10 UIN Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2024, Yuk Daftar!

10 UIN Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2024, Yuk Daftar!

Pelajarnews.com - Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (PTN) dengan basis Islam, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendaftar ke universitas Islam negeri (UIN). UIN adalah PTN yang menyelenggarakan pendidikan tinggi Islam dengan mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan umum. UIN memiliki berbagai program studi yang menawarkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan di era global.

Namun, tidak semua UIN memiliki kualitas yang sama. Ada beberapa UIN yang unggul dalam hal akademik, penelitian, publikasi, dan reputasi. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas UIN adalah dengan melihat peringkatnya di Webometrics, sebuah sistem yang mengukur kinerja web dari ribuan universitas di dunia.

Webometrics menggunakan empat indikator untuk menilai universitas, yaitu: presence (jumlah halaman web yang terkait dengan domain universitas), impact (jumlah sitasi dari halaman web universitas di Google Scholar), openness (jumlah dokumen akademik yang tersedia di repositori web), dan excellence (jumlah publikasi ilmiah yang masuk dalam 10% teratas di bidangnya).

10 UIN Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2024

Berdasarkan peringkat Webometrics edisi Januari 2024, berikut adalah 10 UIN terbaik Indonesia:

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN ini menduduki peringkat pertama di Indonesia dan peringkat 1.264 di dunia. UIN ini memiliki skor tertinggi untuk indikator presence, impact, dan excellence. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. UIN ini menawarkan 12 fakultas, 67 program studi, dan 6 program pascasarjana. 

Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadis, Perbandingan Agama, Psikologi, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Sistem Informasi, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN ini menduduki peringkat kedua di Indonesia dan peringkat 1.507 di dunia. UIN ini memiliki skor tertinggi untuk indikator openness. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. 

UIN ini menawarkan 9 fakultas, 44 program studi, dan 8 program pascasarjana. Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Sastra Arab, Sastra Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

UIN ini menduduki peringkat ketiga di Indonesia dan peringkat 1.738 di dunia. UIN ini memiliki skor tinggi untuk indikator impact dan excellence. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. 

UIN ini menawarkan 8 fakultas, 38 program studi, dan 7 program pascasarjana. Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Aqidah dan Filsafat, Ilmu Syariah, Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Teknik Industri.

4. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UIN ini menduduki peringkat keempat di Indonesia dan peringkat 1.883 di dunia. UIN ini memiliki skor tinggi untuk indikator presence dan openness. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. 

UIN ini menawarkan 11 fakultas, 54 program studi, dan 9 program pascasarjana. Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Tafsir dan Hadis, Ilmu Falak, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Sejarah, Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi, Teknik Sipil, dan Teknik Lingkungan.

5. UIN Alauddin Makassar.

UIN ini menduduki peringkat kelima di Indonesia dan peringkat 2.038 di dunia. UIN ini memiliki skor tinggi untuk indikator impact dan excellence. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. 

UIN ini menawarkan 9 fakultas, 45 program studi, dan 7 program pascasarjana. Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Ushuluddin, Ilmu Dakwah, Ilmu Tarbiyah, Ilmu Ekonomi, Ilmu Sosial dan Politik, Teknik Mesin, dan Teknik Arsitektur.

6. UIN Walisongo Semarang

UIN ini menduduki peringkat keenam di Indonesia dan peringkat 2.089 di dunia. UIN ini memiliki skor tinggi untuk indikator presence dan openness. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. 

UIN ini menawarkan 8 fakultas, 36 program studi, dan 6 program pascasarjana. Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Hadis, Ilmu Fiqih, Ilmu Aqidah dan Filsafat, Ilmu Pendidikan Agama Islam, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

7. UIN Raden Fatah Palembang

UIN ini menduduki peringkat ketujuh di Indonesia dan peringkat 2.144 di dunia. UIN ini memiliki skor tinggi untuk indikator impact dan excellence. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. 

UIN ini menawarkan 7 fakultas, 32 program studi, dan 5 program pascasarjana. Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadis, Ilmu Aqidah dan Filsafat, Ilmu Pendidikan Islam, Ilmu Ekonomi Syariah, Ilmu Manajemen, dan Ilmu Farmasi.

8. UIN Sultan Syarif Kasim Riau

UIN ini menduduki peringkat kedelapan di Indonesia dan peringkat 2.197 di dunia. UIN ini memiliki skor tinggi untuk indikator presence dan openness. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. 

UIN ini menawarkan 8 fakultas, 34 program studi, dan 5 program pascasarjana. Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Tafsir dan Hadis, Ilmu Fiqih, Ilmu Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Perikanan.

9. UIN Ar-Raniry Banda Aceh

UIN ini menduduki peringkat kesembilan di Indonesia dan peringkat 2.249 di dunia. UIN ini memiliki skor tinggi untuk indikator impact dan excellence. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. 

UIN ini menawarkan 8 fakultas, 35 program studi, dan 6 program pascasarjana. Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadis, Ilmu Fiqih, Ilmu Aqidah dan Filsafat, Ilmu Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Pertanian.

10. UIN Antasari Banjarmasin

UIN ini menduduki peringkat kesepuluh di Indonesia dan peringkat 2.302 di dunia. UIN ini memiliki skor tinggi untuk indikator presence dan openness. UIN ini juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan ISO 9001:2015. 

UIN ini menawarkan 7 fakultas, 28 program studi dan 4 program pascasarjana. Beberapa program studi unggulan di UIN ini adalah Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadis, Ilmu Fiqih, Ilmu Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Ekonomi Syariah, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Itulah 10 UIN terbaik Indonesia versi Webometrics 2024 yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melanjutkan studi Anda. Tentu saja, peringkat ini bukanlah satu-satunya faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih UIN. Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor lain seperti minat, bakat, biaya, lokasi, fasilitas, lingkungan, dan peluang karir.

Namun, peringkat ini bisa menjadi salah satu referensi yang berguna untuk mengetahui kualitas dan prestasi UIN di tingkat nasional dan internasional. Dengan memilih UIN yang berkualitas, Anda bisa mendapatkan pendidikan yang bermutu, berwawasan luas, dan berlandaskan nilai-nilai Islam.

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

2 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال