Program Beasiswa Fast Track S2-S3 di UPI dan UI, Peluang Kuliah Gratis dan Raih Gelar Doktor dalam 4 Tahun

Program Beasiswa Fast Track S2-S3 di UPI dan UI, Peluang Kuliah Gratis dan Raih Gelar Doktor dalam 4 Tahun

Pelajarnews.com - Bagi Anda yang memiliki minat tinggi untuk melanjutkan studi ke jenjang magister dan doktor, ada kabar baik yang patut Anda simak. Dua universitas ternama di Indonesia, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Indonesia (UI), telah membuka program beasiswa fast track S2-S3. 

Program ini memberikan kesempatan bagi lulusan S1 untuk menempuh pendidikan S2 dan S3 secara bersamaan dalam waktu maksimal 5 tahun, dan langsung mendapatkan gelar doktor setelah lulus.

Program beasiswa fast track S2-S3 ini ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan profesional yang tinggi, serta mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas peneliti dan dosen di Indonesia, serta mempercepat regenerasi akademisi di perguruan tinggi.

Program beasiswa fast track S2-S3 di UPI dan UI memiliki persyaratan dan mekanisme yang berbeda-beda, tergantung pada fakultas dan program studi yang ditawarkan. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang program beasiswa fast track S2-S3 di kedua universitas tersebut.

UPI: Program Beasiswa Fast Track S2-S3 untuk Mahasiswa Magister Semester Ketiga

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu universitas yang berfokus pada bidang pendidikan dan pengajaran. UPI memiliki 10 fakultas dan 1 program pascasarjana yang menawarkan berbagai program studi, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan spesial.

UPI membuka program beasiswa fast track S2-S3 untuk mahasiswa magister yang sedang menempuh kuliah semester ketiga. Program ini berlaku untuk semua program studi yang ada di UPI, kecuali program studi yang memiliki persyaratan khusus, seperti pendidikan dokter dan pendidikan dokter gigi.

Program beasiswa fast track S2-S3 di UPI memungkinkan mahasiswa magister untuk mengambil mata kuliah dari program doktor sebanyak 8 SKS per semester pada semester ketiga dan keempat. Jika mahasiswa berhasil menyelesaikan mata kuliah tersebut dengan IPK minimal 3,50 dan nilai TOEFL minimal 525, maka mahasiswa dapat melanjutkan ke program doktor tanpa harus mengikuti seleksi masuk.

Untuk mengikuti program beasiswa fast track S2-S3 di UPI, mahasiswa harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Mahasiswa aktif yang tidak sedang cuti kuliah dan sedang menempuh kuliah semester ketiga.
  • Mahasiswa telah menempuh paling sedikit 20 SKS dengan IPK minimal 3,50 dan memiliki nilai TOEFL minimal 525.
  • Mahasiswa mendapat rekomendasi dari pembimbing akademik dan minimal dari satu orang dosen guru besar pada program studinya.

Mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa fast track S2-S3 di UPI harus mengajukan permohonan ke pihak fakultas dan program studi masing-masing. Mahasiswa juga harus menyertakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti transkrip akademik, sertifikat TOEFL, surat rekomendasi, dan proposal penelitian.

UI: Program Beasiswa Fast Track S2-S3 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang memiliki reputasi internasional. UI memiliki 14 fakultas dan 1 program pascasarjana yang menawarkan berbagai program studi, mulai dari hukum hingga kedokteran.

UI membuka program beasiswa fast track S2-S3 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Program ini berlaku untuk enam program studi, yaitu:

  • Program Studi Magister Ilmu Biologi – Program Studi Doktor Ilmu Biologi
  • Program Studi Magister Ilmu Kelautan – Program Studi Doktor Ilmu Biologi
  • Program Studi Magister Ilmu Material – Program Studi Doktor Ilmu Bahan-Bahan
  • Program Studi Magister Ilmu Fisika – Program Studi Doktor Ilmu Fisika
  • Program Studi Magister Ilmu Fisika Medis – Program Studi Doktor Ilmu Fisika
  • Program Studi Magister Ilmu Kimia – Program Studi Doktor Ilmu Kimia

Program beasiswa fast track S2-S3 di UI memungkinkan mahasiswa magister untuk mengambil mata kuliah dari program doktor sebanyak 12 SKS pada semester kedua. Jika mahasiswa berhasil menyelesaikan mata kuliah tersebut dengan IPK minimal 3,50 dan nilai TOEFL/EPT minimal 500, IELTS minimal 6,0, Duolingo minimal 90, atau IBT minimal 62, maka mahasiswa dapat melanjutkan ke program doktor tanpa harus mengikuti seleksi masuk.

Untuk mengikuti program beasiswa fast track S2-S3 di UI, mahasiswa harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Mahasiswa aktif yang terdaftar di program studi magister yang menyelenggarakan program fast track.
  • Mahasiswa telah memperoleh 18 SKS dengan IPK minimal 3,50 pada akhir semester.
  • Mahasiswa memiliki nilai institutional TOEFL/EPT minimal 500, IELTS minimal 6,0, Duolingo minimal 90, atau IBT minimal 62 paling lama 2 tahun sebelum pendaftaran.

Mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa fast track S2-S3 di UI harus mengajukan permohonan ke pihak fakultas dan program studi masing-masing. Mahasiswa juga harus menyertakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti transkrip akademik, sertifikat bahasa Inggris, surat rekomendasi, dan proposal penelitian.

Program Beasiswa Fast Track S2-S3, Peluang Emas untuk Mencapai Mimpi

Program beasiswa fast track S2-S3 di UPI dan UI merupakan peluang emas bagi Anda yang ingin mencapai mimpi menjadi seorang doktor dalam waktu singkat. Program ini memberikan berbagai keuntungan, seperti kuliah gratis, pengalaman akademik yang intensif, dan kesempatan untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Namun, program ini juga memiliki tantangan yang tidak ringan, seperti beban akademik yang tinggi, persaingan yang ketat, dan komitmen yang kuat. Oleh karena itu, program ini hanya cocok bagi Anda yang memiliki motivasi, minat, dan kemampuan yang tinggi di bidang yang dipilih.

Jika Anda merasa tertarik dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti program beasiswa fast track S2-S3 di UPI dan UI, segera daftarkan diri Anda sebelum batas waktu yang ditentukan. Informasi lebih lanjut tentang program ini dapat Anda lihat di laman resmi masing-masing universitas.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Sumber referensi: ayobandung.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال