9 PTN Unggulan di Indonesia untuk Jurusan Teknik Kimia Versi THE WUR 2024

9 PTN Unggulan di Indonesia untuk Jurusan Teknik Kimia Versi THE WUR 2024
9 PTN Unggulan di Indonesia untuk Jurusan Teknik Kimia Versi THE WUR 2024 (foto by freepik.com)

PELAJARNEWS.COM - Jurusan Teknik Kimia merupakan salah satu jurusan yang diminati oleh banyak calon mahasiswa, khususnya yang berasal dari jurusan IPA. 

Jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu dasar kimia, fisika, biologi, dan matematika, serta menerapkannya dalam desain, pengembangan, dan pengoperasian proses-proses kimia yang berhubungan dengan industri, lingkungan, dan energi.

Lulusan jurusan Teknik Kimia memiliki prospek kerja yang luas, baik di sektor industri maupun jasa. Mereka dapat bekerja di berbagai bidang, seperti industri pupuk, minyak bumi, kertas, polimer, gas, logam, makanan, obat-obatan, dan lain-lain. 

Mereka juga dapat bekerja di bidang rekayasa proses, penelitian dan pengembangan, pendidikan, pemerintahan, perbankan, atau berwirausaha.

Namun, untuk menjadi sarjana Teknik Kimia yang kompeten dan profesional, calon mahasiswa harus memilih perguruan tinggi yang berkualitas dan terakreditasi. 

Salah satu cara untuk mengetahui kualitas dan reputasi perguruan tinggi adalah dengan melihat peringkat yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga independen, seperti Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR).

THE WUR adalah salah satu lembaga yang paling diakui dan dihormati dalam dunia pendidikan tinggi. THE WUR menilai dan merangking universitas-universitas di seluruh dunia berdasarkan lima indikator utama, yaitu pengajaran, penelitian, sitasi, outlook internasional, dan transfer pengetahuan. THE WUR juga menyediakan peringkat khusus untuk setiap bidang ilmu, termasuk Teknik Kimia.

Pada tahun 2024, THE WUR merilis peringkat untuk jurusan Teknik Kimia di 1.258 universitas di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, terdapat 9 universitas di Indonesia yang masuk dalam peringkat tersebut. 

9 PTN Unggulan di Indonesia untuk Jurusan Teknik Kimia Versi THE WUR 2024

Berikut adalah daftar 9 PTN dengan jurusan Teknik Kimia terbaik di Indonesia versi THE WUR 2024, beserta informasi singkat tentang masing-masing universitas.

1. Universitas Indonesia (UI)

UI adalah universitas tertua dan terbesar di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1849. UI memiliki visi untuk menjadi universitas riset kelas dunia yang unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni. UI memiliki 14 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program profesi, yang menawarkan lebih dari 300 program studi.

Jurusan Teknik Kimia UI berada di bawah Fakultas Teknologi Industri, yang didirikan pada tahun 1964. Jurusan ini memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik, profesional, dan etika yang tinggi, serta mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kimia. Jurusan ini juga memiliki tiga program studi, yaitu S1, S2, dan S3.

Menurut THE WUR 2024, UI berada di peringkat 801-1000 untuk jurusan Teknik Kimia, dengan skor keseluruhan 10.9-25.0. 

UI juga memiliki jumlah mahasiswa penuh waktu (FTF) sebanyak 41.222, dengan rasio mahasiswa per staf sebesar 7.9. UI memiliki persentase mahasiswa internasional sebesar 14%, dan rasio gender perempuan:laki-laki sebesar 70:30. UI juga memiliki persentase penelitian interdisipliner sebesar 24%.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Unair adalah salah satu universitas negeri tertua di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1954. Unair memiliki visi untuk menjadi universitas yang inovatif, mandiri, dan unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional dan global. Unair memiliki 15 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, yang menawarkan lebih dari 200 program studi.

Jurusan Teknik Kimia Unair berada di bawah Fakultas Teknik, yang didirikan pada tahun 1960. Jurusan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik, profesional, dan sosial yang baik, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kimia. Jurusan ini juga memiliki dua program studi, yaitu S1 dan S2.

Menurut THE WUR 2024, Unair berada di peringkat 1201-1500 untuk jurusan Teknik Kimia, dengan skor keseluruhan 10.9-25.0. Unair juga memiliki jumlah mahasiswa FTF sebanyak 28.816, dengan rasio mahasiswa per staf sebesar 7.2. Unair memiliki persentase mahasiswa internasional sebesar 3%, dan rasio gender perempuan:laki-laki sebesar 67:33.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB adalah salah satu institut teknologi tertua dan terkemuka di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1920. ITB memiliki visi untuk menjadi institut teknologi kelas dunia yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mendorong kesejahteraan dan kemajuan peradaban. ITB memiliki 12 fakultas, 1 sekolah bisnis, dan 1 program pascasarjana, yang menawarkan lebih dari 100 program studi.

Jurusan Teknik Kimia ITB berada di bawah Fakultas Teknologi Industri, yang didirikan pada tahun 1959. Jurusan ini memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik, profesional, dan kepemimpinan yang tinggi, serta mampu berinovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kimia. Jurusan ini juga memiliki tiga program studi, yaitu S1, S2, dan S3.

Menurut THE WUR 2024, ITB berada di peringkat 1201-1500 untuk jurusan Teknik Kimia, dengan skor keseluruhan 10.9-25.0. ITB juga memiliki jumlah mahasiswa FTF sebanyak 18.649, dengan rasio mahasiswa per staf sebesar 8.6. ITB memiliki persentase mahasiswa internasional sebesar 2%, dan rasio gender perempuan:laki-laki sebesar 34:66.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM adalah salah satu universitas negeri terbesar dan terintegrasi di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1949. UGM memiliki visi untuk menjadi universitas yang unggul, inovatif, dan berbudaya nasional, serta berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemanusiaan. UGM memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi, dan 1 program pascasarjana, yang menawarkan lebih dari 250 program studi.

Jurusan Teknik Kimia UGM berada di bawah Fakultas Teknik, yang didirikan pada tahun 1946. Jurusan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik, profesional, dan sosial yang baik, serta mampu berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kimia. Jurusan ini juga memiliki tiga program studi, yaitu S1, S2, dan S3.

Menurut THE WUR 2024, UGM berada di peringkat 1201-1500 untuk jurusan Teknik Kimia, dengan skor keseluruhan 10.9-25.0. UGM juga memiliki jumlah mahasiswa FTF sebanyak 56.444, dengan rasio mahasiswa per staf sebesar 11.5. UGM memiliki persentase mahasiswa internasional sebesar 4%, dan rasio gender perempuan:laki-laki sebesar 54:46. UGM juga memiliki persentase penelitian interdisipliner sebesar 22%.

5. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1957. Undip memiliki visi untuk menjadi universitas yang unggul, mandiri, dan berdaya saing global dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan. 

Undip memiliki 11 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, dan 1 sekolah vokasi, yang menawarkan lebih dari 200 program studi.

Jurusan Teknik Kimia Undip berada di bawah Fakultas Teknik, yang didirikan pada tahun 1960. Jurusan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik, profesional, dan sosial yang baik, serta mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kimia. Jurusan ini juga memiliki tiga program studi, yaitu S1, S2, dan S3.

Menurut THE WUR 2024, Undip berada di peringkat 1201-1500 untuk jurusan Teknik Kimia, dengan skor keseluruhan 10.9-25.0. Undip juga memiliki jumlah mahasiswa FTF sebanyak 35.651, dengan rasio mahasiswa per staf sebesar 12.6. Undip memiliki persentase mahasiswa internasional sebesar 2%, dan rasio gender perempuan:laki-laki sebesar 51:49.

6. Universitas Brawijaya (UB)

UB adalah salah satu universitas negeri terbesar di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1963. UB memiliki visi untuk menjadi universitas yang unggul, mandiri, dan berwawasan global dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional dan internasional. 

UB memiliki 16 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, yang menawarkan lebih dari 250 program studi.

Jurusan Teknik Kimia UB berada di bawah Fakultas Teknik, yang didirikan pada tahun 1963. Jurusan ini memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik, profesional, dan etika yang tinggi, serta mampu berinovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kimia. Jurusan ini juga memiliki tiga program studi, yaitu S1, S2, dan S3.

Menurut THE WUR 2024, UB berada di peringkat 1201-1500 untuk jurusan Teknik Kimia, dengan skor keseluruhan 10.9-25.0. UB juga memiliki jumlah mahasiswa FTF sebanyak 55.788, dengan rasio mahasiswa per staf sebesar 14.3. UB memiliki persentase mahasiswa internasional sebesar 2%, dan rasio gender perempuan:laki-laki sebesar 53:47.

7. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1957. Unpad memiliki visi untuk menjadi universitas yang unggul, mandiri, dan berwawasan global dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional dan internasional. 

Unpad memiliki 16 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, yang menawarkan lebih dari 200 program studi.

Jurusan Teknik Kimia Unpad berada di bawah Fakultas Teknik, yang didirikan pada tahun 1977. Jurusan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik, profesional, dan sosial yang baik, serta mampu berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kimia. Jurusan ini juga memiliki dua program studi, yaitu S1 dan S2.

Menurut THE WUR 2024, Unpad berada di peringkat 1201-1500 untuk jurusan Teknik Kimia, dengan skor keseluruhan 10.9-25.0. Unpad juga memiliki jumlah mahasiswa FTF sebanyak 38.561, dengan rasio mahasiswa per staf sebesar 10.4. Unpad memiliki persentase mahasiswa internasional sebesar 2%, dan rasio gender perempuan:laki-laki sebesar 58:42.

8. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Unhas adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1956. Unhas memiliki visi untuk menjadi universitas yang unggul, mandiri, dan berwawasan global dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional dan internasional. 

Unhas memiliki 14 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, yang menawarkan lebih dari 200 program studi.

Jurusan Teknik Kimia Unhas berada di bawah Fakultas Teknik, yang didirikan pada tahun 1960. Jurusan ini memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik, profesional, dan etika yang tinggi, serta mampu berinovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kimia. Jurusan ini juga memiliki tiga program studi, yaitu S1, S2, dan S3.

Menurut THE WUR 2024, Unhas berada di peringkat 1201-1500 untuk jurusan Teknik Kimia, dengan skor keseluruhan 10.9-25.0. Unhas juga memiliki jumlah mahasiswa FTF sebanyak 25.731, dengan rasio mahasiswa per staf sebesar 9.5. Unhas memiliki persentase mahasiswa internasional sebesar 2%, dan rasio gender perempuan:laki-laki sebesar 55:45.

9. Universitas Andalas (Unand)

Unand adalah salah satu universitas negeri tertua di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1955. Unand memiliki visi untuk menjadi universitas yang unggul, mandiri, dan berwawasan global dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional dan internasional. 

Unand memiliki 15 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 1 program vokasi, yang menawarkan lebih dari 150 program studi.

Jurusan Teknik Kimia Unand berada di bawah Fakultas Teknik, yang didirikan pada tahun 1961. Jurusan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik, profesional, dan sosial yang baik, serta mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kimia. Jurusan ini juga memiliki dua program studi, yaitu S1 dan S2.

Menurut THE WUR 2024, Unand berada di peringkat 1201-1500 untuk jurusan Teknik Kimia, dengan skor keseluruhan 10.9-25.0. Unand juga memiliki jumlah mahasiswa FTF sebanyak 27.561, dengan rasio mahasiswa per staf sebesar 12.3. Unand memiliki persentase mahasiswa internasional sebesar 1%, dan rasio gender perempuan:laki-laki sebesar 52:48.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال