Syarat dan Ketentuan PPDB Jateng 2024: Zonasi, Prestasi, dan Afirmasi

Table of Contents

Syarat dan Ketentuan PPDB Jateng 2024: Zonasi, Prestasi, dan Afirmasi

Pelajarnews.com - PPDB Jawa Tengah 2024 untuk SMA dan SMK telah memasuki tahap pemilihan sekolah. Tahap ini sangat penting karena hanya dibuka selama empat hari. Bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang sudah mengaktivasi akun PPDB, periode pemilihan sekolah dimulai dari Senin, 24 Juni 2024 hingga Kamis, 27 Juni 2024. Periode ini juga mencakup perubahan pilihan sekolah yang bisa dilakukan oleh CPDB.

Pemilihan Sekolah

Pemilihan untuk SMA Negeri

Dua Satuan Pendidikan: CPDB SMA Negeri dapat mendaftarkan diri pada dua satuan pendidikan dengan ketentuan satu satuan pendidikan di dalam wilayah zonasinya dan satu satuan pendidikan di luar wilayah zonasinya.

Jalur Zonasi dan Prestasi/Afirmasi: Pendaftaran dilakukan melalui jalur zonasi untuk satuan pendidikan di dalam zonasi dan jalur prestasi atau afirmasi untuk satuan pendidikan di luar zonasi.

Pembatasan Jalur: CPDB yang mendaftar melalui jalur prestasi di dalam wilayah zonasi tidak dapat mendaftar melalui jalur zonasi. Namun, mereka dapat mendaftar melalui jalur afirmasi di luar wilayah zonasi jika memenuhi persyaratan.

Pemilihan untuk SMK Negeri

Dua Pilihan Program Keahlian: CPDB SMK Negeri dapat memilih dua program keahlian pada maksimal dua satuan pendidikan.

Perubahan Pilihan Sekolah

Perubahan untuk SMA Negeri

Masa Pendaftaran: CPDB dapat mengubah pilihan satuan pendidikan dan jalur selama masa pendaftaran. Namun, CPDB Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali hanya dapat mengubah pilihan menjadi jalur prestasi setelah membatalkan pendaftaran di jalur perpindahan tugas.

Perubahan untuk SMK Negeri

Pilihan Program Keahlian: CPDB dapat mengubah pilihan program keahlian dan/atau satuan pendidikan selama masa pendaftaran.

Pindah Pilihan dari SMA ke SMK dan Sebaliknya

Perpindahan Pilihan: CPDB SMK Negeri dapat mengubah pilihan ke SMA Negeri dan sebaliknya.

Pembatalan Pendaftaran: CPDB yang ingin pindah dari SMA ke SMK atau sebaliknya wajib melakukan pembatalan pendaftaran di sekolah asalnya.

Surat Keterangan Sehat: Untuk pindah pilihan dari SMA ke SMK, CPDB harus melengkapi dan mengunggah Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah atau Surat Pernyataan Sehat sesuai yang dipersyaratkan.

Jadwal PPDB Jateng 2024

Tahapan Penting

  1. Pengumuman PPDB SMA/SMK: 6 Juni 2024
  2. Pendaftaran/Pembuatan Akun Online dan Verifikasi Berkas: 11-24 Juni 2024
  3. Aktivasi Akun: 11-24 Juni 2024
  4. Pendaftaran dan Perubahan Pilihan: 24-27 Juni 2024
  5. Masa Tenang dan Seleksi PPDB: 28-30 Juni 2024
  6. Pengumuman Hasil: 1 Juli 2024

PPDB Jawa Tengah 2024 ini mengusung sistem yang transparan dan terstruktur untuk memastikan setiap CPDB dapat memilih dan merencanakan pendidikan mereka dengan baik. Proses ini diharapkan dapat mengurangi potensi kecurangan dan memastikan distribusi siswa yang lebih merata di seluruh sekolah di Jawa Tengah.

Tips Memilih Sekolah

  1. Pertimbangkan Lokasi: Pilih sekolah yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal untuk menghemat waktu dan biaya transportasi.
  2. Kenali Program Unggulan: Cari tahu program unggulan yang ditawarkan oleh sekolah yang menjadi pilihan. Pilih yang sesuai dengan minat dan bakat CPDB.
  3. Cek Fasilitas Sekolah: Pastikan sekolah memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar.
  4. Reputasi Sekolah: Pilih sekolah dengan reputasi baik dan memiliki track record prestasi yang konsisten.

Menghindari Kesalahan Umum

  1. Tidak Membaca Aturan dengan Teliti: Pastikan untuk membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan saat pendaftaran.
  2. Tidak Memanfaatkan Perubahan Pilihan: Manfaatkan masa perubahan pilihan untuk memastikan sekolah dan program keahlian yang dipilih adalah yang terbaik.
  3. Terlambat Aktivasi Akun: Aktivasi akun adalah langkah awal yang sangat penting. Jangan sampai terlambat mengaktivasi akun PPDB.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Kesalahan Saat Pendaftaran?

Jika terjadi kesalahan saat pendaftaran, segera hubungi panitia PPDB melalui kontak yang disediakan untuk mendapatkan bantuan dan arahan.

Bisakah Saya Mendaftar di Sekolah di Luar Zonasi?

Ya, CPDB dapat mendaftar di satuan pendidikan di luar zonasi melalui jalur prestasi atau afirmasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apa Itu Jalur Zonasi?

Jalur zonasi adalah sistem penerimaan siswa baru berdasarkan kedekatan geografis antara tempat tinggal siswa dengan sekolah yang dituju. Sistem ini bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan.

PPDB Jawa Tengah 2024 ini diharapkan dapat berjalan lancar dan memberikan kesempatan yang adil bagi setiap siswa untuk melanjutkan pendidikan di SMA atau SMK yang diinginkan. Dengan mengikuti ketentuan yang ada, CPDB dapat memilih sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka.

sumber informasi: https://www.detik.com/edu/sekolah/d-7405375/ketentuan-pemilihan-sekolah-ppdb-jateng-2024-sma-dan-smk-catat

Pelajar News
Pelajar News Pelajar News hadir untuk menjadi jembatan informasi pendidikan bagi para pelajar Indonesia.

Post a Comment