja yang terbuka lebar.

Terus, beneran gak sih anggapan itu?

Gue coba bahas nih, berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) di tahun 2022.

Fakta Menarik: 10 Universitas dengan Lulusan Anti Nganggur

Berdasarkan riset tersebut, ada 10 universitas di Indonesia, baik PTN maupun PTS, yang lulusannya terbilang cepat mendapatkan pekerjaan. Katanya sih, mereka ini "anti nganggur" karena gampang banget dapet kerja setelah lulus kuliah.

Baca juga: 10 PTN Favorit dengan Nilai UTBK Tertinggi di SNBT 2023

Penasaran? Yuk, intip daftarnya:

1. IPB University (3427): 

IPB University terkenal dengan program studi di bidang pertanian, peternakan, dan bioteknologi. Tak heran, banyak lulusannya yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar di bidang tersebut.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB) (3055): 

ITB dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia. Banyak lulusannya yang bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi multinasional dan startup.

3. Universitas Indonesia (UI) (3049): 

UI merupakan salah satu universitas tertua dan paling bergengsi di Indonesia. Lulusannya memiliki reputasi yang baik di berbagai bidang, sehingga banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan ternama.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM) (3022): 

UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dan memiliki alumni yang tersebar di berbagai bidang. Tak heran, banyak lulusannya yang mudah mendapatkan pekerjaan.

5. Universitas Airlangga (UNAIR) (2934): 

UNAIR merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Jawa Timur dan memiliki program studi yang beragam. Lulusannya banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan di Jawa Timur dan sekitarnya.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP) (2888): 

UNDIP merupakan salah satu universitas negeri di Jawa Tengah yang memiliki alumni yang sukses di berbagai bidang. Tak heran, banyak lulusannya yang mudah mendapatkan pekerjaan.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) (2855): 

ITS merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia dan memiliki alumni yang bekerja di berbagai perusahaan teknologi multinasional dan startup.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Jakarta Versi UniRank 2024

8. Universitas Brawijaya (UB) (2836): 

UB merupakan salah satu universitas negeri di Jawa Timur yang memiliki program studi yang beragam. Lulusannya banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan di Jawa Timur dan sekitarnya.

9. Telkom University (2798): 

Telkom University merupakan salah satu universitas swasta di Jawa Barat yang fokus pada bidang teknologi informasi dan komunikasi. Lulusannya banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi multinasional dan startup.

10. Universitas Sebelas Maret (UNS) (2650): 

UNS merupakan salah satu universitas negeri di Jawa Tengah yang memiliki program studi yang beragam. Lulusannya banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Tapi, Jangan Asal Pilih Universitas!

Meskipun asal universitas diklaim bisa mempengaruhi peluang kerja, tapi perlu diingat, guys, bahwa skill dan pengalaman juga jadi faktor penting yang dipertimbangkan saat melamar kerja.

Gue sering banget ngelihat anak-anak muda yang terobsesi pengen masuk ke universitas top, tapi mereka lupa buat ngembangin skill dan pengalaman yang relevan dengan bidangnya.

Jadinya, pas lulus, mereka malah kebingungan mau kerja apa karena skill dan pengalamannya masih kurang.

Baca juga6 Universitas di Jepang yang Menjadi Tujuan Beasiswa LPDP 2024

Tips Jitu Memilih Universitas dan Mempersiapkan Diri untuk Bekerja

Nah, biar kalian gak salah langkah, gue kasih nih beberapa tips jitu buat memilih universitas dan mempersiapkan diri untuk bekerja:

1. Pilihlah Universitas yang Sesuai dengan Minat dan Bakat Kalian

Jangan asal ikut-ikutan temen atau desakan orang tua. Cari tahu dulu apa minat dan bakat kalian, lalu pilihlah universitas yang menawarkan program studi yang sesuai.

2. Cari Informasi Seputar Prospek Kerja Lulusan Universitas Tersebut

Sebelum mendaftar, coba cari tahu informasi tentang prospek kerja lulusan universitas tersebut. Bisa dengan cara browsing internet, tanya ke alumni, atau mengikuti seminar.

3. Ikutlah Kegiatan Organisasi dan Pelatihan

Keikutsertaan dalam organisasi dan pelatihan bisa membantu kalian mengembangkan skill dan pengalaman yang relevan dengan bidangnya.

Ada banyak organisasi dan pelatihan yang bisa kalian ikuti, seperti BEM, UKM, organisasi profesi, pelatihan soft skill, pelatihan teknis, dan sebagainya.

Semakin banyak kegiatan yang kalian ikuti, semakin banyak pula skill dan pengalaman yang kalian dapatkan.

4. Bangun Networking

Membangun networking dengan orang-orang di bidang yang kalian minati juga penting banget lho. Hal ini bisa membuka peluang kerja di masa depan.

Kalian bisa membangun networking dengan cara mengikuti acara-acara profesional, bergabung dengan komunitas online, atau memanfaatkan media sosial.

Semakin banyak orang yang kalian kenal, semakin banyak pula peluang kerja yang bisa kalian dapatkan.

5. Jangan Lupa untuk Mengasah Skill dan Kemampuan Diri

Teruslah belajar dan mengasah skill dan kemampuan diri kalian. Skill dan kemampuan ini akan menjadi modal utama kalian untuk bersaing di dunia kerja.

Kalian bisa mengikuti kursus, workshop, seminar, membaca buku, dan lain sebagainya.

Semakin banyak skill dan kemampuan yang kalian miliki, semakin besar pula peluang kalian untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Ingat, guys, kunci utama untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus bukan hanya asal masuk universitas terbaik, tapi juga bagaimana kalian mempersiapkan diri dengan matang.

So, jangan buang-buang waktu! Segera persiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya. Masa depan cerah menanti!

Penutup

Memilih universitas yang tepat merupakan investasi penting untuk masa depan kalian. Dengan memilih universitas yang tepat, kalian akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan peluang kerja yang lebih baik.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk meluangkan waktu dan usaha untuk memilih universitas yang tepat. Masa depan cerah menanti kalian!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar