10 PTN Favorit dengan Nilai UTBK Tertinggi di SNBT 2023

10 PTN Favorit dengan Nilai UTBK Tertinggi di SNBT 2023
Universitas Brawijaya (UB) tercatat sebagai perguruan tinggi negeri dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi di SNBT 2023

PELAJARNEWS.COM - Jika Anda berencana untuk mendaftar SNBT 2024, Anda mungkin ingin mengetahui 10 PTN favorit dengan nilai UTBK tertinggi di SNBT 2023. Nilai UTBK merupakan salah satu faktor penentu untuk diterima di PTN melalui jalur SNBT, yang merupakan jalur seleksi nasional berbasis tes. 

SNBT merupakan pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi negeri.

SNBT 2023 telah berlangsung pada bulan April-Mei 2023, dengan jumlah peserta sekitar 2,1 juta orang. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 30 persen yang berhasil lolos seleksi dan diterima di PTN pilihan mereka. Tentu saja, persaingan untuk masuk ke PTN favorit sangat ketat, dan membutuhkan nilai UTBK yang tinggi.

10 PTN Favorit dengan Nilai UTBK Tertinggi di SNBT 2023

Berdasarkan data yang dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), berikut adalah 10 PTN favorit dengan nilai UTBK tertinggi di SNBT 2023:

1. Universitas Brawijaya (UB)

UB merupakan PTN yang berlokasi di Malang, Jawa Timur, dan memiliki visi menjadi universitas kelas dunia yang unggul, inovatif, dan berwawasan global. UB memiliki 16 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, dengan jumlah mahasiswa sekitar 60 ribu orang. UB juga berhasil meraih peringkat ke-3 sebagai PTN terbaik di Indonesia versi Webometrics World University Ranking.

Nilai UTBK tertinggi di UB pada SNBT 2023 adalah 622,18, yang dicapai oleh peserta yang mendaftar ke program studi S1 Teknik Elektro. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi pertama di antara semua PTN yang mengikuti SNBT 2023.

2. UPN Veteran Yogyakarta

UPN Veteran Yogyakarta merupakan PTN yang berada di bawah naungan Departemen Pertahanan Republik Indonesia, dan memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, berjiwa patriotik, dan berwawasan pertahanan. UPN Veteran Yogyakarta memiliki 7 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, dengan jumlah mahasiswa sekitar 20 ribu orang. UPN Veteran Yogyakarta juga memiliki akreditasi B dari BAN-PT.

Nilai UTBK tertinggi di UPN Veteran Yogyakarta pada SNBT 2023 adalah 615,83, yang dicapai oleh peserta yang mendaftar ke program studi S1 Teknik Kimia. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi kedua di antara semua PTN yang mengikuti SNBT 2023.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY merupakan PTN yang berlokasi di Yogyakarta, dan memiliki visi menjadi universitas pendidikan unggul dan terkemuka di Asia Tenggara. UNY memiliki 8 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, dengan jumlah mahasiswa sekitar 40 ribu orang. UNY juga dikenal sebagai kampus yang diramaikan oleh timnas Indonesia seperti Evan Dimas, dan meraih posisi 6 dari 576 universitas terbaik di Indonesia versi UniRank.

Nilai UTBK tertinggi di UNY pada SNBT 2023 adalah 607,48, yang dicapai oleh peserta yang mendaftar ke program studi S1 Pendidikan Matematika. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi ketiga di antara semua PTN yang mengikuti SNBT 2023.

4. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Unsoed merupakan PTN yang berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah, dan memiliki visi menjadi universitas yang mandiri, unggul, dan berdaya saing global. Unsoed memiliki 12 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, dengan jumlah mahasiswa sekitar 40 ribu orang. Unsoed juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Nilai UTBK tertinggi di Unsoed pada SNBT 2023 adalah 606,70, yang dicapai oleh peserta yang mendaftar ke program studi S1 Kedokteran. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi keempat di antara semua PTN yang mengikuti SNBT 2023.

5. Universitas Sumatera Utara (USU)

USU merupakan PTN yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara, dan memiliki visi menjadi universitas kelas dunia yang berkontribusi pada pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. USU memiliki 15 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, dengan jumlah mahasiswa sekitar 50 ribu orang. USU juga mengusung 6 program prioritas untuk berhasil menjadi top 500 universitas terbaik di akhir 2024.

Nilai UTBK tertinggi di USU pada SNBT 2023 adalah 590,25, yang dicapai oleh peserta yang mendaftar ke program studi S1 Kedokteran. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi kelima di antara semua PTN yang mengikuti SNBT 2023.

6. UPN Veteran Jawa Timur

UPN Veteran Jawa Timur merupakan PTN yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, dan memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, berjiwa patriotik, dan berwawasan pertahanan. UPN Veteran Jawa Timur memiliki 7 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, dengan jumlah mahasiswa sekitar 20 ribu orang. UPN Veteran Jawa Timur juga berhasil mendapatkan akreditasi Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA).

Nilai UTBK tertinggi di UPN Veteran Jawa Timur pada SNBT 2023 adalah 590,22, yang dicapai oleh peserta yang mendaftar ke program studi S1 Teknik Kimia. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi keenam di antara semua PTN yang mengikuti SNBT 2023.

7. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ merupakan PTN yang berlokasi di Jakarta, dan memiliki visi menjadi universitas pendidikan yang unggul, inovatif, dan berdaya saing global. UNJ memiliki 8 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, dengan jumlah mahasiswa sekitar 30 ribu orang. UNJ juga memiliki motto Building Future Leaders, dan dikenal sebagai pencetak generasi para pendidik baru.

Nilai UTBK tertinggi di UNJ pada SNBT 2023 adalah 587,26, yang dicapai oleh peserta yang mendaftar ke program studi S1 Pendidikan Matematika. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi ketujuh di antara semua PTN yang mengikuti SNBT 2023.

8. Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta)

UIN Jakarta merupakan PTN yang berlokasi di Jakarta, dan memiliki visi menjadi universitas Islam yang unggul, inovatif, dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. UIN Jakarta memiliki 12 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, dengan jumlah mahasiswa sekitar 40 ribu orang. UIN Jakarta juga merupakan PTN yang terbaik di lingkungan PTKIN, dan meraih peringkat ke-17 secara nasional versi QS Asian University Rankings (AUS) tahun 2021.

Nilai UTBK tertinggi di UIN Jakarta pada SNBT 2023 adalah 586,83, yang dicapai oleh peserta yang mendaftar ke program studi S1 Hukum Tata Negara. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi kedelapan di antara semua PTN yang mengikuti SNBT 2023.

9. Universitas Udayana (Unud) 

Sebagai kampus yang berperan memelihara dan mengelola lingkungan hidup di Bali dengan kontribusi peluncuran peta pengelolaan sampah. Kampus ini memegang nilai UTBK sebesar 583,01.

10. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Unnes merupakan PTN yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, dan memiliki visi menjadi universitas konservasi yang unggul, inovatif, dan berdaya saing global. Unnes memiliki 8 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, dengan jumlah mahasiswa sekitar 30 ribu orang. Unnes juga memiliki motto Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Luhur, dan dikenal sebagai kampus yang peduli terhadap lingkungan.

Nilai UTBK tertinggi di Unnes pada SNBT 2023 adalah 585,63, yang dicapai oleh peserta yang mendaftar ke program studi S1 Pendidikan Matematika. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi kesembilan di antara semua PTN yang mengikuti SNBT 2023.

Demikianlah 10 PTN favorit dengan nilai UTBK tertinggi di SNBT 2023. Data ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mendaftar SNBT 2024, dan mengetahui persaingan dan standar yang dibutuhkan untuk masuk ke PTN impian Anda. 

Namun, perlu diingat bahwa nilai UTBK bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kelulusan Anda. Anda juga harus mempersiapkan diri dengan baik, memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, dan tidak lupa berdoa.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Sumber referensi: sindonews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

2 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال