11 Institusi Pendidikan Unggulan di Padang: Tinjauan EduRank 2024, Unand Memimpin Daftar

11 Institusi Pendidikan Unggulan di Padang: Tinjauan EduRank 2024, Unand Memimpin Daftar
Universitas Andalas {Unand) yang berada di puncak daftar 11 Universitas Terbaik di Padang Versi EduRank 2024

PELAJARNEWS.COM - Dalam laporan terbaru dari EduRank 2024, kita menemukan daftar 11 universitas terkemuka di Padang, Sumatera Barat. Universitas Andalas (Unand) berhasil meraih posisi teratas dalam daftar prestisius ini. Artikel ini akan membahas lebih detail tentang masing-masing universitas tersebut.

Metodologi Penilaian EduRank

EduRank memberikan peringkat kepada universitas berdasarkan beberapa kriteria penting, termasuk hasil penelitian, prestasi non-akademik, dan dampak alumni. Peringkat ini ditentukan dengan menganalisis 34,7 ribu sitasi yang diterima oleh 43,2 ribu publikasi akademik yang dibuat oleh 11 universitas dari Padang, popularitas 16 alumni yang diakui, dan database referensi terbesar yang tersedia.

Daftar 11 Universitas Terbaik di Padang Versi EduRank 2024

1. Universitas Andalas (Unand)

Unand, yang berada di puncak daftar 11 Universitas Terbaik di Padang Versi EduRank 2024, berada di peringkat 19 secara nasional dan menempati peringkat 504 di Asia. Unand dikenal dengan program studi pertanian dan kedokterannya yang kuat, serta memiliki kampus yang luas dan fasilitas penelitian yang modern.

2. Universitas Negeri Padang (UNP)

Universitas Negeri Padang (UNP) menduduki peringkat kedua dalam daftar ini. UNP berada di posisi 26 secara nasional dan peringkat 592 di Asia. UNP memiliki reputasi yang kuat dalam bidang pendidikan dan ilmu sosial, dan telah menghasilkan banyak guru dan pendidik yang berpengaruh di Indonesia.

3. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Universitas Putra Indonesia YPTK Padang berada di peringkat ketiga. Kampus ini menempati peringkat 91 secara nasional dan peringkat 2286 di Asia. YPTK dikenal dengan program teknologi informasinya yang kuat dan telah banyak menghasilkan lulusan yang bekerja di industri teknologi di Indonesia.

4. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol berada di peringkat keempat. Kampus ini menempati peringkat 128 secara nasional dan peringkat 3089 di Asia. UIN Imam Bonjol dikenal sebagai pusat studi Islam dan Arab di Sumatera Barat, dan memiliki hubungan yang kuat dengan komunitas Muslim di seluruh Indonesia.

5. Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta berada di peringkat kelima. Kampus ini menempati peringkat 180 secara nasional dan peringkat 3404 di Asia. UBH memiliki reputasi yang kuat dalam bidang ekonomi dan bisnis, dan telah banyak menghasilkan lulusan yang sukses di dunia usaha.

6. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat berada di peringkat keenam. Kampus ini menempati peringkat 218 secara nasional dan peringkat 3687 di Asia. UMSB adalah bagian dari jaringan universitas Muhammadiyah, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, dan dikenal dengan program studi kesehatannya.

7. Universitas Dharma Andalas

Universitas Dharma Andalas berada di peringkat ketujuh. Kampus ini menempati peringkat 332 secara nasional dan peringkat 4323 di Asia. Unidha adalah universitas swasta yang dikenal dengan program studi hukum dan manajemennya.

8. Universitas Tamansiswa

Universitas Tamansiswa berada di peringkat kedelapan. Kampus ini menempati peringkat 342 secara nasional dan peringkat 4359 di Asia. Untama adalah bagian dari jaringan universitas Tamansiswa, yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara, dan dikenal dengan program studi pendidikannya.

9. Universitas Ekasakti

Universitas Ekasakti berada di peringkat kesembilan. Kampus ini menempati peringkat 350 secara nasional dan peringkat 4410 di Asia. Unes adalah universitas swasta yang dikenal dengan program studi ekonomi dan manajemennya.

10. Universitas Baiturrahmah

Universitas Baiturrahmah berada di peringkat kesepuluh. Kampus ini menempati peringkat 414 secara nasional dan peringkat 4913 di Asia. Unbrah adalah universitas Islam yang dikenal dengan program studi pendidikan agama Islamnya.

11. Universitas Nahdlatul Ulama Sumatra Barat

Universitas Nahdlatul Ulama Sumatra Barat berada di peringkat kesebelas. Kampus ini menempati peringkat 491 secara nasional dan peringkat 5446 di Asia. Unusba adalah bagian dari jaringan universitas Nahdlatul Ulama, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, dan dikenal dengan program studi agama dan sosialnya.

Akhir Kata

Daftar ini menunjukkan bahwa Padang memiliki sejumlah universitas yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi. Dengan berbagai penawaran akademik dan non-akademik, universitas-universitas ini terus berkontribusi pada kemajuan pendidikan di Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai Universitas Terbaik di Padang Versi EduRank 2024 dan peringkat kampus lainnya dapat diikuti di laman EduRank.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

2 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال