Berkacamata Minus Tapi Punya Cita-Cita Jadi PNS? Tenang, Sekolah Kedinasan Ini Bisa Jadi Pilihan!

Daftar Isi

Berkacamata Minus Tapi Punya Cita-Cita Jadi PNS? Tenang, Sekolah Kedinasan Ini Bisa Jadi Pilihan!

PELAJARNEWS.COM - Kabar gembira nih buat kamu yang punya mimpi jadi PNS tapi terhalang mata minus. Jangan khawatir, kamu masih punya kesempatan kok! Tahun 2024 ini, beberapa sekolah kedinasan membuka pintunya lebar-lebar untuk para pejuang dengan mata minus dan berkacamata. 

Jadi, kamu bisa mewujudkan cita-cita menjadi abdi negara tanpa perlu minder karena penglihatanmu.

Sekolah Kedinasan Apa Saja yang Menerima Siswa Bermata Minus?

Biar kamu nggak bingung, berikut daftar sekolah kedinasan yang ramah untuk kamu yang berkacamata:

1. Sekolah Tinggi Ilmu Intelijen Negara (STIN)

STIN berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Berdasarkan pendaftaran tahun sebelumnya, STIN membolehkan siswa berkacamata dengan maksimal minus atau plus 1.

Persyaratan Kesehatan Mata di STIN:

Mata tidak buta warna (red-green color blindness).

Penglihatan mata normal tanpa kacamata/contact lens minimal 6/6 (satu/enam).

Bila menggunakan kacamata/contact lens, penglihatan mata minimal 6/6 (satu/enam) setelah dikoreksi.

Baca jugaDaftar Sekolah Kedinasan Favorit Buat Kamu Jurusan IPA, Menuju Masa Depan Gemilang!

Tips Persiapan Masuk STIN untuk Kamu yang Bermata Minus:

Periksa kesehatan mata secara berkala: Pastikan matamu dalam kondisi sehat dan tidak ada masalah serius yang bisa mengganggu proses belajarmu di STIN. Konsultasikan dengan dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh.

Latih kemampuan fisik: STIN memiliki tes fisik yang cukup ketat. Jadi, mulai persiapkan dirimu dengan berolahraga secara rutin. Lakukan latihan seperti lari, push-up, sit-up, dan lainnya untuk meningkatkan stamina dan kekuatan fisikmu.

Pelajari materi tes: Cari tahu jenis tes apa saja yang akan diadakan di STIN. Lakukan latihan soal dan simulasi tes agar kamu lebih siap saat hari pelaksanaan. STIN biasanya mengadakan tes akademik, tes psikologi, dan tes fisik.

Siapkan mental: Proses seleksi STIN cukup kompetitif. Jadi, persiapkan mentalmu agar tetap tenang dan fokus selama tes berlangsung. Percaya dirilah dengan kemampuanmu dan jangan mudah menyerah.

2. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

PKN STAN berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Sekolah ini tidak mensyaratkan kesehatan mata secara spesifik, tapi kamu tidak boleh bertato dan bertindik (khusus pria).

Tips Persiapan Masuk PKN STAN untuk Kamu yang Bermata Minus:

Perkuat nilai akademik: Nilai akademik menjadi faktor penting dalam seleksi PKN STAN. Pastikan kamu memiliki nilai yang baik dan terus belajar dengan giat. Pelajari materi pelajaran SMA secara mendalam dan ikuti bimbingan belajar jika diperlukan.

Latih kemampuan matematika: PKN STAN terkenal dengan tes matematikanya yang rumit. Jadi, perbanyak latihan soal matematika dan pelajari berbagai teknik penyelesaian soal. Kamu bisa mengikuti tryout atau simulasi tes PKN STAN untuk mengukur kemampuanmu.

Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris: Kemampuan bahasa Inggris juga penting di PKN STAN. Pastikan kamu memiliki kemampuan dasar bahasa Inggris yang baik dan teruslah belajar untuk meningkatkan penguasaanmu.

Ikuti kegiatan ekstrakurikuler: Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang positif dan bermanfaat untuk pengembangan dirimu. Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantumu dalam membangun soft skills dan menunjukkan potensimu kepada pihak penyelenggara seleksi.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Berdasarkan pendaftaran tahun sebelumnya, siswa diperbolehkan berkacamata dengan lensa spheris maksimal minus 4D dan lensa silindris maksimal minus 2D.

Persyaratan Kesehatan Mata di STMKG:

Mata tidak buta warna (red-green color blindness).

Penglihatan mata normal tanpa kacamata/contact lens minimal 6/6 (satu/enam).

Bila menggunakan kacamata/contact lens, penglihatan mata minimal 6/6 (satu/enam) setelah dikoreksi.

Maksimal minus spheris 4D dan silindris 2D.

Tips Persiapan Masuk STMKG untuk Kamu yang Bermata Minus:

Pelajari materi sains: STMKG adalah sekolah kedinasan yang fokus pada ilmu sains, khususnya meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Pastikan kamu memiliki pemahaman dasar yang baik tentang mata pelajaran sains seperti fisika, matematika, dan biologi.

Tingkatkan kemampuan matematika: Matematika juga merupakan salah satu materi utama di STMKG. Pastikan kamu memiliki kemampuan matematika yang baik dan teruslah berlatih soal.

Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang relevan: Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan sains dan teknologi, seperti klub sains, penelitian ilmiah, atau robotika. Kegiatan ini dapat membantumu dalam mengembangkan minat dan bakatmu di bidang sains.

Persiapkan diri untuk tes fisik: STMKG memiliki tes fisik yang cukup menantang. Jadi, persiapkan dirimu dengan berolahraga secara rutin dan latihlah ketahanan fisikmu.

Baca juga8 Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS: Peluang Karir Gemilang di Berbagai Bidang

4. Politeknik Siber dan Sandi Negara (POLTEK SSN)

Berdasarkan pendaftaran tahun sebelumnya, siswa yang mendaftar boleh berkacamata dengan batas maksimal ukuran minus atau plus 1.

Persyaratan Kesehatan Mata di POLTEK SSN:

Mata tidak buta warna (red-green color blindness).

Penglihatan mata normal tanpa kacamata/contact lens minimal 6/6 (satu/enam).

Bila menggunakan kacamata/contact lens, penglihatan mata minimal 6/6 (satu/enam) setelah dikoreksi.

Maksimal minus atau plus 1D.

Tips Persiapan Masuk POLTEK SSN untuk Kamu yang Bermata Minus:

Pelajari materi teknologi informasi: POLTEK SSN adalah sekolah kedinasan yang fokus pada bidang teknologi informasi dan keamanan siber. Pastikan kamu memiliki pemahaman dasar yang baik tentang teknologi informasi, seperti pemrograman, jaringan komputer, dan keamanan siber.

Tingkatkan kemampuan matematika dan logika: Matematika dan logika merupakan kemampuan penting di bidang teknologi informasi. Pastikan kamu memiliki kemampuan matematika dan logika yang baik dan teruslah berlatih soal.

Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang relevan: Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti klub robotika, pemrograman, atau desain grafis. Kegiatan ini dapat membantumu dalam mengembangkan minat dan bakatmu di bidang teknologi informasi.

Persiapkan diri untuk tes bakat: POLTEK SSN biasanya mengadakan tes bakat untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam bidang teknologi informasi dan keamanan siber. Pelajari jenis tes bakat yang akan diadakan dan lakukan latihan untuk meningkatkan kemampuanmu.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS)

STIS berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). STIS juga termasuk sekolah kedinasan yang memperbolehkan siswa berkacamata dan bermata minus. Untuk pengguna kacamata minus dan plus, toleransi diberikan di bawah ukuran 6 dioptri.

Persyaratan Kesehatan Mata di STIS:

Mata tidak buta warna (red-green color blindness).

Penglihatan mata normal tanpa kacamata/contact lens minimal 6/6 (satu/enam).

Bila menggunakan kacamata/contact lens, penglihatan mata minimal 6/6 (satu/enam) setelah dikoreksi.

Maksimal minus atau plus 6D.

Tips Persiapan Masuk STIS untuk Kamu yang Bermata Minus:

Pelajari materi matematika dan statistik: STIS adalah sekolah kedinasan yang fokus pada bidang statistik. Pastikan kamu memiliki kemampuan matematika dan statistik yang baik dan teruslah berlatih soal.

Tingkatkan kemampuan logika dan analisa: Logika dan analisa merupakan kemampuan penting di bidang statistik. Pastikan kamu memiliki kemampuan logika dan analisa yang baik dan teruslah berlatih soal-soal logika dan analisa data.

Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang relevan: Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan matematika dan statistik, seperti olimpiade matematika, penelitian statistik, atau klub data. Kegiatan ini dapat membantumu dalam mengembangkan minat dan bakatmu di bidang matematika dan statistik.

Persiapkan diri untuk tes bakat: STIS biasanya mengadakan tes bakat untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam bidang statistik dan matematika. Pelajari jenis tes bakat yang akan diadakan dan lakukan latihan untuk meningkatkan kemampuanmu.

Baca juga: Biaya Tersembunyi di Balik Kemegahan Sekolah Kedinasan: Persiapkan Diri Anda dengan Panduan Ini

Akhir Kata

Memiliki mata minus bukan halangan untuk mewujudkan cita-citamu menjadi PNS. Dengan persiapan matang dan kerja keras, kamu pasti bisa meraih mimpimu. Ingat, kamu tidak sendirian! Banyak pejuang sekolah kedinasan dengan mata minus yang telah berhasil mewujudkan mimpinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Semangat Sobat Pejuang Sekolah Kedinasan!

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar