Contoh Ide Pidato 17 Agustus 2023: SD, SMP, SMA, dan RT

Daftar Isi
Contoh Ide Pidato 17 Agustus 2023: SD, SMP, SMA, dan RT

Contoh Ide Pidato 17 Agustus 2023 - Tanggal 17 Agustus merupakan hari yang sangat spesial bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal ini, seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. 

Berbagai kegiatan dan lomba diadakan untuk menyemarakkan peringatan ini, salah satunya adalah lomba pidato. 

Pidato 17 Agustus biasanya berisi pesan untuk mengenang jasa para pahlawan dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif. 

Artikel ini akan memberikan beberapa contoh pidato kemerdekaan yang bisa dijadikan referensi bagi anak-anak dari tingkat SD hingga SMA dan juga untuk tingkat RT.

Baca juga: 10 Kumpulan Puisi Tentang Pendidikan yang Menginspirasi

Contoh Pidato Kemerdekaan Tingkat SD

1. Pidato Kemerdekaan di Sekolah dalam Rangka Mengenang Jasa Para Pahlawan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 dalam keadaan sehat tanpa ada kekurangan sedikit pun.

Pada pagi hari yang cerah ini, saya akan menyampaikan pidato yang berjudul "Mari Kita Mengisi Kemerdekaan Ini". Tujuannya agar kita semua kembali sadar dan mau bergerak untuk mengisi kemerdekaan yang telah kita dapatkan saat ini. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua dan juga Tanah Air tercinta kita, Indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Marilah kita menundukkan kepala kita sejenak dan berdoa untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan ini. Semoga mereka mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Amin.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Apabila banyak kekurangan, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Pidato Singkat Memperingati Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua,

Yang saya hormati Ibu Kepala Sekolah, Bapak & Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai sekaligus saya banggakan.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dalam sebuah pidatonya, Ir. Soekarno pernah mengatakan bahwa kemerdekaan merupakan jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kehidupan yang adil dan makmur.

Marilah dengan memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 kali ini, kita contoh sikap para pahlawan yang rela berkorban tanpa pamrih serta menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Jangan sampai kita malah mementingkan kepentingan pribadi atau golongan di atas kepentingan bersama.

Kiranya cukup sekian pidato dari saya. Terima kasih perhatiannya. Namun sebelum mengakhiri pidato kali ini, terlebih dahulu saya memohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu guru atau teman-teman semua. Terima kasih.

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

3. Pidato Hari Kemerdekaan di Sekolah

Assalamualaikum, wr. wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kita bisa berkumpul di sini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Hari Kemerdekaan Indonesia merupakan tonggak sejarah baru untuk bangsa Indonesia. Mari kita ingat dan teladani Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus sebagai proses menuju menjadi negara yang lebih baik.

Hari Kemerdekaan diperingati agar kita senantiasa bersyukur atas perjuangan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Salah satu hal yang dapat dilakukan guna mengisi kemerdekaan itu adalah dengan bersungguh-sungguh dalam belajar. Kita sebagai generasi penerus bangsa hendaknya senantiasa mengisi kemerdekaan dengan hal-hal baik dan bermanfaat supaya perjuangan para pahlawan tidak sia-sia.

Demikian pidato dari saya, sekali lagi marilah kita senantiasa mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini. Sekian pidato dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih.

Contoh Pidato Kemerdekaan Tingkat SMP

1. Pidato Singkat Hari Kemerdekaan Indonesia

Assalamualaikum, wr.wb.

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru, serta segenap teman-teman semua yang saya sayangi,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini tanpa ada halangan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Sudah 78 tahun kita merdeka dari penjajahan. Tak terasa bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan yang begitu pesat, hingga kita hampir kewalahan dalam mengikuti perkembangannya. Seharusnya, peringatan Hari Kemerdekaan kali ini dapat menjadi momen untuk meningkatkan adaptasi kita terhadap perkembangan zaman sebagai bentuk renungan atas jasa dan perjuangan para pahlawan, sekalipun merenungkan kembali kondisi negara ini.

Apakah dengan hanya merdeka seperti yang dikatakan, kita sudah sepenuhnya bisa mengikuti perkembangan zaman dan tetap merdeka? Atau justru malah terjajah secara tidak langsung?

Sayangnya, momen Hari Kemerdekaan terjadinya hanya dirayakan dengan berbagai lomba dan acara perayaan semata, padahal jika dicermati beberapa tidak berhubungan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara ini.

Mungkin memang sudah menjadi hal yang lumrah jika mengadakan lomba atau perayaan untuk memperingatinya. Namun lebih baik lagi jika hal tersebut bisa dijadikan tempat untuk merenungi jasa para pahlawan serta kemerdekaan negara yang kita cintai ini.

Maka dari itu, di momen yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berhasil menuntun kita pada gerbang kemerdekaan negara, sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat ini. Selain itu, mari kita jadikan momen hari kemerdekaan ini sebagai ajang untuk merevolusi dan merencanakan kontribusi nyata apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan tetap terjaga, supaya negara ini damai. Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga anak cucu kita nanti.

Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan pada pidato kali ini. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan, karena sejatinya kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Terima kasih.

2. Pidato Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia

Selamat pagi,

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah, yang saya hormati Bapak & Ibu guru, dan yang saya banggakan teman-teman yang berbahagia.

Pertama-tama dan yang paling utama kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan atas berkat dan rahmat-Nya kita bisa bersama-sama hadir di tempat yang mulia ini dalam keadaan sehat dan tidak kekurangan sesuatu apa pun.

Perkenankan saya di sini sebagai siswa memberikan sedikit pengetahuan dan berbagi ilmu kepada kawan serta Bapak/Ibu semua berkaitan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Pada hari itu, tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta telah terjadi peristiwa proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh Ir. Soekarno. Peringatan kemerdekaan Indonesia ini sekaligus juga mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan yang dengan gagah dan rela mati demi membebaskan kita dari belenggu kekangan yang begitu berat.

Di tengah derasnya arus globalisasi, dengan keterbatasan dan kondisi negara yang menginjak usia 78 tahun ini, seluruh rakyat Indonesia kompak menolak kembalinya penjajahan walaupun dalam model yang baru. Rakyat sudah muak dengan penjajahan! Kemerdekaan adalah harga mati dan nyawapun dipertaruhkan untuk mempertahankannya!

Di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, rakyat akan sadar dan mengangkat senjata untuk menolak kedatangan penjajah yang ingin menguasai Indonesia. Kita rela mengorbankan nyawa asalkan negara Indonesia tetap merdeka!

Kini dengan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, sejenak mari kita kembali mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Jika mereka rela berkorban nyawa demi kemerdekaan, apa yang akan kita berikan kepada negara ini untuk menjaga kemerdekaannya? Apakah ilmu? Apakah pembangunan? Apakah karya? Hanya kitalah yang dapat menjawab semua itu.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk bahu membahu membangun negeri yang tercinta ini, sehingga negara Indonesia menjadi bangsa yang maju dan disegani oleh dunia. Hilangkan perselisihan dan perbedaan, satukan langkah menuju Indonesia yang semakin maju dan merdeka. Sekian saja pidato dari saya, apabila ada salah-salah kata, saya mohon maaf.

Contoh Pidato Kemerdekaan Tingkat SMA

1. Pidato “Pahlawan: Tanpanya, Kita Bukan Apa-apa”

Selamat pagi para hadirin!

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, Bapak-bapak dan Ibu-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi. Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul pada hari yang cerah ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Hadirin, setiap tahun kita selalu memperingati Hari Kemerdekaan. Namun tahukah kita makna dari peringatan itu sendiri? Kemerdekaan Indonesia hendaknya bukan hanya sekadar pelaksanaan upacara bendera dan lomba-lomba saja, melainkan juga perenungan akan jasa-jasa para pahlawan kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pahlawan adalah orang yang berani berkorban demi nusa dan bangsa. Mereka mempertaruhkan segalanya untuk negara kita tercinta. Mereka merelakan jiwanya gugur demi membela bangsa. Sudah sepatutnyalah kita, generasi muda yang hidup sekarang ini menghargai jasa-jasa para pahlawan. Karena tanpa mereka kita tak akan dapat menikmati kemerdekaan.

Hadirin yang saya cintai, kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini tidaklah diperoleh melalui perjuangan yang singkat, tetapi perjuangan ratusan tahun lamanya. Oleh karena itu, hendaknya kita mengisi kemerdekaan ini dengan belajar sebaik-baiknya agar kelak kita juga dapat membangun bangsa.

Hadirin sekalian, kiranya cukup sekian pidato saya kali ini. Semoga apa yang saya ungkapkan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Saya mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan. Atas perhatian hadirin, saya ucapkan terima kasih.

2. Pidato tentang Kewajiban Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

Puji syukur kehadirat Tuhan karena kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat dan tak kurang apapun.

Hari Kemerdekaan adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada kesempatan ini marilah kita bersama-sama menengok kembali sejarah perjuangan bangsa kita.

Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah hasil perjuangan rakyat Indonesia. Kemerdekaan bukanlah hadiah dari penjajah, melainkan hasil dari perjuangan yang panjang dan penuh pengorbanan. Sebagai generasi muda, kita memiliki tanggung jawab besar untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif.

Sebagai pelajar, tugas utama kita adalah belajar dengan tekun. Dengan belajar, kita dapat mengembangkan potensi diri kita sehingga kelak dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Selain belajar, kita juga harus aktif dalam berbagai kegiatan yang positif, baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar kita.

Marilah kita bersama-sama mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat. Dengan begitu, kita dapat meneruskan perjuangan para pahlawan kita dan membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih.

Kesimpulan

Pidato kemerdekaan merupakan salah satu cara untuk mengenang jasa para pahlawan dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif. 

Dengan adanya contoh-contoh pidato ini, diharapkan dapat membantu anak-anak dari tingkat SD hingga SMA serta masyarakat di tingkat RT dalam menyampaikan pidato mereka. 

Semoga pidato-pidato ini dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk terus mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal-hal yang bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar