UNJ Membuka 8 Jalur Mandiri pada Tahun 2024

UNJ Membuka 8 Jalur Mandiri pada Tahun 2024
 UNJ Membuka 8 Jalur Mandiri pada Tahun 2024

PELAJARNEWS.COM - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah mengumumkan delapan jalur mandiri yang akan dibuka pada tahun 2024. Jalur mandiri ini dikenal sebagai Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta (Penmaba UNJ). 

Meskipun jadwal pendaftaran jalur mandiri UNJ 2024 belum diumumkan, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan mengetahui jalur mana yang akan dibuka.

Dilansir dari laman resmi UNJ, Senin (11/3/2024) berikut jalur mandiri UNJ 2024 yang dibuka untuk tahun akademik 2024/2025 dan bisa dicoba calon mahasiswa.

UNJ Membuka 8 Jalur Mandiri pada Tahun 2024

Berikut adalah delapan jalur mandiri yang dibuka oleh UNJ pada tahun 2024:

1. Penmaba Jalur Portofolio Rapor

Jalur ini ditujukan bagi peserta SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) yang memilih UNJ sebagai pilihan pertama namun tidak diterima. 

Jalur ini memberikan kesempatan kedua bagi siswa yang telah menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa selama masa sekolah mereka, tetapi belum berhasil memasuki UNJ melalui jalur SNBP. Dengan jalur ini, UNJ berharap dapat menarik siswa berprestasi yang memiliki potensi besar untuk sukses di universitas.

2. Penmaba Jalur Tulis

Jalur ini menerapkan tes yang berjenis TPS, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia, dan literasi bahasa Inggris, serta ujian keterampilan bagi program studi yang mewajibkan ujian keterampilan.

Jalur ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki kemampuan akademik dan keterampilan tertentu untuk memasuki UNJ. Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbagai bidang, termasuk penalaran matematika, literasi bahasa, dan keterampilan tertentu yang relevan dengan program studi yang mereka pilih.

3. Penmaba Jalur Prestasi Lomba

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat yang pernah meraih juara tingkat nasional dan internasional selama di SMA/ sederajat dalam bidang: Sains dan Teknologi; Seni dan Sastra Sosial Humaniora Olahraga Lomba Bidang Keagamaan. 

Jalur ini memberikan pengakuan atas prestasi lomba siswa dan memberikan mereka kesempatan untuk memasuki UNJ berdasarkan prestasi tersebut. Dengan jalur ini, UNJ berharap dapat menarik siswa yang telah menunjukkan bakat dan dedikasi dalam bidang tertentu.

4. Penmaba Jalur Portofolio Prestasi Non-Lomba

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat yang memiliki talenta kepemimpinan maupun keagamaan: Ketua OSIS dan Ketua MPK Pramuka Garuda Keagamaan (Tahfidz Alquran minimal 10 juz). 

Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa yang telah menunjukkan kepemimpinan atau keagamaan yang luar biasa untuk memasuki UNJ. Dengan jalur ini, UNJ berharap dapat menarik siswa yang memiliki bakat kepemimpinan dan keagamaan yang kuat.

5. Penmaba jalur nilai UTBK SNBT

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat tiga tahun terakhir yang telah memilki nilai UTBK SNBT tahun 2024. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa yang telah menunjukkan kemampuan akademik yang kuat melalui hasil tes UTBK SNBT mereka untuk memasuki UNJ. Dengan jalur ini, UNJ berharap dapat menarik siswa yang memiliki potensi akademik yang kuat.

6. Penmaba khusus peserta difabel

Jalur ini khusus diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat tiga tahun terakhir yang memiliki keterbatasan dalam fisik maupun psikis dengan tahapan Ujian Tulis dan Ujian Wawancara. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa difabel untuk memasuki UNJ. Dengan jalur ini, UNJ berharap dapat menarik siswa difabel yang memiliki potensi akademik dan keterampilan yang kuat.

7. Penmaba Jalur Tes Kelas Internasional

Jalur ini diperuntukkan bagi WNI atau WNA yang akan mengikuti kelas Internasional di Universitas Negeri Jakarta. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa baik WNI maupun WNA untuk memasuki program kelas internasional di UNJ. 

Dengan jalur ini, UNJ berharap dapat menarik siswa yang memiliki potensi akademik dan keterampilan yang kuat dan berminat untuk belajar dalam lingkungan internasional.

8. Penmaba Jalur Portofolio Mahasiswa Internasional

Jalur ini diperuntukkan khusus bagi Warga Negara Asing (WNA) yang ingin melanjutkan studi jenjang Sarjana maupun Pascasarjana di Universitas Negeri Jakarta. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa internasional untuk memasuki UNJ. 

Dengan jalur ini, UNJ berharap dapat menarik siswa internasional yang memiliki potensi akademik dan keterampilan yang kuat dan berminat untuk belajar di Indonesia.

Dengan mengetahui jalur-jalur ini, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dan memilih jalur yang paling sesuai dengan kondisi dan prestasi mereka. Diharapkan informasi ini dapat membantu calon mahasiswa dalam merencanakan masa depan mereka di UNJ. UNJ berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan berharap dapat menarik siswa yang berdedikasi dan berbakat dari berbagai latar belakang.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Sumber referensi: kompas.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال