Jadwal UTBK-SNBT 2024: Ini Syarat, Cara Daftar, dan Biayanya

Jadwal UTBK-SNBT 2024: Ini Syarat, Cara Daftar, dan Biayanya
foto by freepik.com

PELAJARNEWS.COM - Bagi siswa kelas 3 SMA yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (PTN), ada baiknya untuk mempersiapkan diri mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan bagian dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024. UTBK-SNBT 2024 adalah salah satu jalur masuk PTN yang paling diminati karena menawarkan banyak pilihan program studi di berbagai PTN favorit.

Namun, sebelum mendaftar UTBK-SNBT 2024, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh calon peserta, seperti syarat, cara daftar, biaya, dan jadwal pelaksanaannya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai UTBK-SNBT 2024 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Syarat UTBK-SNBT 2024

Untuk dapat mengikuti UTBK-SNBT 2024, peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan umum sebagai berikut:

Peserta adalah siswa kelas 3 SMA/SMK/MA atau sederajat yang akan lulus pada tahun 2024, atau lulusan tahun 2022 dan 2023 yang belum pernah diterima di PTN melalui SNBT.

Peserta memiliki akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang dapat dibuat melalui portal SNPMB (https://snpmb.id) dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Peserta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran UTBK-SNBT 2024 sebesar Rp.200.000,00 melalui lembaga dan mekanisme yang akan diinformasikan lebih lanjut oleh panitia.

Peserta memilih program studi yang sesuai dengan peminatan dan kemampuan mereka, serta memperhatikan daya tampung dan persyaratan khusus dari masing-masing PTN.

Peserta bersedia mengikuti UTBK sesuai dengan jadwal dan lokasi yang ditentukan oleh panitia.

Cara Daftar UTBK-SNBT 2024

Setelah memenuhi syarat di atas, peserta dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024 dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Peserta login ke portal SNPMB menggunakan akun SNPMB yang telah dimilikinya. Setelah masuk, peserta dapat memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT.

Peserta melengkapi biodata mereka, termasuk mengunggah pas foto berwarna terbaru. Peserta juga diminta untuk melakukan verifikasi biodata dan mengunduh serta mengunggah pernyataan tunanetra dan/atau hambatan visual jika ada.

Peserta memilih program studi yang diinginkan di PTN yang dituju. Peserta dapat memilih maksimal 3 program studi di 3 PTN berbeda. Bagi peserta yang memilih program studi di bidang seni dan/atau olahraga, wajib mengunggah portofolio sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta memilih pusat pelaksanaan UTBK sesuai dengan preferensi mereka. Peserta dapat memilih salah satu dari 85 pusat UTBK yang tersebar di seluruh Indonesia. Bagi peserta non-pelamar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, akan diberikan informasi dan slip pembayaran biaya UTBK.

Peserta melakukan pembayaran biaya UTBK sesuai dengan lembaga dan mekanisme yang telah ditentukan. Peserta harus membayar biaya UTBK sebelum batas waktu yang ditetapkan, yaitu 5 April 2024. Jika tidak, peserta dianggap batal mendaftar UTBK-SNBT 2024.

Peserta mengunduh kartu peserta UTBK-SNBT yang berisi informasi mengenai jadwal, lokasi, dan tata tertib UTBK. Peserta harus membawa kartu peserta dan identitas diri yang sah saat mengikuti UTBK.

Biaya UTBK-SNBT 2024

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran UTBK-SNBT 2024 adalah sebesar Rp.200.000,00. Biaya ini harus dibayarkan oleh peserta melalui lembaga dan mekanisme yang ditentukan oleh panitia. Namun, ada beberapa kategori peserta yang mendapatkan pembebasan biaya UTBK, yaitu:

Peserta pelamar KIP Kuliah, yaitu peserta yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Peserta pelamar Bidikmisi, yaitu peserta yang memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pemerintah setempat dan memenuhi kriteria akademik yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek.

Peserta pelamar afirmasi, yaitu peserta yang berasal dari daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), Papua dan Papua Barat, atau penyandang disabilitas.

Jadwal UTBK-SNBT 2024

UTBK-SNBT 2024 akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu gelombang 1 pada 30 April dan 2-7 Mei 2024, dan gelombang 2 pada 14-20 Mei 2024. Setiap gelombang terdiri dari dua sesi per hari, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Peserta harus mengikuti UTBK sesuai dengan jadwal dan lokasi yang tertera pada kartu peserta.

UTBK-SNBT 2024 terdiri dari dua jenis tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS adalah tes yang mengukur kemampuan verbal, kuantitatif, dan penalaran umum peserta. TKA adalah tes yang mengukur kemampuan dasar sains dan teknologi (saintek) atau sosial dan humaniora (soshum) peserta sesuai dengan pilihan program studi.

Hasil UTBK-SNBT 2024 akan diumumkan pada 13 Juni 2024 melalui portal SNPMB. Peserta dapat melihat nilai UTBK dan peringkat mereka di setiap program studi yang dipilih. Peserta yang dinyatakan lulus UTBK-SNBT 2024 berhak untuk mendaftar ulang dan melakukan verifikasi data di PTN yang dituju.

Demikianlah ulasan mengenai UTBK-SNBT 2024 yang mencakup syarat, cara daftar, biaya, dan jadwalnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi calon peserta yang ingin melanjutkan studi ke PTN melalui jalur UTBK-SNBT 2024. Selamat berjuang dan sukses!

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Sumber referensi: kumparan.com | edukasi.sindonews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

4 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال