Beasiswa LPDP 2024 Sudah Bisa Didaftar, Ini Syarat dan Jadwalnya

Beasiswa LPDP 2024 Sudah Bisa Didaftar

PELAJARNEWS.com - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan telah membuka pendaftaran beasiswa tahun 2024 untuk jenjang magister dan doktor. 

Beasiswa ini ditujukan untuk Warga Negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi di dalam atau luar negeri.

Siapa yang Bisa Mendaftar Beasiswa LPDP 2024?

Beasiswa LPDP 2024 terbuka untuk Warga Negara Indonesia yang memiliki ijazah program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister, atau program magister (S2) untuk beasiswa doktor. 

Bagi pendaftar dari D4/S1 langsung doktor, harus memiliki LoA Unconditional dari perguruan tinggi tujuan dan memenuhi kriteria persyaratan doktor LPDP.

Pendaftar juga harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 untuk beasiswa magister dan 3,25 untuk beasiswa doktor. 

Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri, harus melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama.

Selain itu, pendaftar harus memiliki skor tes kemampuan bahasa Inggris yang berlaku, yaitu TOEFL ITP minimal 500, TOEFL iBT minimal 61, atau IELTS minimal 5,5. Pendaftar juga harus memiliki skor tes potensi akademik (TPA) minimal 450.

Apa Saja Program Beasiswa yang Ditawarkan LPDP 2024?

LPDP 2024 menawarkan tiga program beasiswa, yaitu Beasiswa Reguler, Beasiswa Parsial, dan Beasiswa Afirmasi. Beasiswa Reguler adalah beasiswa penuh yang diberikan untuk jenjang magister dan doktor di dalam atau luar negeri. 

Beasiswa Parsial adalah beasiswa umum yang diberikan dengan skema pendanaan bersama antara LPDP dan individu penerima beasiswa. 

Beasiswa Afirmasi adalah beasiswa khusus yang diberikan untuk jenjang magister dan doktor di dalam negeri bagi pendaftar yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), Papua dan Papua Barat, serta penyandang disabilitas.

Kapan Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024 Dibuka?

Pendaftaran beasiswa LPDP 2024 dibuka dalam dua tahap. Tahap 1 dibuka pada 11 Januari 2024 hingga 8 Februari 2024. Tahap 2 dibuka pada 19 Juni 2024 hingga 16 Juli 2024. Pendaftar dapat mendaftar melalui laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

Di mana Pendaftar dapat memilih Perguruan Tinggi Tujuan?

Pendaftar dapat memilih perguruan tinggi tujuan dari daftar perguruan tinggi LPDP yang tersedia di laman https://lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/umum/perguruan-tinggi-tujuan/. 

Pendaftar yang telah memiliki LoA Unconditional wajib memilih satu perguruan tinggi tujuan, sedangkan pendaftar yang belum memiliki LoA wajib memilih tiga perguruan tinggi tujuan dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.

Pendaftar juga dapat memilih perguruan tinggi tujuan di luar daftar LPDP, dengan syarat hanya dapat memilih satu perguruan tinggi tujuan, mengunggah LoA Unconditional, dan bukti pendukung yang menunjukkan bahwa perguruan tinggi tujuan memenuhi kriteria unggulan terbaik atau penilaian lembaga pemeringkat dunia yang kredibel.

Mengapa LPDP Memberikan Beasiswa?

LPDP memberikan beasiswa sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang berintegritas, berkompeten, dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa. 

LPDP juga berharap agar penerima beasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Bagaimana Proses Seleksi Beasiswa LPDP 2024?

Proses seleksi beasiswa LPDP 2024 terdiri dari tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi, dan seleksi wawancara. Seleksi administrasi dilakukan dengan memeriksa kelengkapan dan kebenaran dokumen yang diunggah oleh pendaftar. 

Seleksi substansi dilakukan dengan menguji kemampuan bahasa Inggris, potensi akademik, dan esai substansi yang ditulis oleh pendaftar. 

Seleksi wawancara dilakukan dengan mengundang pendaftar yang lolos seleksi substansi untuk menjalani wawancara secara daring dengan tim penguji LPDP.

Saya harap tulisan saya dapat memenuhi permintaan Anda. Jika ada masukan atau pertanyaan, silakan sampaikan kepada saya. Terima kasih. 

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال