5 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah yang Perlu Kamu Tahu

Daftar Isi
5 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah yang Perlu Kamu Tahu

Negara dengan Biaya Kuliah Termurah yang Perlu Kamu Tahu - Buat kalian yang lagi mikirin mau kuliah di luar negeri tapi khawatir soal biaya, ada kabar baik nih. Berdasarkan analisis dari Moneytransfer.co.uk, ada beberapa negara yang menawarkan biaya kuliah dan biaya hidup yang jauh lebih terjangkau. 

Yuk, kita simak bareng-bareng!

1. Turki: Pilihan Terbaik dengan Biaya Terjangkau

Uang Kuliah Bulanan: Rp675,5 Ribu

Harga Sewa Apartemen Satu Kamar Per Bulan: Rp5,5 Juta

Turki adalah negara yang sangat bersahabat di kantong mahasiswa. Dengan biaya kuliah yang murah dan harga sewa apartemen yang relatif rendah, kamu bisa mendapatkan pendidikan berkualitas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Baca jugaBeasiswa Pendidikan Indonesia 2024 untuk S1/D4 hingga S3, Ini Jenis dan Syaratnya

2. Jerman: Pendidikan Gratis untuk Mahasiswa Sarjana

Uang Kuliah Bulanan: Rp675,5 Ribu

Harga Sewa Apartemen Satu Kamar Per Bulan: Rp12 Juta

Jerman memang terkenal dengan kebijakan pendidikan gratis untuk mahasiswa sarjana. Biaya kuliah untuk program pascasarjana juga cukup terjangkau. Selain itu, Jerman memiliki 22 universitas yang masuk dalam THE World University Rankings (WUR) 2023. Ini artinya, selain murah, kualitas pendidikannya pun tidak main-main.

3. Meksiko: Biaya Hidup yang Terjangkau

Uang Kuliah Bulanan: Rp1 Juta

Harga Sewa Apartemen Satu Kamar Per Bulan: Rp7 Juta

Meksiko bisa jadi pilihan yang menarik dengan biaya kuliah dan sewa tempat tinggal yang relatif murah. Ditambah lagi, Meksiko menawarkan budaya yang kaya dan lingkungan yang ramah bagi mahasiswa internasional.

4. Thailand: Pilihan Terbaik di Asia Tenggara

Uang Kuliah Bulanan: Rp2,5 Juta

Harga Sewa Apartemen Satu Kamar Per Bulan: Rp4,9 Juta

Thailand tidak hanya terkenal dengan pariwisatanya, tapi juga dengan biaya pendidikan yang terjangkau. Biaya hidup di Thailand relatif rendah, membuatnya menjadi salah satu destinasi favorit bagi mahasiswa internasional di Asia Tenggara.

5. Brasil: Pendidikan Murah di Amerika Latin

Uang Kuliah Bulanan: Rp1,3 Juta

Harga Sewa Apartemen Satu Kamar Per Bulan: Rp4,2 Juta

Brasil menawarkan biaya kuliah dan sewa tempat tinggal yang murah. Selain itu, Brasil juga dikenal dengan budaya yang hidup dan beragam, menjadikannya tempat yang menarik untuk belajar dan hidup.

Faktor-faktor Penentu Kuliah di Luar Negeri

Selain biaya kuliah dan sewa tempat tinggal, ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih negara tujuan untuk melanjutkan studi:

Biaya Pendidikan: Tentunya ini menjadi faktor utama. Negara dengan biaya pendidikan yang lebih murah tentunya lebih menarik.

Harga Makanan: Biaya hidup sehari-hari seperti makanan juga perlu diperhitungkan.

Biaya Kesehatan/Asuransi: Pastikan negara tujuan memiliki sistem kesehatan yang baik dan terjangkau.

Biaya Transportasi Umum: Akses transportasi yang murah dan mudah juga menjadi pertimbangan penting.

Biaya Akomodasi: Selain sewa apartemen, biaya akomodasi lainnya seperti listrik, air, dan internet juga harus diperhitungkan.

Prospek Pekerjaan: Setelah lulus, peluang kerja di negara tersebut bisa menjadi nilai tambah.

Negara-Negara dengan Biaya Tinggi

Sebaliknya, beberapa negara yang populer di kalangan pelajar internasional seperti Inggris, AS, Kanada, dan Australia dikenal dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang tinggi. Rata-rata sewa bulanan di negara-negara tersebut bisa lebih dari USD1.000 atau sekitar Rp16 juta per bulan.

Sebagai perbandingan, sewa bulanan di negara-negara populer lainnya seperti Jerman (USD800 atau Rp12 juta), Prancis (USD717 atau Rp11,5 juta), dan Italia (USD629 atau Rp10 juta) masih lebih rendah dibandingkan Inggris, AS, dan Australia.

Kesimpulan

Jadi, buat kalian yang sedang mencari negara dengan biaya kuliah dan hidup yang terjangkau, Turki, Jerman, Meksiko, Thailand, dan Brasil bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain murah, negara-negara ini juga menawarkan kualitas pendidikan yang tidak kalah bagus. 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan semua faktor penentu sebelum memutuskan negara tujuan kuliah kalian. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar