3 Jurusan Kuliah S1 dengan Biaya IPI dan UKT Termurah Jalur Mandiri Umum di ITS 2024

Daftar Isi
3 Jurusan Kuliah S1 dengan Biaya IPI dan UKT Termurah Jalur Mandiri Umum di ITS 2024

3 Jurusan Kuliah S1 dengan Biaya IPI dan UKT Termurah Jalur Mandiri Umum di ITS 2024 - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia yang menawarkan berbagai program studi berkualitas. 

Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 melalui jalur mandiri umum, penting untuk mengetahui biaya yang diperlukan. Di ITS, terdapat dua jenis biaya yang harus diperhatikan, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI). 

Artikel ini akan mengulas tiga jurusan S1 di ITS dengan biaya IPI dan UKT termurah untuk tahun 2024.

Apa Itu UKT dan IPI?

Uang Kuliah Tunggal (UKT)

UKT adalah besaran biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa setiap semester. UKT ini bervariasi berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua atau wali mahasiswa, dan di ITS dibagi menjadi beberapa kelompok.

Iuran Pengembangan Institusi (IPI)

IPI adalah biaya tambahan yang dikenakan kepada mahasiswa jalur mandiri umum. Biaya ini terdiri dari dua komponen: IPI awal yang dibayarkan saat daftar ulang, dan IPI semester yang dibayarkan setiap awal semester mulai dari semester 2 hingga 6.

Baca juga: 5 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah yang Perlu Kamu Tahu

Jurusan S1 dengan Biaya IPI dan UKT Termurah di ITS

Berdasarkan informasi dari laman resmi ITS, berikut ini adalah tiga jurusan S1 dengan biaya IPI dan UKT termurah untuk jalur mandiri umum tahun 2024.

1. S1 Fisika

Jurusan Fisika di ITS menawarkan pendidikan yang komprehensif dalam bidang fisika dengan biaya yang relatif terjangkau.

Biaya IPI 2024:

Pilihan 1: Rp40.000.000

Pilihan 2: Rp50.000.000

Biaya UKT 2024:

Kelompok 7: Rp7.500.000

Kelompok 8: Rp10.000.000

Kelompok 9: Rp12.500.000

Jurusan ini cocok bagi mahasiswa yang memiliki minat besar dalam bidang ilmu fisika dan ingin mengembangkan pengetahuan serta keterampilan dalam berbagai aspek fisika.

2. S1 Biologi

Jurusan Biologi di ITS menyediakan pendidikan yang mendalam dalam ilmu biologi, termasuk studi tentang organisme hidup, lingkungan, dan berbagai proses biologis.

Biaya IPI 2024:

Pilihan 1: Rp40.000.000

Pilihan 2: Rp50.000.000

Biaya UKT 2024:

Kelompok 7: Rp7.500.000

Kelompok 8: Rp10.000.000

Kelompok 9: Rp12.500.000

Dengan biaya yang terjangkau, jurusan Biologi di ITS menjadi pilihan menarik bagi calon mahasiswa yang ingin mengeksplorasi ilmu kehidupan.

3. S1 Studi Pembangunan

Jurusan Studi Pembangunan menawarkan program studi yang fokus pada analisis dan solusi masalah pembangunan ekonomi, sosial, dan politik.

Biaya IPI 2024:

Pilihan 1: Rp30.000.000

Pilihan 2: Rp40.000.000

Biaya UKT 2024:

Kelompok 7: Rp7.500.000

Kelompok 8: -

Kelompok 9: -

Jurusan ini ideal bagi mereka yang tertarik pada isu-isu pembangunan dan ingin berkontribusi dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang berkelanjutan.

Mengapa Memilih ITS?

Kualitas Pendidikan

ITS dikenal dengan kualitas pendidikannya yang tinggi dan tenaga pengajar yang kompeten. Selain itu, ITS juga memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar.

Reputasi dan Akreditasi

ITS memiliki reputasi yang baik di tingkat nasional dan internasional. Jurusan-jurusan di ITS telah terakreditasi oleh badan akreditasi nasional, menjamin kualitas pendidikan yang diberikan.

Peluang Karir

Lulusan ITS memiliki peluang karir yang luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Jaringan alumni ITS yang kuat juga membantu lulusan dalam mengembangkan karir mereka.

Tips Memilih Jurusan

Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Hal ini akan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan Anda akan lebih termotivasi untuk meraih prestasi.

Pertimbangkan Prospek Kerja

Sebelum memilih jurusan, pertimbangkan juga prospek kerja di masa depan. Beberapa jurusan mungkin memiliki peluang kerja yang lebih besar dan lebih luas dibandingkan jurusan lainnya.

Pertimbangkan Biaya

Biaya pendidikan adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan. Pastikan Anda memilih jurusan dengan biaya yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan keluarga.

Kesimpulan

Memilih jurusan kuliah adalah keputusan penting yang akan mempengaruhi masa depan Anda. Dengan mengetahui jurusan-jurusan di ITS yang memiliki biaya IPI dan UKT termurah, Anda bisa membuat keputusan yang lebih bijak. 

S1 Fisika, S1 Biologi, dan S1 Studi Pembangunan adalah tiga jurusan di ITS yang menawarkan biaya yang terjangkau tanpa mengorbankan kualitas pendidikan. Pertimbangkan minat, prospek kerja, dan biaya sebelum membuat keputusan akhir. 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi jurusan kuliah di ITS.

Tetap semangat dalam meraih impian Anda dan semoga sukses dalam perjalanan akademis di Institut Teknologi Sepuluh Nopember!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar