10 Universitas Unggulan di Indonesia untuk Jurusan Ilmu Bisnis dan Manajemen

10 Universitas Unggulan di Indonesia untuk Jurusan Ilmu Bisnis dan Manajemen
Universitas Indonesia (UI)

PELAJARNEWS.COM - Bagi Anda yang tertarik untuk menempuh pendidikan tinggi di bidang ilmu bisnis dan manajemen, ada baiknya Anda mengetahui daftar universitas yang memiliki kualitas terbaik di bidang tersebut. Lembaga pemeringkat Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) telah merilis daftar 10 universitas terbaik di Indonesia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen pada tahun 2024.

Daftar ini didasarkan pada beberapa indikator, seperti reputasi akademik, reputasi majikan, sitasi, pengajaran, penelitian, dan dampak internasional. 

10 Universitas Terbaik Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen Versi THE WUR 2024

Berikut adalah 10 universitas terbaik di Indonesia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen versi THE WUR 2024:

1. Universitas Indonesia (UI)

UI menduduki peringkat pertama di Indonesia dan peringkat 801-1000 di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. UI memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang akuntansi, manajemen, dan ekonomi. 

FEB UI juga memiliki beberapa pusat studi dan penelitian, seperti Pusat Studi Keuangan dan Kebijakan Publik, Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Pusat Studi Kewirausahaan dan Bisnis Keluarga.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Unair menempati peringkat kedua di Indonesia dan peringkat 1201-1500 di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. Unair memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang akuntansi, manajemen, dan ekonomi pembangunan. 

FEB Unair juga memiliki beberapa lembaga dan unit penelitian, seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Unit Pengembangan dan Jaminan Mutu, dan Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB menempati peringkat ketiga di Indonesia dan peringkat 1201-1500 di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. ITB memiliki Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang manajemen teknologi, manajemen bisnis, dan manajemen sains. 

SBM ITB juga memiliki beberapa pusat unggulan, seperti Pusat Kewirausahaan, Pusat Riset dan Pengembangan Bisnis, dan Pusat Riset dan Pengembangan Manajemen.

4. Binus University

Binus University menempati peringkat keempat di Indonesia dan peringkat 1201-1500 di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. Binus University memiliki Fakultas Ekonomi dan Komunikasi (Fekon) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang akuntansi, manajemen, dan komunikasi. 

Fekon Binus University juga memiliki beberapa laboratorium dan pusat penelitian, seperti Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Manajemen, dan Pusat Penelitian Ekonomi dan Bisnis.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menempati peringkat kelima di Indonesia dan peringkat 1201-1500 di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. UGM memiliki Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang akuntansi, manajemen, dan ekonomi. 

FEB UGM juga memiliki beberapa lembaga dan pusat penelitian, seperti Lembaga Demografi, Pusat Studi Keuangan dan Perbankan, dan Pusat Studi Bisnis dan Kebijakan Publik.

6. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

IPB University menempati peringkat keenam di Indonesia dan peringkat 1201-1500 di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. IPB University memiliki Sekolah Bisnis (SB) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang manajemen agribisnis, manajemen sumber daya, dan manajemen bisnis. 

SB IPB University juga memiliki beberapa pusat penelitian dan pengabdian, seperti Pusat Penelitian dan Pengembangan Agribisnis, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Bisnis.

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS menempati peringkat ketujuh di Indonesia dan peringkat 1201-1500 di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. UNS memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang akuntansi, manajemen, dan ekonomi. 

FEB UNS juga memiliki beberapa unit penelitian dan pengabdian, seperti Unit Penelitian dan Pengembangan Akuntansi, Unit Penelitian dan Pengembangan Manajemen, dan Unit Penelitian dan Pengembangan Ekonomi.

8. Universitas Syiah Kuala (USK)

USK menempati peringkat kedelapan di Indonesia dan peringkat 1201-1500 di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. USK memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang akuntansi, manajemen, dan ekonomi. 

FEB USK juga memiliki beberapa lembaga dan pusat penelitian, seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis, dan Pusat Studi Kewirausahaan dan Bisnis Keluarga.

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS menempati peringkat kesembilan di Indonesia dan peringkat 1201-1500 di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. ITS memiliki Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi (FBMT) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang manajemen bisnis, manajemen teknologi, dan manajemen industri. 

FBMT ITS juga memiliki beberapa laboratorium dan pusat penelitian, seperti Laboratorium Manajemen Bisnis, Laboratorium Manajemen Teknologi, dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Manajemen.

10. Universitas Andalas (Unand)

Unand menempati peringkat kesepuluh di Indonesia dan peringkat 1500+ di dunia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen. Unand memiliki Fakultas Ekonomi (FE) yang menawarkan program sarjana, magister, dan doktor di bidang akuntansi, manajemen, dan ekonomi. 

FE Unand juga memiliki beberapa lembaga dan pusat penelitian, seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis, dan Pusat Studi Kewirausahaan dan Bisnis.

Demikianlah daftar 10 universitas terbaik di Indonesia untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen versi THE WUR 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di bidang tersebut. Selamat berjuang!

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال