UI dan Unair Jadi PTN dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia

UI dan Unair Jadi PTN dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia
Universitas Airlangga Official Website

PELAJARNEWS.COM - Jurusan teknik elektro merupakan salah satu jurusan yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Jurusan ini mempelajari tentang ilmu dan aplikasi listrik, elektronika, dan elektromagnetika. Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas, mulai dari industri, telekomunikasi, hingga energi.

Namun, tidak semua perguruan tinggi negeri (PTN) memiliki jurusan teknik elektro yang berkualitas. Untuk mengetahui mana PTN yang memiliki jurusan teknik elektro terbaik di Indonesia, kita bisa melihat hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga Times Higher Education World University Rankings (THE WUR).

THE WUR adalah salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi terkemuka di dunia. Lembaga ini menggunakan berbagai indikator untuk menilai kinerja akademik dan penelitian perguruan tinggi, seperti kualitas pengajaran, lingkungan penelitian, reputasi akademik, kerjasama industri, dan pandangan internasional.

Pada tahun 2024, THE WUR merilis pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan bidang ilmu atau subject. Salah satu bidang ilmu yang dinilai adalah engineering and technology, yang mencakup jurusan teknik elektro.

Baca juga:

Berdasarkan pemeringkatan ini, ada 10 PTN di Indonesia yang masuk dalam daftar perguruan tinggi dengan jurusan engineering and technology terbaik di dunia. Dua PTN yang berada di posisi teratas adalah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair).

UI menempati peringkat 801-1000 di dunia untuk bidang engineering and technology. UI memiliki skor keseluruhan 32,7-36,9 dari 100. Skor tertinggi UI adalah untuk indikator international outlook, yaitu 60,3. Indikator ini mengukur seberapa internasional perguruan tinggi dalam hal staf, mahasiswa, dan penelitian.

UI juga memiliki skor yang baik untuk indikator teaching, yaitu 45,5. Indikator ini mengukur kualitas pengajaran di perguruan tinggi, termasuk reputasi akademik, rasio dosen dan mahasiswa, dan jumlah doktor.

Jurusan teknik elektro UI yang menginduk dalam Fakultas Teknik menjadi perguruan tinggi negeri dengan prodi teknik terbaik menurut pemeringkat THE WUR 2024. Jurusan ini memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang teknik elektro.

Jurusan teknik elektro UI memiliki tujuh program studi, yaitu teknik elektro, teknik komputer, teknik fisika, teknik biomedis, teknik sistem dan kontrol, teknik telekomunikasi, dan teknik elektroenergi dan tata udara. Jurusan ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti laboratorium, perpustakaan, dan pusat komputer.

Unair menempati peringkat 1201-1500 di dunia untuk bidang engineering and technology. Unair memiliki skor keseluruhan 22,8-28,2 dari 100. Skor tertinggi Unair adalah untuk indikator industry, yaitu 51,9. Indikator ini mengukur seberapa besar perguruan tinggi berkontribusi dalam inovasi dan transfer pengetahuan ke industri.

Unair juga memiliki skor yang baik untuk indikator international outlook, yaitu 49,3. Indikator ini menunjukkan bahwa Unair memiliki keterbukaan dan kerjasama yang tinggi dengan perguruan tinggi dan peneliti dari luar negeri.

Jurusan teknik elektro Unair yang menginduk dalam Fakultas Teknik menjadi salah satu jurusan teknik elektro terbaik di Indonesia. Jurusan ini memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, dan berjiwa entrepreneurship di bidang teknik elektro.

Jurusan teknik elektro Unair memiliki empat program studi, yaitu teknik elektro, teknik komputer, teknik informatika, dan teknik biomedis. Jurusan ini juga memiliki fasilitas yang memadai, seperti laboratorium, perpustakaan, dan studio multimedia.

10 PTN dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2024

Selain UI dan Unair, ada delapan PTN lain yang masuk dalam daftar perguruan tinggi dengan jurusan engineering and technology terbaik di dunia versi THE WUR 2024. Berikut adalah daftar lengkapnya:

Institut Pertanian Bogor (IPB) - peringkat 801-1000

Institut Teknologi Bandung (ITB) - peringkat 801-1000

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) - peringkat 801-1000

Universitas Brawijaya (UB) - peringkat 801-1000

Universitas Diponegoro (Undip) - peringkat 801-1000

Universitas Gadjah Mada (UGM) - peringkat 801-1000

Universitas Hasanuddin (Unhas) - peringkat 801-1000

Universitas Padjadjaran (Unpad) - peringkat 801-1000

Pemeringkatan perguruan tinggi dengan jurusan engineering and technology terbaik di dunia versi THE WUR 2024 ini bisa menjadi salah satu referensi bagi calon mahasiswa yang ingin memilih jurusan teknik elektro. Namun, pemeringkatan ini bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kualitas perguruan tinggi.

Ada banyak aspek lain yang perlu dipertimbangkan, seperti akreditasi, kurikulum, biaya, fasilitas, lingkungan, dan minat pribadi. Oleh karena itu, calon mahasiswa harus melakukan riset dan konsultasi sebelum memutuskan jurusan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال