ITB dan ITS Ungguli 20 PTN dengan Jurusan Teknik Sipil Terakreditasi Unggul

ITB dan ITS Ungguli 20 PTN dengan Jurusan Teknik Sipil Terakreditasi Unggul
Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan teknik sipil berakreditasi Unggul (foto:itb.ac.id)

PELAJARNEWS.COM - Jurusan teknik sipil menjadi salah satu pilihan favorit bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan tinggi di bidang teknik. Jurusan ini menawarkan prospek kerja yang luas dan menjanjikan, baik di sektor pemerintah maupun swasta. Namun, tidak semua perguruan tinggi negeri (PTN) memiliki jurusan teknik sipil yang berkualitas dan terakreditasi.

Berdasarkan data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), terdapat 20 PTN yang memiliki jurusan teknik sipil dengan status akreditasi Unggul. Akreditasi Unggul merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan oleh BAN-PT kepada sebuah program studi yang memiliki standar mutu yang sangat baik1.

Dua PTN yang memimpin daftar ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kedua PTN ini memiliki reputasi yang sangat baik di bidang teknik, baik di tingkat nasional maupun internasional. ITB dan ITS juga memiliki kinerja penelitian yang tinggi, terlihat dari jumlah sitasi yang diterima oleh publikasi akademik mereka2.

18 PTN dengan Jurusan Teknik Sipil Terakreditasi Unggul

Selain ITB dan ITS, ada 18 PTN lain yang memiliki jurusan teknik sipil terakreditasi Unggul, yaitu:

1. Universitas Andalas (Unand)

2. Universitas Brawijaya (UB)

3. Universitas Diponegoro (Undip)

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

5. Universitas Halu Oleo (UHO)

6. Universitas Hasanuddin (Unhas)

7. Universitas Indonesia (UI)

8. Universitas Jambi (Unja)

9. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

10. Universitas Lampung (Unila)

11. Universitas Mataram (Unram)

12. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

13. Universitas Negeri Malang (UM)

14. Universitas Negeri Padang (UNP)

15. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

16. Universitas Padjadjaran (Unpad)

17. Universitas Sriwijaya (Unsri)

18. Universitas Sumatera Utara (USU)

Jurusan teknik sipil di PTN-PTN tersebut memiliki kurikulum yang sesuai dengan standar nasional dan internasional, serta didukung oleh fasilitas yang memadai, seperti laboratorium, perpustakaan, dan sarana praktek. Selain itu, jurusan teknik sipil di PTN-PTN tersebut juga memiliki dosen-dosen yang kompeten dan berpengalaman, baik di bidang akademik maupun profesional1.

Jurusan teknik sipil di PTN-PTN tersebut juga memiliki kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, industri, lembaga penelitian, dan perguruan tinggi lain. Hal ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan mendalam, serta memperluas jaringan dan peluang karir mereka1.

Menurut Ketua BAN-PT, Prof. Dr. Ir. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., akreditasi Unggul yang diberikan kepada jurusan teknik sipil di 20 PTN tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan atas kualitas dan prestasi yang telah dicapai oleh program studi tersebut. Ia berharap, akreditasi Unggul ini dapat menjadi motivasi bagi jurusan teknik sipil di PTN-PTN tersebut untuk terus meningkatkan mutu dan kinerja mereka, serta memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan bangsa

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarnews.com

Sumber referensi: sindonews.com dan kompas.com

Pelajar News

Selamat datang di Pelajar News, tempatnya informasi pendidikan pelajar yang menarik dan berinovasi! Kami hadir untuk menjembatani perjalanan belajar Anda dengan konten yang memikat dan bermanfaat.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال