6 Jurusan IT yang Paling Diminati BUMN, Lulusannya Bisa Kerja dengan Gaji Besar

6 Jurusan IT yang Paling Diminati BUMN, Lulusannya Bisa Kerja dengan Gaji Besar
6 Jurusan IT yang Paling Diminati BUMN, Lulusannya Bisa Kerja dengan Gaji Besar (foto by freepik.com)

PELAJARNEWS.COM - Bidang teknologi informasi (IT) merupakan salah satu bidang yang paling berkembang dan diminati saat ini. Banyak perusahaan, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang membutuhkan tenaga profesional di bidang IT untuk mendukung operasional dan pengembangan bisnis mereka.

Lulusan jurusan IT memiliki keunggulan dalam hal keterampilan, pengetahuan, dan prospek karier yang luas. Mereka bisa bekerja di berbagai sektor, mulai dari perbankan, kesehatan, telekomunikasi, hingga pemerintahan. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan gaji yang besar, tergantung dari posisi, pengalaman, dan kinerja mereka.

Namun, tidak semua jurusan IT memiliki peluang yang sama untuk bekerja di BUMN. Ada beberapa jurusan IT yang lebih banyak dicari dan diincar oleh BUMN karena sesuai dengan kebutuhan dan visi mereka. Apa saja jurusan IT tersebut? Berikut adalah daftarnya, berdasarkan sumber dari akun Instagram @masukptn.

6 Jurusan IT yang Paling Diminati BUMN

1. Ilmu Komputer

Jurusan ini mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik komputasi, baik secara matematis maupun logis. Lulusan ilmu komputer memiliki kemampuan untuk merancang, mengembangkan, dan menganalisis berbagai jenis software, sistem informasi, dan aplikasi komputer.

Beberapa BUMN yang membutuhkan lulusan ilmu komputer adalah Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI. Mereka membutuhkan lulusan ilmu komputer untuk mengelola sistem perbankan, keuangan, dan transaksi digital mereka.

2. Teknik Informatika

Jurusan ini mempelajari tentang pengembangan dan pengelolaan software, hardware, dan jaringan komputer. Lulusan teknik informatika memiliki kemampuan untuk membuat, menguji, dan memperbaiki program komputer, sistem operasi, database, dan sistem keamanan.

Beberapa BUMN yang membutuhkan lulusan teknik informatika adalah PT Telkom, PT PLN, dan PT Pertamina. Mereka membutuhkan lulusan teknik informatika untuk mengelola infrastruktur telekomunikasi, listrik, dan energi mereka.

3. Teknik Telekomunikasi

Jurusan ini mempelajari tentang penggunaan dan pengelolaan gelombang elektromagnetik untuk mengirim dan menerima informasi secara nirkabel. Lulusan teknik telekomunikasi memiliki kemampuan untuk merancang, menginstal, dan mengoperasikan sistem komunikasi seperti radio, televisi, telepon, dan internet.

Beberapa BUMN yang membutuhkan lulusan teknik telekomunikasi adalah PT Telkom, PT Pos Indonesia, dan PT Angkasa Pura. Mereka membutuhkan lulusan teknik telekomunikasi untuk mengelola layanan komunikasi, pos, dan transportasi udara mereka.

4. Teknik Elektro

Jurusan ini mempelajari tentang penerapan prinsip-prinsip fisika dan matematika dalam bidang elektromagnetisme, listrik, dan elektronika. Lulusan teknik elektro memiliki kemampuan untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat, sistem, dan rangkaian elektronik.

Beberapa BUMN yang membutuhkan lulusan teknik elektro adalah PT PLN, PT Kereta Api Indonesia, dan PT PAL. Mereka membutuhkan lulusan teknik elektro untuk mengelola pasokan listrik, transportasi kereta api, dan industri maritim mereka.

5. Sistem Informasi

Jurusan ini mempelajari tentang integrasi antara teknologi informasi dengan aspek bisnis dan manajemen. Lulusan sistem informasi memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan sistem informasi yang mendukung proses bisnis dan pengambilan keputusan.

Beberapa BUMN yang membutuhkan lulusan sistem informasi adalah PT Kimia Farma, PT Pos Indonesia, dan PT Jasa Marga. Mereka membutuhkan lulusan sistem informasi untuk mengelola data, informasi, dan pengetahuan yang berkaitan dengan produk, layanan, dan pelanggan mereka.

6. Data Science

Jurusan ini mempelajari tentang pengumpulan, pengolahan, dan analisis data untuk menghasilkan wawasan dan solusi yang bermanfaat. Lulusan data science memiliki kemampuan untuk menggunakan metode statistik, matematik, dan komputasi untuk mengekstrak, memvisualisasikan, dan memodelkan data.

Beberapa BUMN yang membutuhkan lulusan data science adalah PT Pertamina, PT Bio Farma, dan PT Pindad. Mereka membutuhkan lulusan data science untuk mengelola data yang berkaitan dengan eksplorasi, produksi, dan distribusi energi, kesehatan, dan pertahanan.

Itulah 6 jurusan IT yang paling diminati oleh BUMN. Jika Anda tertarik untuk bekerja di BUMN dan memiliki minat dan bakat di bidang IT, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih salah satu jurusan IT tersebut. 

Namun, ingatlah bahwa jurusan IT bukanlah jaminan untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang besar. Anda juga harus memiliki keterampilan, sikap, dan etos kerja yang baik untuk bersaing di dunia kerja.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

1 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال