10 Universitas Terbaik untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Daftar Isi
10 Universitas Terbaik untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat di Indonesia

10 Universitas Terbaik untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat di Indonesia - Jurusan Kesehatan Masyarakat adalah salah satu pilihan studi yang sangat penting dan relevan di Indonesia. 

Ilmu ini fokus pada upaya peningkatan kesehatan masyarakat secara keseluruhan melalui berbagai intervensi, termasuk pencegahan penyakit dan promosi kesehatan. 

Untuk itu, memilih kampus dengan program Kesehatan Masyarakat yang unggul sangatlah krusial. 

10 Universitas Terbaik untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Berikut adalah daftar 10 kampus dengan jurusan Kesehatan Masyarakat terbaik di Indonesia versi EduRank 2023.

Baca juga: 10 Kampus dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat Asia: 39

Peringkat Dunia: 322

Universitas Indonesia (UI) merupakan kampus terkemuka di Indonesia yang menawarkan jurusan Kesehatan Masyarakat berkualitas tinggi. Fakultas Kesehatan Masyarakat UI telah lama dikenal dengan program-programnya yang inovatif dan kurikulum yang komprehensif. 

UI juga memiliki fasilitas penelitian yang sangat baik dan kerjasama internasional yang luas, membuat lulusannya siap menghadapi tantangan kesehatan global.

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Peringkat Asia: 50

Peringkat Dunia: 398

Universitas Airlangga di Surabaya adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin mendalami ilmu Kesehatan Masyarakat. 

UNAIR memiliki fakultas yang berpengalaman dan program studi yang mencakup berbagai aspek penting dari kesehatan masyarakat, termasuk epidemiologi, manajemen layanan kesehatan, dan promosi kesehatan. Kampus ini juga dikenal dengan aktivitas riset yang kuat.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat Asia: 59

Peringkat Dunia: 424

Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta menawarkan jurusan Kesehatan Masyarakat yang sangat kompetitif. UGM terkenal dengan komitmennya terhadap penelitian dan pengembangan ilmu kesehatan masyarakat. 

Program ini dirancang untuk memberikan mahasiswa pemahaman yang mendalam tentang kesehatan lingkungan, biostatistik, dan kebijakan kesehatan.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Peringkat Asia: 140

Peringkat Dunia: 746

Universitas Diponegoro di Semarang memiliki program Kesehatan Masyarakat yang komprehensif. UNDIP menekankan pada pengembangan keterampilan praktis dan teoritis yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. 

Kampus ini juga menawarkan berbagai program pelatihan dan kerjasama dengan institusi kesehatan lainnya.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Peringkat Asia: 142

Peringkat Dunia: 752

Universitas Sebelas Maret di Surakarta menyediakan program Kesehatan Masyarakat yang fokus pada penelitian dan pengabdian masyarakat. 

UNS memiliki kurikulum yang mencakup manajemen kesehatan, kesehatan lingkungan, dan promosi kesehatan. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengatasi masalah kesehatan masyarakat secara efektif.

6. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Peringkat Asia: 157

Peringkat Dunia: 830

Universitas Padjajaran di Bandung menawarkan jurusan Kesehatan Masyarakat yang menekankan pada intervensi kesehatan dan penelitian. 

UNPAD memiliki fakultas yang berpengalaman dan berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada mahasiswa. Program ini juga mendukung pengembangan keterampilan analitis dan manajerial.

7. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Peringkat Asia: 192

Peringkat Dunia: 969

Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh memiliki program Kesehatan Masyarakat yang fokus pada masalah kesehatan lokal dan regional. 

UNSYIAH menawarkan kurikulum yang mencakup epidemiologi, kesehatan lingkungan, dan kebijakan kesehatan. Program ini juga menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian dan proyek pengabdian masyarakat.

8. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Peringkat Asia: 214

Peringkat Dunia: 1.029

Institut Pertanian Bogor dikenal dengan pendekatan multidisiplinernya dalam bidang Kesehatan Masyarakat. 

IPB menawarkan program yang mencakup kesehatan lingkungan, gizi masyarakat, dan manajemen kesehatan. Kampus ini juga memiliki fasilitas penelitian yang unggul dan kerjasama internasional yang kuat.

9. Universitas Sumatera Utara (USU)

Peringkat Asia: 227

Peringkat Dunia: 1.061

Universitas Sumatera Utara di Medan menyediakan program Kesehatan Masyarakat yang komprehensif dan berfokus pada isu-isu kesehatan yang relevan di Indonesia. 

USU menawarkan kurikulum yang mencakup berbagai aspek penting dari kesehatan masyarakat, termasuk epidemiologi, kesehatan lingkungan, dan promosi kesehatan.

10. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Peringkat Asia: 289

Peringkat Dunia: 1.233

Universitas Ahmad Dahlan di Yogyakarta menawarkan jurusan Kesehatan Masyarakat yang menekankan pada pengembangan keterampilan praktis dan teoritis. 

UAD memiliki program yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional kesehatan masyarakat yang kompeten. Program ini juga mencakup pelatihan dalam manajemen kesehatan dan promosi kesehatan.

Kesimpulan

Memilih kampus dengan jurusan Kesehatan Masyarakat yang tepat sangat penting untuk memastikan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas. 

Daftar di atas memberikan gambaran tentang kampus-kampus terbaik di Indonesia yang menawarkan program Kesehatan Masyarakat. 

Setiap kampus memiliki keunggulan dan fokus yang berbeda, sehingga calon mahasiswa dapat memilih yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. 

Dengan pendidikan yang baik, lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News
Pelajar News Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Posting Komentar