Lulusan ITS: Diincar Berbagai Industri, Mengapa Mereka Sangat Dicari?

Lulusan ITS: Diincar Berbagai Industri, Mengapa Mereka Sangat Dicari?
Lulusan ITS: Diincar Berbagai Industri, Mengapa Mereka Sangat Dicari?

PELAJARNEWS.COM - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah lama dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Reputasi gemilang ini tak lepas dari kualitas lulusannya yang diakui secara luas. Tak heran, Lulusan ITS menjadi incaran berbagai industri dan perusahaan ternama.

Artikel ini akan mengulas mengapa Lulusan ITS begitu dicari di dunia kerja. Kita akan melihat lebih dalam faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tingginya tingkat permintaan terhadap talenta-talenta muda ITS.

Lulusan ITS: Unggul dalam Kualitas dan Reputasi

1. Reputasi Institusi yang Terpercaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah berdiri sejak tahun 1957 dan telah mengukir sejarah panjang dalam melahirkan para insinyur dan ilmuwan ternama di Indonesia. Reputasi ITS sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia tak perlu diragukan lagi. 

Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih, seperti:

Peringkat 1 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia versi QS World University Rankings (WUR) 2024.

Termasuk dalam daftar 1000 Universitas Terbaik Dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings 2024.

Meraih penghargaan bergengsi di berbagai bidang, seperti Anugerah Kategori Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi dan Inovasi Terbaik pada Anugerah Humas Dikti 2023.

Reputasi gemilang ITS ini menjadi magnet bagi para calon mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia untuk menempuh pendidikan di sana. Kualitas pendidikan yang tinggi dan dosen-dosen yang berkompeten menjadi faktor utama yang menunjang reputasi ITS.

2. Kualitas Lulusan yang Terjamin

ITS menerapkan kurikulum yang komprehensif dan up-to-date untuk menghasilkan Lulusan ITS yang siap kerja dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Lulusan ITS:

Keahlian Teknis yang Kuat:

Lulusan ITS dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan teknis yang mumpuni di bidangnya masing-masing. Hal ini karena mereka mengikuti proses belajar yang terstruktur dengan baik, termasuk praktikum dan penelitian yang intensif.

ITS memiliki kerjasama dengan berbagai perusahaan ternama, sehingga para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk magang dan menerapkan ilmu yang dipelajari di dunia kerja.

Kemampuan Problem Solving yang Tinggi:

Lulusan ITS dilatih untuk berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah dengan efektif.
Mereka didorong untuk berani mengambil risiko dan menemukan solusi inovatif dalam berbagai situasi.

Keterampilan Komunikasi yang Baik:

Lulusan ITS mampu menyampaikan ide dan gagasan dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

Mereka terbiasa bekerja dalam tim dan berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.

Etos Kerja yang Tinggi:

Lulusan ITS memiliki disiplin dan etos kerja yang tinggi.

Mereka terbiasa bekerja keras dan pantang menyerah dalam menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan.

Jiwa Kewirausahaan:

ITS mendorong para mahasiswanya untuk memiliki jiwa kewirausahaan dan berani memulai bisnis sendiri.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya alumni ITS yang telah mendirikan perusahaan dan startup yang sukses.

3. Loyalitas dan Komitmen Tinggi

Lulusan ITS dikenal dengan loyalitas dan komitmen yang tinggi terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya alumni ITS yang telah menduduki posisi penting di berbagai perusahaan ternama. Beberapa contohnya:
  • Arifin Tasrif: Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero)
  • Dwiki Widjaja: Presiden Direktur PT Bank Mandiri Tbk
  • Azwar Anas: Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero)
  • Muhammad Syakir Ramdani: Direktur Utama PT MRT Jakarta
  • Rionald Tedjo Purwantono: Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
  • Loyalitas dan komitmen ini menjadi nilai tambah bagi Lulusan ITS di mata perusahaan.

4. Kemampuan Beradaptasi yang Tinggi

Mahasiswa ITS dididik untuk menjadi individu yang adaptif dan mampu belajar dengan cepat. Mereka terbiasa dengan lingkungan yang dinamis dan mampu bekerja di bawah tekanan. Hal ini menjadi modal penting bagi Lulusan ITS untuk berkembang dan sukses di dunia kerja yang penuh dengan perubahan dan tantangan.

Dicari Berbagai Industri

Tingginya kualitas Lulusan ITS menarik minat dari berbagai industri. Berikut beberapa contohnya:

1. Industri Perbankan:

Talent Acquisition Coordinator PT Bank Mandiri, Ryan Reynara, mengungkapkan bahwa Lulusan ITS sudah terbukti kualitasnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya alumni ITS yang memegang jabatan penting di Bank Mandiri.

2. Industri Penerbangan:

PT Lion Group juga turut mencari Lulusan ITS terbaik untuk bergabung pada salah satu programnya. Reputasi ITS yang terpercaya sebagai salah satu kampus terbaik menjadi alasan utama.

3. Industri Teknologi:

Lulusan ITS juga banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan teknologi ternama. Keahlian mereka di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat dibutuhkan di era digital ini.

Alasan Lain Mengapa Lulusan ITS Dicari

Selain alasan-alasan yang telah disebutkan sebelumnya, berikut beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap tingginya tingkat permintaan terhadap Lulusan ITS:

1. Jaringan Alumni yang Luas dan Kuat

ITS memiliki jaringan alumni yang luas dan kuat di berbagai industri. Jaringan ini dapat membantu Lulusan ITS dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan membangun koneksi dengan para profesional di bidangnya.

2. Dukungan Karir yang Komprehensif

ITS menyediakan berbagai layanan untuk mendukung karir para alumninya, seperti:

Bursa Karir: ITS rutin mengadakan bursa karir yang menghadirkan berbagai perusahaan ternama untuk menjaring talenta-talenta terbaik dari ITS.

Pusat Karir: ITS memiliki Pusat Karir yang memberikan layanan konsultasi karir, pelatihan, dan informasi terkait dunia kerja.

Program Kewirausahaan: ITS mendorong para alumninya untuk menjadi wirausahawan dengan menyediakan berbagai program pelatihan dan pendanaan.

3. Budaya Inovasi dan Kreatif

ITS memiliki budaya yang kuat dalam mendorong inovasi dan kreativitas. Hal ini tercermin dari banyaknya mahasiswa ITS yang menjuarai berbagai kompetisi sains dan teknologi tingkat nasional dan internasional.

4. Komitmen terhadap Keberagaman dan Inklusivitas

ITS berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar dan kerja yang beragam dan inklusif. Hal ini sejalan dengan kebutuhan perusahaan di era modern yang membutuhkan talenta-talenta dari berbagai latar belakang.

5. Kontribusi terhadap Pembangunan Bangsa

ITS aktif dalam berkontribusi terhadap pembangunan bangsa melalui berbagai penelitian dan inovasi. Hal ini menunjukkan bahwa Lulusan ITS tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, tetapi juga memiliki rasa tanggung jawab untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Akhir Kata

Lulusan ITS merupakan talenta yang sangat dicari oleh berbagai industri. Kualitas mereka yang unggul, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun karakteristik pribadi, menjadikan mereka aset berharga bagi perusahaan. Reputasi institusi yang terpercaya, jaringan alumni yang luas, dan budaya inovatif menjadi faktor penting yang mendukung tingginya tingkat permintaan terhadap Lulusan ITS.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Lulusan ITS siap untuk menjadi pemimpin masa depan dan berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

2 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال