10 Jurusan ITB yang Lulusannya Dapat Gaji Tinggi di Dunia Kerja

10 Jurusan ITB yang Lulusannya Dapat Gaji Tinggi di Dunia Kerja
Jurusan Teknik Informatika adalahs salah satu lulusan yang dapat gaji tinggi di dunia kerja (foto by freepik.com)

PELAJARNEWS.COM - Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang menawarkan berbagai program studi di bidang sains, teknologi, dan seni. Lulusan ITB dikenal memiliki kualitas dan kompetensi yang tinggi, sehingga banyak diminati oleh berbagai perusahaan dan industri. 

Namun, tidak semua jurusan ITB memiliki prospek karir dan gaji yang sama. Ada beberapa jurusan yang lulusannya dapat menikmati gaji yang lebih tinggi daripada jurusan lainnya di dunia kerja.

{getToc} $title={Table of Contents}

10 Jurusan ITB yang Lulusannya Dapat Gaji Tinggi di Dunia Kerja

Berikut adalah 10 jurusan ITB yang lulusannya dikenal memiliki gaji tinggi di dunia kerja, berdasarkan data dari situs web Qerja.id dan Jobplanet.com, yang merupakan platform yang menyediakan informasi tentang gaji, review, dan tips karir.

1. Teknik Fisika

Jurusan Teknik Fisika ITB merupakan jurusan yang mempelajari penerapan prinsip-prinsip fisika dalam bidang teknik, seperti energi, material, instrumentasi, dan sistem kontrol. 

Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai sektor, seperti minyak dan gas, pertambangan, manufaktur, telekomunikasi, dan konsultan. Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Fisika ITB adalah Rp 14,8 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 4,5 juta hingga Rp 35 juta per bulan.

2. Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan ITB merupakan jurusan yang mempelajari tentang eksplorasi, produksi, dan pengolahan minyak dan gas bumi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di perusahaan-perusahaan migas, baik nasional maupun internasional, sebagai ahli geologi, reservoir, produksi, atau drilling. 

Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Perminyakan ITB adalah Rp 14,6 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 5 juta hingga Rp 40 juta per bulan.

3. Teknik Penerbangan

Jurusan Teknik Penerbangan ITB merupakan jurusan yang mempelajari tentang desain, pembuatan, dan pengoperasian pesawat terbang dan wahana antariksa. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di industri penerbangan, baik sipil maupun militer, sebagai insinyur aerodinamika, struktur, mesin, atau avionik. 

Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Penerbangan ITB adalah Rp 13,8 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 5 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

4. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro ITB merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu dan teknologi listrik, elektronika, dan telekomunikasi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti energi, industri, otomasi, robotika, komputer, internet, dan media. 

Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Elektro ITB adalah Rp 12,9 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 4 juta hingga Rp 35 juta per bulan.

5. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika ITB merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu dan teknologi informasi, seperti pemrograman, basis data, kecerdasan buatan, dan jaringan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai sektor, seperti perbankan, e-commerce, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan. 

Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Informatika ITB adalah Rp 12,7 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 4 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

6. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri ITB merupakan jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan sistem industri, seperti manajemen operasi, kualitas, logistik, dan ergonomi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai jenis industri, seperti manufaktur, jasa, ritel, dan konsultan. 

Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Industri ITB adalah Rp 12,5 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 4 juta hingga Rp 35 juta per bulan.

7. Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia ITB merupakan jurusan yang mempelajari tentang proses-proses kimia dalam skala industri, seperti sintesis, pemisahan, reaksi, dan bioteknologi. 

Lulusan jurusan ini dapat bekerja di industri-industri kimia, seperti petrokimia, farmasi, makanan, dan kosmetik. Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Kimia ITB adalah Rp 12,3 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 4 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

8. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin ITB merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu dan teknologi mesin, seperti termodinamika, mekanika, material, dan desain. 

Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti otomotif, manufaktur, energi, dan konstruksi. Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Mesin ITB adalah Rp 11,9 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 4 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

9. Teknik Geologi

Jurusan Teknik Geologi ITB merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu bumi, seperti geologi, geofisika, hidrologi, dan geoteknik. 

Lulusan jurusan ini dapat bekerja di sektor-sektor yang berkaitan dengan sumber daya alam, seperti minyak dan gas, pertambangan, air, dan lingkungan. Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Geologi ITB adalah Rp 11,7 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 4 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

10. Teknik Metalurgi dan Material

Jurusan Teknik Metalurgi dan Material ITB merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu dan teknologi material, seperti logam, keramik, polimer, dan komposit. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di industri-industri yang membutuhkan material berkualitas, seperti otomotif, penerbangan, elektronika, dan medis. 

Menurut data dari Qerja.id, gaji rata-rata lulusan Teknik Metalurgi dan Material ITB adalah Rp 11,5 juta per bulan, dengan rentang gaji antara Rp 4 juta hingga Rp 25 juta per bulan.

Akhir Kata

Demikianlah 10 jurusan ITB yang lulusannya dikenal memiliki gaji tinggi di dunia kerja. Tentu saja, gaji yang didapatkan oleh lulusan ITB tidak hanya ditentukan oleh jurusannya, tetapi juga oleh faktor-faktor lain, seperti pengalaman, kinerja, posisi, dan perusahaan. Selain itu, gaji bukanlah satu-satunya ukuran keberhasilan karir. Yang terpenting adalah memilih jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan cita-cita Anda.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال