IPB University Buka 3 Jalur Masuk Tanpa Tes, Ini Syarat dan Jadwalnya

IPB University Buka 3 Jalur Masuk Tanpa Tes, Ini Syarat dan Jadwalnya
IPB University

PELAJARNEWS.COM - Bagi calon mahasiswa yang gagal dalam Seleksi Nasional Berbasis Potensi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024, masih ada harapan untuk masuk ke IPB University. Kampus yang terkenal dengan bidang pertanian, kehutanan, dan ilmu-ilmu terkait ini membuka tiga jalur masuk tanpa tes bagi lulusan SMA/SMK tahun 2024.

Tiga jalur masuk tanpa tes tersebut adalah Jalur Ketua OSIS, Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), dan Jalur Kerjasama Pemerintah Daerah (KPD). Masing-masing jalur memiliki syarat dan jadwal pendaftaran yang berbeda. 

IPB University Buka 3 Jalur Masuk Tanpa Tes

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang ketiga jalur tersebut.

Jalur Ketua OSIS

Jalur Ketua OSIS merupakan skema seleksi khusus bagi lulusan SMA/SMK yang pernah menjabat sebagai Ketua OSIS di sekolahnya. Jalur ini terbuka untuk lulusan jurusan IPA atau SMK Pertanian/Kehutanan/Kimia Analis, TKJ pada tahun 2024. Selain itu, calon mahasiswa juga harus memiliki nilai rata-rata Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi selama lima semester sekurangnya 80.

Pendaftaran jalur Ketua OSIS dibuka mulai 1 Mei hingga 14 Juni 2024. Biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu. Calon mahasiswa harus mengisi formulir pendaftaran online di laman Admisi IPB dan mengunggah dokumen persyaratan, seperti ijazah, rapor, surat keterangan Ketua OSIS, dan surat rekomendasi dari kepala sekolah.

Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN)

Jalur PIN ditujukan bagi lulusan SMA/SMK yang memiliki prestasi luar biasa dalam kegiatan ekstrakurikuler di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi yang dimaksud meliputi lomba karya ilmiah, olimpiade sains, olahraga, hafizh, pramuka, seni, dan lain-lain. Calon mahasiswa harus memiliki sertifikat atau piagam yang sah sebagai bukti prestasinya.

Pendaftaran jalur PIN dibuka mulai 1 Mei hingga 14 Juni 2024. Biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu. Calon mahasiswa harus mengisi formulir pendaftaran online di laman Admisi IPB dan mengunggah dokumen persyaratan, seperti ijazah, rapor, sertifikat atau piagam prestasi, dan surat rekomendasi dari kepala sekolah.

Jalur Kerjasama Pemerintah Daerah (KPD)

Jalur KPD merupakan skema seleksi yang bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/SMK yang berasal dari daerah tertentu untuk masuk ke IPB University. 

Daerah yang terlibat dalam kerjasama ini antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Pendaftaran jalur KPD dibuka mulai 1 Mei hingga 14 Juni 2024. Biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu. Calon mahasiswa harus mengisi formulir pendaftaran online di laman Admisi IPB dan mengunggah dokumen persyaratan, seperti ijazah, rapor, surat keterangan domisili, dan surat rekomendasi dari pemerintah daerah.

IPB University merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki reputasi akademik yang kuat di Indonesia dan diakui secara internasional. Kampus ini menawarkan berbagai program studi yang berkaitan dengan ilmu pertanian, kehutanan, teknologi pangan, ilmu lingkungan, dan manajemen sumber daya alam. 

Lulusan IPB memiliki peluang karier yang luas di berbagai sektor, termasuk pertanian, perkebunan, kehutanan, agribisnis, lingkungan, konservasi, dan banyak lagi.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Sumber referensi: edukasi.sindonews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

3 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال