7 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak yang Efektif dan Menyenangkan

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak yang Efektif dan Menyenangkan
Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak (foto by freepik.com)

Pelajarnews.com
- Belajar bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan yang sangat berguna di era globalisasi saat ini. Bahasa Inggris dapat membuka peluang karier, pendidikan, dan hiburan yang lebih luas dan menarik. 

Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan atau waktu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris secara formal. Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak, jangan khawatir. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda sendiri, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal atau terikat jadwal.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan 7 tips belajar bahasa Inggris otodidak yang efektif dan menyenangkan. Simak baik-baik ya!

{getToc} $title={Table of Contents}

7 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak yang Efektif dan Menyenangkan

1. Tentukan Tujuan dan Motivasi Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum belajar bahasa Inggris otodidak adalah menentukan tujuan dan motivasi Anda. Apa alasan Anda ingin belajar bahasa Inggris? Apa yang ingin Anda capai dengan belajar bahasa Inggris? Apa manfaat yang akan Anda dapatkan dari belajar bahasa Inggris? Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur dan spesifik. 

Misalnya, Anda ingin belajar bahasa Inggris karena ingin melamar pekerjaan di perusahaan multinasional, atau ingin melanjutkan studi di luar negeri, atau ingin menonton film dan serial favorit Anda tanpa subtitle. Dengan mengetahui tujuan dan motivasi Anda, Anda akan lebih fokus, bersemangat, dan bertanggung jawab dalam belajar bahasa Inggris.

2. Pilih Sumber Belajar yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Minat Anda

Setelah menentukan tujuan dan motivasi Anda, langkah selanjutnya adalah memilih sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Ada banyak sumber belajar bahasa Inggris yang tersedia di internet, mulai dari website, aplikasi, podcast, video, buku, artikel, dan lain-lain. 

Anda dapat memilih sumber belajar yang paling cocok dengan level, gaya, dan topik yang Anda sukai. Misalnya, jika Anda ingin belajar kosakata bahasa Inggris seputar bisnis, Anda dapat mengunjungi website Business English Pod yang menyediakan podcast, video, dan latihan bahasa Inggris bisnis. 

Atau, jika Anda ingin belajar tata bahasa bahasa Inggris dengan mudah, Anda dapat mengunduh aplikasi Duolingo yang menyajikan materi dan kuis bahasa Inggris dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

3. Buat Jadwal Belajar yang Teratur dan Fleksibel

Belajar bahasa Inggris otodidak membutuhkan kedisiplinan dan konsistensi yang tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu membuat jadwal belajar yang teratur dan fleksibel. Jadwal belajar yang teratur akan membantu Anda untuk membiasakan diri dengan belajar bahasa Inggris secara rutin dan mengukur kemajuan Anda. 

Jadwal belajar yang fleksibel akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi yang berubah-ubah. Anda dapat menentukan sendiri berapa lama, kapan, dan di mana Anda belajar bahasa Inggris. 

Yang penting, Anda harus mengikuti jadwal belajar yang telah Anda buat dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk memberikan reward atau penghargaan kepada diri Anda sendiri setiap kali Anda berhasil menyelesaikan jadwal belajar Anda.

4. Praktikkan Empat Keterampilan Bahasa Inggris Anda

Belajar bahasa Inggris otodidak tidak hanya berarti mempelajari teori atau aturan-aturan bahasa Inggris. Anda juga harus praktikkan empat keterampilan bahasa Inggris Anda, yaitu listening, speaking, reading, dan writing. 

Empat keterampilan ini saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain. Dengan mengasah empat keterampilan ini, Anda akan lebih mahir dan percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk praktikkan empat keterampilan bahasa Inggris Anda:

Listening: Dengarkan podcast, video, lagu, atau audio bahasa Inggris yang sesuai dengan level dan minat Anda. Anda dapat menggunakan subtitle bahasa Inggris jika perlu, tetapi jangan terlalu bergantung pada subtitle. Cobalah untuk memahami makna umum, ide utama, dan detail penting dari apa yang Anda dengar. Anda juga dapat menirukan cara pengucapan, intonasi, dan aksen dari penutur asli bahasa Inggris.

Speaking: Berbicaralah bahasa Inggris dengan diri sendiri, teman, keluarga, atau orang asing yang Anda temui di internet. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti HelloTalk atau Tandem yang menghubungkan Anda dengan penutur asli bahasa Inggris dari seluruh dunia. Anda juga dapat merekam suara Anda sendiri saat berbicara bahasa Inggris, lalu mendengarkan kembali dan mengevaluasi kekurangan dan kelebihan Anda.

Reading: Baca buku, artikel, berita, komik, atau teks bahasa Inggris yang sesuai dengan level dan minat Anda. Anda dapat menggunakan kamus online seperti Google Translate atau [Cambridge Dictionary] untuk mencari arti kata-kata yang tidak Anda mengerti. Cobalah untuk memahami gagasan utama, informasi spesifik, dan sudut pandang dari teks yang Anda baca. Anda juga dapat menulis ringkasan atau ulasan dari teks yang Anda baca.

Writing: Tulislah teks bahasa Inggris dengan topik dan genre yang Anda sukai. Anda dapat menulis diary, cerita pendek, puisi, esai, artikel, atau email bahasa Inggris. Anda dapat menggunakan alat bantu seperti Grammarly atau Hemingway untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan tata bahasa, ejaan, dan gaya tulisan Anda. Anda juga dapat meminta masukan atau koreksi dari orang lain yang lebih ahli bahasa Inggris.

5. Perkaya Kosakata Bahasa Inggris Anda

Kosakata adalah salah satu unsur penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan memiliki kosakata yang luas, Anda akan lebih mudah untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pendapat Anda dalam bahasa Inggris. 

Anda juga akan lebih mudah untuk memahami apa yang orang lain katakan atau tulis dalam bahasa Inggris. Untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris Anda, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

Catat dan hafalkan kata-kata baru yang Anda temukan saat mendengar, berbicara, membaca, atau menulis bahasa Inggris. Anda dapat menggunakan kartu flash, aplikasi, atau buku catatan untuk menyimpan dan mengulang kata-kata baru tersebut.

Pelajari kata-kata yang berhubungan dengan topik atau bidang yang Anda minati. Misalnya, jika Anda suka dengan olahraga, Anda dapat mempelajari kata-kata yang berkaitan dengan olahraga, seperti nama-nama cabang olahraga, peralatan olahraga, aturan olahraga, dan lain-lain.

Pelajari kata-kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, seperti kata sapaan, ucapan terima kasih, permintaan maaf, pertanyaan, dan lain-lain. Anda juga dapat mempelajari ungkapan atau idiom bahasa Inggris yang umum, seperti break a leg, hit the sack, piece of cake, dan lain-lain.

Pelajari sinonim dan antonim dari kata-kata yang Anda ketahui. Sinonim adalah kata-kata yang memiliki makna yang sama atau mirip, sedangkan antonim adalah kata-kata yang memiliki makna yang berlawanan. Dengan mempelajari sinonim dan antonim, Anda akan dapat menggunakan kata-kata yang lebih bervariasi

6. Beri Diri Anda Tantangan dan Feedback

Belajar bahasa Inggris otodidak tidak berarti Anda harus belajar sendirian. Anda juga perlu memberi diri Anda tantangan dan feedback yang dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri Anda dalam berbahasa Inggris. 

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memberi diri Anda tantangan dan feedback, antara lain:

Ikutlah tes bahasa Inggris online yang dapat mengukur level dan kemampuan Anda dalam bahasa Inggris. 

Anda dapat mencoba tes seperti TOEFL, IELTS, TOEIC, atau EF SET yang dapat memberikan Anda skor dan sertifikat resmi. Anda juga dapat mencoba tes seperti Cambridge English Test atau British Council English Test yang dapat memberikan Anda saran dan rekomendasi untuk meningkatkan bahasa Inggris Anda.

Bergabunglah dengan komunitas atau forum belajar bahasa Inggris online yang dapat memberikan Anda kesempatan untuk berinteraksi, berdiskusi, dan bertukar pengalaman dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Anda dapat bergabung dengan komunitas seperti English Club, Learn English Online, English Forums, atau Reddit yang memiliki banyak topik dan aktivitas yang berkaitan dengan bahasa Inggris.

Buatlah blog atau media sosial bahasa Inggris yang dapat memberikan Anda ruang untuk mengekspresikan diri, berbagi ide, dan mendapatkan feedback dari pembaca atau pengikut Anda.

Anda dapat membuat blog atau media sosial bahasa Inggris dengan tema atau niche yang Anda sukai, seperti hobi, pendidikan, gaya hidup, atau apapun yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengikuti tantangan atau kontes menulis bahasa Inggris yang sering diadakan oleh berbagai platform online.

7. Nikmati Proses Belajar Anda

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah menikmati proses belajar Anda. Belajar bahasa Inggris otodidak tidak harus menjadi sesuatu yang membosankan, menyulitkan, atau menakutkan. 

Anda dapat menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai sesuatu yang menyenangkan, menantang, dan memuaskan. Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk menikmati proses belajar Anda:

Jadikan belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari rutinitas atau gaya hidup Anda. 

Anda dapat menyisipkan belajar bahasa Inggris di antara aktivitas sehari-hari Anda, seperti saat sarapan, berangkat kerja, istirahat, atau sebelum tidur. Anda juga dapat mengganti beberapa kebiasaan Anda dengan bahasa Inggris, seperti mengganti bahasa ponsel, komputer, atau media sosial Anda dengan bahasa Inggris, atau menonton film atau serial favorit Anda dengan bahasa Inggris.

Jadikan belajar bahasa Inggris sebagai kesempatan untuk belajar hal-hal baru yang menarik dan bermanfaat bagi Anda. 

Anda dapat memilih topik atau materi bahasa Inggris yang sesuai dengan minat atau tujuan Anda, seperti budaya, sejarah, sains, seni, atau apapun yang Anda ingin ketahui. Anda juga dapat memanfaatkan bahasa Inggris untuk mengakses sumber informasi yang lebih luas dan kredibel dari seluruh dunia.

Jadikan belajar bahasa Inggris sebagai alat untuk mengembangkan diri dan bersosialisasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya. 

Anda dapat menggunakan bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda, serta memperluas jaringan dan persahabatan Anda. Anda juga dapat menggunakan bahasa Inggris untuk berkontribusi dan berpartisipasi dalam berbagai isu dan gerakan global yang penting dan relevan dengan Anda.

Baca juga:

Akhir Kata

Demikianlah 7 tips belajar bahasa Inggris otodidak yang efektif dan menyenangkan yang dapat Anda coba. Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih mandiri, fleksibel, dan menyenangkan. 

Anda juga dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri Anda dalam berbahasa Inggris. Ingat, belajar bahasa Inggris otodidak bukanlah hal yang mustahil. Anda hanya perlu memiliki tujuan, motivasi, sumber belajar, jadwal belajar, keterampilan, kosakata, tantangan, feedback, dan kesenangan dalam belajar bahasa Inggris. Selamat belajar dan semoga berhasil!

FAQ

Bagaimana cara memulai belajar bahasa Inggris otodidak?

Mulailah dengan menetapkan tujuan yang jelas, membuat jadwal belajar, dan memanfaatkan sumber daya online untuk memulai.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguasai bahasa Inggris?

Waktu yang dibutuhkan bervariasi untuk setiap individu dan bergantung pada tingkat komitmen, metode belajar, dan kesempatan untuk berlatih.

Apakah aplikasi pembelajaran bahasa benar-benar efektif?

Aplikasi pembelajaran bahasa bisa sangat efektif jika digunakan secara konsisten dan sebagai bagian dari strategi belajar yang lebih luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال