15 Sekolah Kedinasan Pilihan untuk Mewujudkan Impian Jadi PNS 2024

15 Sekolah Kedinasan Pilihan untuk Mewujudkan Impian Jadi PNS 2024
Politeknik Keuangan Negara STAN

PELAJARNEWS - Bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin berkarier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), melanjutkan pendidikan di Sekolah Kedinasan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya, Sekolah Kedinasan merupakan lembaga pendidikan yang menyiapkan calon pegawai pemerintah di berbagai bidang dan instansi.

Sekolah Kedinasan memiliki berbagai keunggulan, seperti biaya pendidikan yang gratis atau murah, fasilitas yang lengkap, kurikulum yang terintegrasi dengan kebutuhan instansi, serta peluang kerja yang terjamin. 

Selain itu, Sekolah Kedinasan juga memberikan bekal keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadi abdi negara yang profesional dan berkualitas.

Namun, tidak mudah untuk masuk ke Sekolah Kedinasan, karena persaingannya sangat ketat. Calon mahasiswa harus mengikuti serangkaian seleksi yang meliputi tes akademik, psikotes, tes kesehatan, tes fisik, dan wawancara. 

Selain itu, calon mahasiswa juga harus memenuhi persyaratan administrasi dan dokumen yang ditentukan oleh masing-masing Sekolah Kedinasan.

Untuk membantu Anda menentukan pilihan Sekolah Kedinasan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, berikut kami sajikan daftar 15 Sekolah Kedinasan yang bisa dijadikan referensi untuk mendaftar tahun 2024. 

Daftar ini disusun berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) dan situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

15 Sekolah Kedinasan Pilihan untuk Mewujudkan Impian Jadi PNS 2024

Berikut adalah 15 daftar sekolah kedinasan untuk mewujudkan impian jadi PNS

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

PKN STAN merupakan Sekolah Kedinasan yang berada di bawah Kementerian Keuangan. Sekolah ini menawarkan program studi di bidang keuangan dan akuntansi, seperti Akuntansi, Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, dan Manajemen Aset. 

Lulusan PKN STAN banyak ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan, seperti Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

2. Politeknik Statistika (STIS)

STIS merupakan Sekolah Kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Sekolah ini menyediakan program studi statistik dan komputasi statistik, yang fokus pada pengumpulan dan analisis data. Lulusan STIS banyak ditempatkan di BPS, baik di pusat maupun di daerah, serta di instansi lain yang membutuhkan tenaga statistik, seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, dan Bank Indonesia.

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN merupakan Sekolah Kedinasan yang di bawah Kementerian Dalam Negeri. Sekolah ini menawarkan program studi di bidang kebijakan dan manajemen pemerintahan, seperti Administrasi Negara, Administrasi Pembangunan, dan Administrasi Fiskal. Lulusan IPDN banyak ditempatkan di pemerintahan daerah, seperti gubernur, bupati, walikota, camat, lurah, dan kepala desa.

4. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

STSN merupakan Sekolah Kedinasan yang fokus pada bidang persandian dan keamanan informasi. Sekolah ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang tersebut. 

Program studi yang ditawarkan adalah Persandian, Keamanan Informasi, dan Teknologi Informasi. Lulusan STSN banyak ditempatkan di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Pertahanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan instansi lain yang berkaitan dengan persandian dan keamanan informasi.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN merupakan Sekolah Kedinasan yang menawarkan program studi di bidang intelijen, termasuk agen intelijen dan cyber intelijen. Sekolah ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga intelijen yang profesional, kompeten, dan berintegritas. Lulusan STIN banyak ditempatkan di Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dan instansi lain yang berkaitan dengan intelijen.

6. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

STMKG merupakan Sekolah Kedinasan yang berada di bawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sekolah ini fokus pada studi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi. Program studi yang ditawarkan adalah Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

Lulusan STMKG banyak ditempatkan di BMKG, baik di pusat maupun di daerah, serta di instansi lain yang membutuhkan tenaga meteorologi, klimatologi, dan geofisika, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

7. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Kedua institusi ini menawarkan program studi di bidang pemasyarakatan dan keimigrasian. Poltekip berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, sedangkan Poltekim berada di bawah Kementerian Dalam Negeri. Program studi yang ditawarkan oleh Poltekip adalah Ilmu Pemasyarakatan, Ilmu Kepolisian, dan Ilmu Kriminologi. 

Program studi yang ditawarkan oleh Poltekim adalah Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, dan Teknologi Informasi Keimigrasian. Lulusan Poltekip banyak ditempatkan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, sedangkan lulusan Poltekim banyak ditempatkan di Direktorat Jenderal Imigrasi.

8. Sekolah Tinggi dan Akademi Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan memiliki berbagai Sekolah Kedinasan yang fokus pada transportasi darat, laut, dan udara. Beberapa contoh Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan adalah Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi, Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) Malang, dan lainnya.

9. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

STIP Jakarta merupakan Sekolah Kedinasan yang bergerak di bidang pelayaran. Sekolah ini menawarkan program studi di bidang nautika, teknika, dan kesehatan laut. Lulusan STIP Jakarta banyak ditempatkan di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, dan perusahaan pelayaran nasional maupun internasional.

10. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

PIP Semarang merupakan Sekolah Kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pelayaran. Sekolah ini memiliki program studi di bidang nautika, teknika, kesehatan laut, dan manajemen transportasi laut. 

Lulusan PIP Semarang banyak ditempatkan di instansi pemerintah yang berkaitan dengan pelayaran, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Badan Keamanan Laut, serta di perusahaan pelayaran nasional maupun internasional.

11. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar

PIP Makassar merupakan Sekolah Kedinasan yang juga menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pelayaran. Sekolah ini memiliki program studi di bidang nautika, teknika, kesehatan laut, dan manajemen transportasi laut. 

Lulusan PIP Makassar banyak ditempatkan di instansi pemerintah yang berkaitan dengan pelayaran, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Badan Keamanan Laut, serta di perusahaan pelayaran nasional maupun internasional.

12. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya

Poltekpel Surabaya merupakan Sekolah Kedinasan yang fokus pada pendidikan vokasi di bidang pelayaran niaga. Sekolah ini memiliki program studi di bidang nautika, teknika, dan kesehatan laut. 

Lulusan Poltekpel Surabaya banyak ditempatkan di instansi pemerintah yang berkaitan dengan pelayaran niaga, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta di perusahaan pelayaran niaga nasional maupun internasional.

13. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat

Poltekpel Sumatera Barat merupakan Sekolah Kedinasan yang juga fokus pada pendidikan vokasi di bidang pelayaran niaga. Sekolah ini memiliki program studi di bidang nautika, teknika, dan kesehatan laut. 

Lulusan Poltekpel Sumatera Barat banyak ditempatkan di instansi pemerintah yang berkaitan dengan pelayaran niaga, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta di perusahaan pelayaran niaga nasional maupun internasional.

14. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten

Poltekpel Banten merupakan Sekolah Kedinasan yang baru didirikan pada tahun 2019. Sekolah ini merupakan hasil pengembangan dari Akademi Maritim Nusantara (AMN) yang sebelumnya berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pelayaran niaga, dengan program studi di bidang nautika dan teknika. Lulusan Poltekpel Banten diharapkan dapat mengisi kebutuhan tenaga kerja di bidang pelayaran niaga, baik di instansi pemerintah maupun di perusahaan pelayaran niaga nasional maupun internasional.

15. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati

Poltekpel Malahayati merupakan Sekolah Kedinasan yang berlokasi di Lampung. Sekolah ini merupakan hasil pengembangan dari Akademi Maritim Djakarta (AMD) yang sebelumnya berada di bawah Kementerian Perhubungan. 

Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pelayaran niaga, dengan program studi di bidang nautika dan teknika. Lulusan Poltekpel Malahayati diharapkan dapat mengisi kebutuhan tenaga kerja di bidang pelayaran niaga, baik di instansi pemerintah maupun di perusahaan pelayaran niaga nasional maupun internasional.

Demikianlah daftar 15 Sekolah Kedinasan yang bisa dijadikan referensi untuk mendaftar tahun 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarier sebagai PNS atau ASN di bidang perhubungan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang persyaratan, proses seleksi, dan biaya pendidikan di masing-masing Sekolah Kedinasan, Anda dapat mengunjungi situs resmi KemenpanRB1, SSCASN2, atau situs resmi Sekolah Kedinasan yang Anda minati.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

2 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال