Cara Jawab Soal TKP dengan Cepat dan Tepat, Raih Nilai Tinggi di CPNS 2024

Cara Jawab Soal TKP dengan Cepat dan Tepat, Raih Nilai Tinggi di CPNS 2024
Cara Jawab Soal TKP dengan Cepat dan Tepat (foto by freepik.com)

PELAJARNEWS.COM - Apakah Anda termasuk salah satu dari jutaan pelamar CPNS 2024 yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tes SKD? Jika iya, maka Anda perlu mengetahui cara jawab soal TKP dengan cepat dan tepat agar bisa meraih nilai tinggi dan lolos ke tahap selanjutnya.

TKP atau Tes Karakteristik Pribadi adalah salah satu bagian dari SKD yang menilai sikap dan perilaku Anda sebagai calon ASN. TKP terdiri dari 45 soal dengan nilai maksimal 225. Nilai ambang batas atau passing grade TKP untuk formasi umum adalah 166.

Soal TKP biasanya berupa studi kasus yang menguji kemampuan Anda dalam hal pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme. Anda harus memilih jawaban yang paling sesuai dengan prinsip-prinsip ASN yang diharapkan oleh pemerintah.

Cara Jawab Soal TKP dengan Cepat dan Tepat

Lalu, bagaimana cara jawab soal TKP dengan cepat dan tepat? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat menghadapi tes TKP.

1. Pahami Kisi-Kisi Materi TKP

Sebelum menghadapi tes TKP, Anda harus memahami kisi-kisi materi yang telah ditetapkan oleh BKN. Kisi-kisi materi TKP meliputi:

Pelayanan publik: kemampuan memberikan pelayanan yang berkualitas, profesional, responsif, dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Jejaring kerja: kemampuan menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan rekan kerja, atasan, bawahan, dan pihak eksternal.

Sosial budaya: kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sosial budaya yang beragam dan menunjukkan sikap toleran, empati, dan peduli.

Teknologi informasi dan komunikasi: kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pekerjaan dan meningkatkan kinerja.

Profesionalisme: kemampuan menunjukkan sikap disiplin, bertanggung jawab, berintegritas, dan berkomitmen terhadap tugas dan fungsi sebagai ASN.

Anti radikalisme: kemampuan menolak paham radikal yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dengan memahami kisi-kisi materi TKP, Anda akan lebih mudah mengenali jenis soal dan menentukan jawaban yang paling tepat.

2. Pilih Jawaban yang Paling Menguntungkan Masyarakat

Salah satu kunci untuk menjawab soal TKP dengan tepat adalah memilih jawaban yang paling menguntungkan masyarakat. Hal ini karena sebagai ASN, Anda diharapkan mampu memberikan pelayanan publik yang optimal dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jadi, saat menghadapi soal TKP, Anda harus berpikir dari sudut pandang masyarakat, bukan dari sudut pandang pribadi, kelompok, atau organisasi. Pilihlah jawaban yang paling mencerminkan sikap proaktif, responsif, solutif, dan inklusif dalam memberikan pelayanan publik.

Contoh soal TKP:

Anda adalah seorang pegawai di Dinas Kesehatan yang bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan di sekolah-sekolah. Suatu hari, Anda mendapat tugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di sebuah sekolah dasar yang berada di daerah terpencil. 

Namun, di tengah perjalanan, mobil dinas yang Anda tumpangi mengalami kerusakan. Anda tidak bisa menghubungi kantor atau sekolah tujuan karena sinyal telepon tidak ada. Apa yang akan Anda lakukan?

A. Menunggu mobil dinas diperbaiki dan melanjutkan perjalanan ke sekolah tujuan meskipun terlambat. 

B. Mencari transportasi alternatif untuk sampai ke sekolah tujuan sesuai jadwal yang telah ditentukan. 

C. Kembali ke kantor dan melaporkan kejadian tersebut kepada atasan, kemudian menjadwalkan ulang pemeriksaan kesehatan di sekolah tersebut. 

D. Membatalkan pemeriksaan kesehatan di sekolah tersebut dan mengusulkan agar dilakukan di kantor dinas saja.

Jawaban yang paling tepat adalah B

Jawaban ini menunjukkan sikap proaktif dan responsif dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya siswa di sekolah tujuan.

3. Pilih Jawaban yang Paling Sesuai dengan Prinsip ASN

Selain memilih jawaban yang paling menguntungkan masyarakat, Anda juga harus memilih jawaban yang paling sesuai dengan prinsip ASN. Prinsip ASN adalah nilai-nilai dasar yang harus dipegang oleh setiap ASN dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Prinsip ASN meliputi:

Nasionalisme: kesetiaan dan kecintaan terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai dasar negara dan ideologi negara.

Integritas: kejujuran, konsistensi, dan keteladanan dalam berperilaku sesuai dengan norma, etika, dan kode etik ASN.

Bela negara: kesadaran, sikap, perilaku, dan tindakan warga negara yang dijiwai oleh patriotisme dan nasionalisme dalam menjamin kelangsungan hidup, keutuhan, dan kedaulatan negara.

Profesionalisme: kompetensi, kinerja, tanggung jawab, dan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas dan fungsi ASN sesuai dengan standar pelayanan publik.

Jadi, saat menghadapi soal TKP, Anda harus berpikir dari sudut pandang ASN, bukan dari sudut pandang pribadi, kelompok, atau organisasi. Pilihlah jawaban yang paling mencerminkan sikap nasionalis, berintegritas, bela negara, dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsi ASN.

Contoh soal TKP:

Anda adalah seorang pegawai di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertugas mengawasi pelaksanaan ujian nasional di sekolah-sekolah. Suatu hari, Anda mendapat informasi bahwa ada sebuah sekolah yang diduga melakukan kecurangan dalam ujian nasional. 

Informasi tersebut berasal dari salah satu guru di sekolah tersebut yang merupakan teman Anda. Apa yang akan Anda lakukan?

A. Mengabaikan informasi tersebut karena tidak ada bukti yang kuat dan tidak ingin menimbulkan masalah dengan sekolah tersebut. 

B. Mengkonfirmasi informasi tersebut dengan menghubungi kepala sekolah atau pengawas ujian di sekolah tersebut dan meminta penjelasan.

 C. Melaporkan informasi tersebut kepada atasan dan menyerahkan penanganan kasus tersebut kepada pihak yang berwenang. 

D. Menyelidiki informasi tersebut dengan mendatangi sekolah tersebut secara langsung dan mengumpulkan bukti-bukti yang relevan.

Jawaban yang paling tepat adalah D.

Jawaban ini menunjukkan sikap profesional dan berintegritas dalam mengawasi pelaksanaan ujian nasional yang merupakan tugas dan fungsi ASN di bidang pendidikan.

4. Pilih Jawaban yang Paling Mempertimbangkan Aspek Lain

Selain memilih jawaban yang paling menguntungkan masyarakat dan paling sesuai dengan prinsip ASN, Anda juga harus memilih jawaban yang paling mempertimbangkan aspek lain yang relevan dengan soal TKP. Aspek lain yang dimaksud adalah aspek hukum, kebijakan, etika, budaya, sosial, ekonomi, politik, dan sebagainya.

Dengan mempertimbangkan aspek lain, Anda akan lebih mampu memberikan jawaban yang komprehensif, rasional, dan solutif. Anda juga akan menghindari jawaban yang bersifat emosional, subjektif, atau kontraproduktif.

Contoh soal TKP:

Anda adalah seorang pegawai di Kementerian Pertanian yang bertugas melakukan sosialisasi program ketahanan pangan di desa-desa. Suatu hari, Anda mendapat tugas untuk melakukan sosialisasi di sebuah desa yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. 

Namun, saat Anda tiba di desa tersebut, Anda disambut dengan sikap dingin dan tidak ramah oleh para petani. Mereka mengatakan bahwa mereka tidak tertarik dengan program ketahanan pangan yang Anda tawarkan karena mereka sudah puas dengan hasil panen mereka. Apa yang akan Anda lakukan?

A. Menyerah dan meninggalkan desa tersebut tanpa melakukan sosialisasi karena merasa tidak dihargai oleh para petani. 

B. Memaksa para petani untuk mengikuti sosialisasi dengan mengancam akan mengurangi bantuan pemerintah bagi mereka jika tidak mau bekerja sama. 

C. Menghormati keputusan para petani dan mencari desa lain yang lebih membutuhkan sosialisasi program ketahanan pangan. 

D. Mencoba meyakinkan para petani dengan memberikan informasi dan data yang relevan tentang manfaat program ketahanan pangan bagi mereka.

Jawaban yang paling tepat adalah D.

Jawaban ini menunjukkan sikap profesional dan solutif dalam melakukan sosialisasi program ketahanan pangan yang merupakan tugas dan fungsi ASN di bidang pertanian. Jawaban ini juga mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan budaya yang mempengaruhi sikap dan perilaku para petani. 

5. Pilih Jawaban yang Paling Logis dan Konsisten

Terakhir, Anda juga harus memilih jawaban yang paling logis dan konsisten saat menjawab soal TKP. Jawaban yang logis adalah jawaban yang berdasarkan pada fakta, data, atau pengetahuan yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Jawaban yang konsisten adalah jawaban yang tidak bertentangan dengan jawaban sebelumnya atau dengan prinsip-prinsip ASN.

Dengan memilih jawaban yang logis dan konsisten, Anda akan lebih mampu memberikan jawaban yang akurat, objektif, dan kredibel. Anda juga akan menghindari jawaban yang bersifat asal, spekulatif, atau kontradiktif.

Contoh soal TKP:

Anda adalah seorang pegawai di Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertugas melakukan pengawasan terhadap konten media sosial. Suatu hari, Anda menemukan sebuah akun media sosial yang diduga menyebarkan berita palsu atau hoaks tentang pemerintah. 

Akun tersebut juga sering mengkritik dan menjelek-jelekkan pemerintah dengan menggunakan bahasa yang kasar dan provokatif. Apa yang akan Anda lakukan?

A. Mengabaikan akun tersebut karena menganggap bahwa itu adalah hak kebebasan berpendapat dan berbicara dari pemilik akun. 

B. Melaporkan akun tersebut kepada pihak media sosial dan meminta agar akun tersebut diblokir atau dihapus karena melanggar aturan. 

C. Menghubungi pemilik akun tersebut dan memberikan klarifikasi atau bantahan terhadap berita palsu atau hoaks yang disebarkan oleh akun tersebut. 

D. Membuat akun media sosial palsu dan melakukan balasan atau serangan balik terhadap akun tersebut dengan menggunakan bahasa yang sama atau lebih kasar.

Jawaban yang paling tepat adalah B. 

Jawaban ini menunjukkan sikap profesional dan logis dalam melakukan pengawasan terhadap konten media sosial yang merupakan tugas dan fungsi ASN di bidang komunikasi dan informatika. Jawaban ini juga konsisten dengan prinsip anti radikalisme yang menolak paham radikal yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Akhir Kata

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjawab soal TKP dengan cepat dan tepat. Dengan menerapkan tips ini, Anda akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tes SKD CPNS 2021. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu Anda meraih nilai tinggi dan lolos ke tahap selanjutnya. Selamat berjuang!

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال